Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Weh, Pengguna Bulanan TikTok di Dunia Tembus Angka 1 Miliar!

Indri Penulis

TikTok lagi-lagi membuktikan kesuksesannya. Terbukti dengan jumlah pengguna bulanan TikTok di dunia kini telah menembus angka 1 miliar.

Nggak bisa dipungkiri kalau popularitas TikTok saat ini benar-benar gila. Kondisi ini berbeda jauh dengan beberapa tahun lalu, tepatnya saat TikTok masih asing di Indonesia.

Dulu pernah ada salah satu TikTokers Indonesia yang viral, tapi dia dicap alay. Dulu orang-orang yang pakai TikTok sering dicap lebay dan ‘nggak banget.’

Beda jauh dengan saat ini. Sekarang TikTok nggak cuma dipakai orang biasa, bahkan tokoh publik hingga artis-artis papan atas pun menggunakan TikTok untuk berinteraksi dengan penggemar mereka.

Terlepas dari semua permasalahan yang pernah dihadapi TikTok, baru-baru ini TikTok mengumumkan kalau mereka telah memiliki 1 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

@tiktokofficialindonesia

✨ 1 Miliar ✨ orang ada di TikTok! Terima kasih kepada komunitas global kami 🎉 #TikTok #TikTokIndonesia #TikTokID

♬ original sound – tiktokIDofficial – tiktokIDofficial

Rival TikTok, Instagram juga pernah mencapai tonggak sejarah yang sama pada tahun 2018. Sampai sekarang pun Instagram masih menjadi salah satu raksasa media sosial di dunia.

Dengan munculnya TikTok dan format video pendek vertikalnya, baik Instagram atau pun YouTube mencoba menggabungkan tampilan TikTok dengan platform mereka. Kalau di Instagram kita bisa lihat fitur Reels, sedangkan di YouTube ada fitur YouTube Shorts.

Mau bagaimana pun platform lain mencoba meniru TikTok, TikTok sudah terlanjur melekat di hati penggunannya. Bahkan rekor terbaru ini membuktikan kalau pengguna TikTok tetap royal, meskipun aplikasi lain berusaha menjiplaknya.

Bahkan menariknya di bulan Juli lalu, Kepala Instagram, Adam Mosseri, mengakui kalau TikTok menjadi rival terberatnya. Gara-gara TikTok, Instagram harus memutar otak dan mengubah fokusnya. Kalau dulu Instagram cuma aplikasi berbagi foto, sekarang fokus Instagram ada empat yakni: konten kreator, video, belanja, dan perpesanan.

Baca Juga:  Makin Kreatif, TikTok Rilis Beberapa Fitur Edit Video Baru dan Mode Foto

Di sisi lain, perjalanan TikTok untuk menuju kesuksesan juga bisa dibilang terjal. Selain dicap alay, platform yang satu ini juga sering mendapat hambatan politik dari beberapa negara termasuk AS dan India.

TikTok adalah aplikasi bikinan ByteDance. Karena ByteDance adalah perusahaan asal China, nggak heran kalau TikTok kerap diawasi ketat oleh Pemerintah AS. Pemerintah takut kalau TikTok dipakai untuk memata-matai warna Amerika.

Bahkan selama pemerintahan Trump, aplikasi ini sempat dilarang beroperasi di Amerika Serikat (kecuali kalau ByteDance berhasil mencapai kesepakatan dengan perusahaan Amerika). Untungnya saat Presiden Joe Biden menjabat, aturan tersebut dicabut dan TikTok bisa beroperasi dengan lancar di AS.