Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

SpaceX Umumkan Penerbangan Luar Angkasa Sipil Pertama

Anom Penulis

SpaceX berencana meluncurkan penerbangan luar angkasa untuk sipil pertama di dunia melalui misi Inspiration4 di akhir 2021. Untuk pertama kalinya, orang awam bisa “berwisata” di orbit bumi naik kapsul Dragon milik SpaceX.

Inspiration4 ini merupakan sebuah misi sosial untuk mendukung rumah sakit St. Jude. CEO Shift4 yang juga pilot terlatih, Jared Isaacman, akan memimpin misi tersebut. Bersamanya, akan ada 3 orang sipil lain yang berangkat ke orbit. Ke-4 orang awak ini mewakili nilai-nilai kepemimpinan, harapan, murah hati, dan kemakmuran.

jared isaacman, pemimpin perjalanan sipil luar angkasa spacex
Jared Isaacman

Sebelum ini, Jared Isaacman sudah berdonasi sebanyak $100 juta untuk rumah sakit St. Jude. Ia mengundang masyarakat ikur berdonasi minimal $10 selama bulan Februari ini. Donasi itu membuka kesempatan untuk terpilih sebagai salah satu orang yang berangkat dalam misi Inspiration4.

Dua kursi di dalam misi ini sendiri sudah menjadi hak perwakilan rumah sakit St. Jude. Jadi kursi terakhirlah yang terbuka untuk umum dalam perjalanan luar angkasa SpaceX tersebut.

logo misi inspiration4

Keempat awak Inspiration4 akan mendapat pelatihan astronot dari SpaceX di kapsul Dragon dan di tempat peluncuran Falcon 9. Pelatihan itu akan meliputi mekanisme orbit, aktivitas dalam kondisi gravitasi mikro, gravitasi 0 (tanpa beban), dan berbagai uji tekanan lain.

Awak Inspiration4 juga akan menerima pelatihan kesiapan gawat darurat, proses keluar masuk pakaian dan pesawat luar angkasa, juga berbagai simulasi keseluruhan misi.

Misi perjalanan luar angkasa Inspiration4 rencananya akan meluncur dari Kompleks 39A di Kennedy Space Center milik NASA di Florida dan dipantau oleh SpaceX secara penuh. Saat misi selesai, kapsul Dragon akan kembali masuk atmosfir bumi dan mendarat di perairan Florida.