Gmail Punya Penampilan Baru di Tahun 2022

Tampilannya lebih bersih lho

Anom Penulis

Google mulai meluncurkan penampilan baru Gmail pada penggunanya di tahun 2022 ini. Penampilan baru ini lebih sederhana, sehingga pengguna bisa mengakses fitur Gmail, Chat, dan Meet di satu lokasi.

Google sudah mengumumkan penampilan baru ini tahun lalu. Mereka menyebutnya sebagai “Tampilan Terintegrasi” (Integrated View). Seperti kita ketahui, kini Gmail masuk ke dalam Google Workspace bersama Chat dan Meet sebagai bentuk ruang kerja digital. Jadi perubahan ini memang masuk akal.

Melalui blog resmi, Google menyebutkan kalau penampilan baru Gmail ini akan mulai bergulir pada 8 Februari 2022 sebagai sosialisasi. Pengguna bisa mencobanya melalui pemberitahuan yang muncul. Namun mereka bisa kembali ke tampilan lama Gmail jika mau.

Kemudian tata letak baru Gmail ini mulai akan menjadi standar pada bulan April 2022. Tapi pengguna masih bisa kembali ke tampilan lama.

Google menyatakan kalau sebelum tahun 2022 berakhir, penampilan baru ini akan menjadi standar sepenuhnya. Pengguna tidak bisa lagi kembali ke tampilan awal.

Fitur utama seperti Mail, Chat, Space, dan Meet bisa kamu akses dari tombol di sebelah kiri atas. Ini berbeda dengan penampilan lama yang menampilkan fitur itu sepanjang sidebar kiri, dan jika memakan bidang akan terpotong.

penampilan baru gmail

Sedangkan integrasi ke beberapa aplikasi lain—seperti Kalender, Keep, Tasks, dan Kontak—ada di sebelah kanan. Untuk bagian ini perubahannya tidak terlalu jauh. Masih relatif sama.

Google juga menyatakan kalau pencarian untuk email atau percakapan tertentu akan menjadi semakin mudah. Kalau kamu ingat, Google menggunakan istilah search chips untuk sistem pencarian baru ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, Google memang menempatkan berbagai aplikasi atau layanannya terintegrasi dengan Gmail. Terutama ketika pandemi Covid-19 melanda dan kerja jarak jauh jadi standar baru. Salah satunya juga dengan menempatkan audio dan video call di aplikasi Gmail Android dan iOS.

Nah, kalau kamu sering menggunakan Gmail di komputer, jangan kaget bila ada perubahan penampilan baru. Coba saja dan lihat apakah kamu suka atau tidak.

    %d blogger menyukai ini: