Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Konsep PC Portabel LAVIE Mini dari Lenovo Bisa Seperti Nintendo Switch

Anom Penulis

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, perangkat portabel pun semakin populer. Ini pula yang ditawarkan oleh Lenovo melalui prototipe PC portabel LAVIE Mini yang bisa berubah seperti konsol game Nintendo Switch.

Lenovo mengumumkan konsep PC ultra portabel LAVIE Mini ini di acara CES 2021. Prototipe ini sendiri merupakan hasil kerja sama antara Lenovo dan NEC Corporation. Tujuannya adalah menjadi pusat hiburan di mana saja.

popculture.id

Sesungguhnya, LAVIE Mini merupakan sebuah laptop yang berukuran kecil. Layar sentuhnya hanya berukuran 8 inci dengan resolusi WUXGA (1920×1200). Lalu beratnya pun hanya 579 gram. Jadi sangat ringkas.

Walau kecil, PC ultra portabel ini cabe rawit. Di spesifikasi internalnya meliputi prosesor Intel Core i7 generasi 11 yang juga membawa GPU Intel Iris X. Menambah “pedas” kemampuannya, ada RAM 16GB LPDDR4 dan penyimpanan 256GB SSD. Lalu ada pula dukungan Wi-Fi 6 dan baterai berkapasitas 26WHr.

Namun cerita sebenarnya mungkin di perangkat itu sendiri. Tapi ada di aksesori pelengkapnya. Salah satunya adalah Gaming Controller yang bisa disematkan di sisi kiri dan kanan. Ya, persis seperti Nintendo Switch atau seperti ROG Kunai untuk ROG Phone dan Backbone One untuk iPhone.

Yang membuatnya lebih mirip dengan Nintendo Switch adalah dukungan aksesori lain, yaitu Dock dengan konektor HDMI, USB-C dan USB-A. Lewat Dock ini, kamu bisa menayangkan tampilan di layar lebih besar seperti Monitor eksternal atau TV. Dock juga sekaligus bisa bertindak sebagai pengisi daya.

Konsep konsol game berbasis PC portabel seperti ini sebenarnya bukan yang pertama. Sebelum ini sudah ada konsep Alienware UFO dari Dell. Tapi Alienware UFO lebih terlihat seperti konsol game, sedangkan LAVIE Mini lebih berbasis laptop.

Karena masih berupa prototipe, Lenovo belum mengumumkan harga dan ketersediaaanya. Jadi kalau kamu tertarik, ya tunggu saja sampai proyek ini benar-benar terwujud.

    %d blogger menyukai ini: