Rumor Produk Apple di WWDC 2020: iMac Baru dan Mac Berbasis ARM

Apple berencana menyelenggarakan WWDC 2020 pada tanggal 22 Juni secara online. Walau acara ini berfokus pada pengembangan perangkat lunak, ada beberapa produk baru Apple yang diduga akan diumumkan di sini.

Ya, biasanya Apple menyelenggarakan acara tersendiri untuk perangkat keras, terutama untuk iPhone. Namun juga sudah menjadi tradisi tersendiri kalau ada beberapa produk yang diumumkan di acara WWDC. Misalnya seperti Mac Pro baru dan Pro Display XDR yang diumumkan di WWDC 2019.

Lalu apa saja produk atau perangkat baru yang akan diumumkan oleh Apple?

iMac dengan Desain Baru

Salah satu rumor yang cukup kencang bergaung adalah iMac dengan desain baru. iMac baru ini disebut akan memiliki desain yang lebih mirip dengan iPad Pro, yaitu dengan bingkai lebih tipis. Monitor Pro Display XDR sendiri yang diumumkan tahun 2019 pun memiliki bingkai yang tipis.

Rumor menyebutkan kalau iMac baru ini akan memiliki ukuran layar 23 inci. Sedangkan Ming-Chi Kuo menyebutkan kalau komputer all-in-one ini akan menggunakan mini LED untuk menampilkan kontras dan warna yang lebih baik di layar, seperti OLED.

Rencana Mac Berbasis Prosesor ARM

Rumor lain yang berkibar tidak kalah kencang adalah Apple mengembangkan prosesor sendiri berbasis ARM untuk lini Mac. Prosesor ini disebut akan memakai proses 5nm dan mirip dengan yang akan dipakai oleh iPhone dan iPad Pro mendatang.

Yang pasti, perangkat Mac berbasis prosesor ARM ini belum akan hadir di WWDC 2020. Namun rumor menyebutkan kalau Apple akan mengumumkan hal ini agar para pengembang aplikasi bisa segera mengadaptasi hal tersebut. Dengan begitu, ketika perangkat diumumkan, sudah ada aplikasi yang tersedia di sana.

Fudge (@choco_biit) menyebutkan di Reddit kalau prosesor ini (disebut sebagai “A14X”) akan memunculkan kembali Macbook 12 inci (versi tahun 2017 dihentikan oleh Apple pada tahun 2019).

perangkat Apple

iOS dan iPadOS 14

Pengumuman versi baru sistem operasi untuk perangkat bergerak ini sudah menjadi tradisi. Hal ini berguna agar ketika iPhone terbaru diumumkan nantinya, aplikasi berbasis OS baru sudah memiliki update terbaru.

Rumor menyebutkan kalau iOS 14 akan memberikan kelonggaran pada widget di layar Utama dan memiliki penyaringan tampilan kategori aplikasi yang lebih baik (seperti aplikasi yang baru dipakai atau aplikasi dengan notifikasi belum terbaca). Lalu disebutkan akan ada aplikasi Fitness baru, fitur baru untuk aplikasi Mesage, aplikasi AR baru, menetapkan aplikasi pihak ketiga sebagai apikasi utama, dll.

Selain fitur baru berdasar iOS 14, iPadOS 14 disebutkan akan memiliki dukungan Apple Pencil secara penuh untuk input website.

watchOS 7

Rumor menyebutkan kalau watchOS 7 akan mendukung sistem monitor pola tidur dan kadar oksigen di darah. Selain itu, disebutkan juga akan ada wajah jam baru, termasuk tampilan infografi baru, dan membagi tampilan itu dengan teman melalui AirDrop.

macOS 10.16

Belum banyak rumor soal versi macOS terbaru. Namun, ada rumor yang menyebutkan beberapa fitur akan datang dari iOS. Misalnya kemampuan baru Siri, fitur baru aplikasi iMessage, atau Shortcut.

Lalu, kalau pengumuman perangkat Mac berbasis prosesor ARM memang terjadi, maka akan banyak hal baru di macOS. Kemungkinan besar aplikasi macOS dan iOS atau iPadOS akan semakin selaras.

tvOS 14

Rumor seputar sistem operasi TV cerdas ini juga belum banyak beredar. Kebanyakan menyebutkan fitur baru yang akan sesuai dengan iOS 14. Di samping itu disebutkan kalau ada “Mode Anak” yang akan hadir.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: