Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Rumor: Macbook Pro Berbasis ARM Akan Diumumkan Akhir Tahun 2020

Anom Penulis

Rumor soal Mac yang memakai prosesor ARM kembangan Apple sendiri merupakan salah satu yang sering dibahas. Rumor terbaru menyebutkan kalau Macbook berbasis ARM akan diumumkan akhir tahun 2020.

Apple memang digosipkan akan menggunakan prosesor buatan mereka sendiri yang berbasis ARM di lini komputer. Sebelum ini, rumor dari Bloomberg dan Ming-Chi Kuo menyebutkan kalau Mac berbasis ARM akan muncul pada tahun 2021.

popculture.id

Namun, mendekati acara WWDC 2020, rumor itu bergeser. Apple disebut akan memperkenalkan peralihan ke prosesor ARM ini di acara tersebut, mengumumkan produk di akhir tahun 2020, dan akan merilis produk tersebut pada awal tahun 2021.

Versi Mac dengan Prosesor ARM

Ming-Chi Kuo memberikan analisa pada para investor menjelang acara WWDC 2020 ini. AppleInsider menyebutkan kalau laporan tersebut cukup detil. Kemungkinan Apple akan memperkenalkannya melalui dua model, yaitu Macbook Pro 13,3 inci dan iMac yang punya desain baru.

Menurut Kuo, Macbook Pro itu akan memiliki desain yang serupa dengan Macbook Pro 13 inci yang ada saat ini. Ia juga berpendapat kalau setelah pengumuman ini, Apple akan menghentikan produksi Macbook berbasis prosesor Intel.

Macbook Pro 13 (2020)

Untuk versi iMac, walau tidak ada rincian detil, Kuo menduga versi ARM akan hadir melalui varian dengan layar 24 inci. Namun, berbeda dengan versi Macbook, Kuo menyebut kalau Apple akan memperbarui iMac dengan prosesor Intel terlebih dulu sebelum merilis versi ARM.

Ming-Chi Kuo menduga kalau setelah dua model itu dirlis, Apple akan memperbarui semua lini Mac menjadi versi ARM selama tahun 2021. “Kami memperkirakan semua model Mac akan beralih ke ARM dalam 12-18 bulan.” kata Kuo. Ia menambahkan kalau semua Macbook Pro dengan desain baru akan diproduksi masal pada paruh kedua tahun 2021.

Lebih jauh lagi, Ming-Chi Kuo memberikan analisa bahwa dengan beralih ke ARM, biaya prosesor bisa ditekan sampai 40-60%. Selain bisa membuat struktur harga yang lebih fleksibel dan kompetitif, Apple juga tidak bergantung pada Intel.

Menggunakan Layar Mini LED

Selain prosesor ARM, Apple juga disebut akan melengkapi lini Macbook Pro dengan layar Mini LED. Layar Mini LED menggunakan komponen LED yang jaih lebih kecil dari LED biasa. Lalu, teknologi ini juga disebut bisa meningkatkan kadar kontras dan warna hitam yang lebih pekat. Dengan begitu, bisa meningkatkan pengalaman penggunaan.

Sebelum ini Ming-Chi Kuo sudah menyatakan kalau pemasok Mini LED akan melakukan produksi masal pada akhir tahun 2020. Ia juga menyebutkan kalau Apple akan mengumumkan 6 produk dengan Mini LED di tahun 2020, termasuk pembaruan lini iPad, iMac Pro, dan Macbook Pro. Macbook dengan Mini LED rencananya akan dirilis di paruh pertama tahun 2021.

    %d blogger menyukai ini: