Pengguna Facebook Berkurang Akibat Mobile Gaming dan Instagram

Pengguna media sosial Facebook dilaporkan semakin berkurang. Bahkan, hingga beberapa tahun mendatang, tingkat hubungan pengguna di Facebook diperkirakan akan terus mengalami penurunan.

Salah satu yang menjadi contoh kasus adalah pengguna Facebook di Amerika Serikat. Mereka menghabiskan waktu kian sedikit untuk menjelajahi media sosial tersebut.

Pada tahun 2018 lalu, para pengguna AS menghabiskan waktu rata-rata 38 menit sehari untuk membuka Facebook. Angka tersebut mengalami penurunan 3 menit dibanding tahun 2017 yang mencapai 41 menit.

Menurunnya hubungan pengguna Facebook tentunya bukan tanpa alasan. Ini karena Facebook tidak lagi mempromosikan posting atau video yang bersifat clickbait.

Sumber Gambar : trustedreviews.com

Itu bukanlah satu-satunya alasan mengapa Facebook mengalami penurunan. Popularitas mobile gaming di kalangan remaja menjadi salah satu pengaruh besar akibat penurunan tersebut.

Pengguna mobile gaming memang mengalami peningkatan yang luar biasa setiap harinya. Itulah mengapa sosial media di nomor duakan. Banyak orang lebih memilih bermain game atau menonton video daripada harus menjelajahi media sosial.

Padahal efek negatif bermain game tidak kalah merugikan daripada menggunakan media sosial. Ketika menggunakan media sosial, kalian masih bisa berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain. Namun ketika bermain game, hal tersebut lebih jarang dilakukan.

Sumber Gambar : trustedreviews.com

Untuk beberapa tahun ke depan, penggunaan Facebook diperkirakan akan semakin memburuk. Waktu penggunaan Facebook akan turun menjadi 37 menit perhari di tahun 2020, dan tidak akan berubah juga di tahun 2021.

Meskipun penggunaan Facebook akan semakin menurun, namun kabar baik datang dari saudara kandungnya, yaitu Instagram. Tidak heran, media sosial satu ini memang sedang menjadi tren.

Selama tahun 2018, pengguna Instagram menghabiskan waktu rata-rata 26 menit setiap harinya untuk berselancar di platform tersebut. Waktu 26 menit ini menunjukan peningkatan 1 menit dibanding tahun 2017.

Penggunaan Instagram diprediksi akan terus meningkat hingga mencapai 29 menit pada tahun 2021.

More Stories
Beberapa Game Steam Gratis yang Bisa Dimainkan di MacBook