Inilah 4 Perangkat PC Gaming Genggam Yang Bakal Goda Para Gamer

Teknologi sudah membuat sebagian besar perangkat komputasi menjadi lebih ringkas. Berbagai kategori produk baru pun bermunculan. Kini perangkat PC gaming genggam mulai marak. Paling tidak ada beberapa konsep produk yang menarik perhatian.

Perangkat gaming PC genggam (handheld gaming PC) merupakan komputer yang berukuran kecil dan bersifat portabel dengan fungsi yang difokuskan untuk bermain game (walau mendukung fungsi komputasi normal).

Dari sisi bentuk, biasanya terlihat seperti Nintendo Switch. Jadi dengan kontroler di sisi kanan kiri layar. Namun pada umumnya, kamu akan menemukan sistem operasi Windows 10 di dalam.

Perangkat PC Gaming Genggam

Dalam beberapa tahun terakhir, muncul berbagai konsep untuk perangkat ini. Di antara perangkat itu, ada yang sudah mulai beredar, namun ada pula yang masih berupa konsep.

GPD Win 3

GPD Win 3 memiliki bentuk seperti Nintendo Switch, namun dengan layar yang bisa digeser ke atas. Di baliknya, terdapat keyboard QWERTY yang berguna baik untuk chatting atau hal lain.

Spesifikasi internalnya cukup impresif. Prosesornya memakai Intel Core Gen 11 (i5/i7) dengan GPU Intel Iris Xe, RAM LPDDR4x 4266, penyimpanan SSD M.2 NVMe 2280, juga dengan dukungan colokan Thunderbolt 4 dan USB 3.2 Type-C dan Bluetooth 5.0. Layarnya berukuran 5,5 inci dan dilindungi Gorilla Glass.

gambar: GPD

Sejauh ini belum terlihat informasi soal kapasitas baterainya. Namun NetbookCheck menyebutkan kamu bisa main game berat sampai sekitar 1,5 jam. Saat artikel ini ditulis, GPD Win 3 sedang melakukan kampanye di Indiegogo dan sudah memenuhi target (7621%).

Aya Neo

Aya Neo juga memiliki bentuk seperti Nintendo Switch, dan kelihatannya memang fokus sebagai PC gaming genggam. Jadi tidak ada keyboard seperti GPD Win 3.

Spesifikasi internalnya juga tidak kalah menarik. Meliputi prosesor AMD Ryzen 5 4500U, GPU AMD Vega 6, RAM 15GB, SSD NVMe, baterai 4100mAh, dengan layar 7 inci. Perangkat ini juga mendukung colokan USB type-C dan audio 3,5mm.

gambar: AYA Device

Perangkat ini sedang dalam pengambangan dan akan meluncur melalui kampanye di Indiegogo. Melalui video di YouTube, Taki Udon menyebutkan kalau kamu bisa main selama 2-3 jam dengan edisi awal Aya Neo (Founder’s Model).

LAVIE Mini

LAVIE Mini merupakan konsep laptop kecil yang bisa dipasangi kontroller sehingga berbentuk seperti Nintendo Switch. Hadir di CES 2021, perangkat ini merupakan hasil kolaborasi antara Lenovo dan NEC.

gambar: Lenovo

Perangkat ini memiliki spesifikasi yang meliputi prosesor Intel Core i7 Generasi 11 dengan GPU Intel Iris X, RAM 16GB LPDDR4, penyimpanan SSD 256GB, dan baterai 26WHr. Selain itu, LAVIE Mini juga memiliki dukungan konektivitas Wi-Fi 6.

Sejauh ini, LAVIE Mini masih berupa prototipe. Lenovo belum memberikan informasi soal harga dan ketersediaannya.

Alienware UFO

Alienware UFO mungkin merupakan perangkat pertama yang membuat dunia menengok pada PC gaming genggam. Tidak hanya bentuknya, fitur perangkat kerasnya pun mirip seperti Nintendo Switch.

gambar: Digital Trends

Saat muncul di CES 2020, Dell menyebutkan kalau Alienware UFO ini memakai prosesor Intel Core gen 10 dengan layar 8 inci (1900 x 1200). Namun sayangnya, sampai saat ini belum ada kabar lagi mengenai perangkat ini.

%d blogger menyukai ini: