Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

“Sama Tapi Beda” – Inilah Perbandingan Aplikasi Tiktok dan Tiktok Lite

Indri Penulis

Apa perbedaan aplikasi TikTok dan TikTok Lite? Kamu bisa simak perbandingan aplikasi TikTok dan TikTok Lite di sini buat tahu perbedaannya.

TikTok kini telah menjelma sebagai aplikasi sejuta umat. Sayangnya seiring berjalannya waktu, ukuran file aplikasi TikTok yang makin jumbo membuat sebagian ponsel pengguna kewalahan menampungnya.

Untuk mengatasi masalah itu, pada awal Agustus 2018, ByteDance meluncurkan versi aplikasi TikTok yang lebih ringan bernama “TikTok Lite.” Buatmu yang mungkin baru pertama kali ini dengar soal TikTok Lite, sekarang kamu sudah bisa mengunduh aplikasi tersebut di Play Store dan App Store kok.

Sama-sama bermarga “TikTok,” kira-kira aplikasi TikTok dan TikTok Lite sama nggak sih? Nah biar kamu nggak bingung, kali ini saya bakal kasih kamu perbandingan aplikasi TikTok dan TikTok Lite. Setelah tahu perbandingan mereka berdua, kamu bisa tahu versi aplikasi mana yang lebih cocok buatmu.

Interface dan Waktu Muat

Sepintas, tampilan kedua aplikasi terlihat hampir sama. Kamu bisa mengakses video lewat tombol Beranda. Hanya saja di sebelah tombol Beranda aplikasi TikTok kamu bakal menemukan opsi Musik, Unggah, Kotak Masuk, dan Profil. Tombol Cari ada di pojok kanan atas layar.

TikTok

Sedangkan di aplikasi TikTok Lite, di samping tombol Beranda hanya ada opsi Temukan (Cari), Unggah, Kotak Masuk dan Profil. Nggak ada opsi Musik seperti di versi TikTok.

TikTok Lite

Untuk waktu muatnya sendiri, saya sudah coba di kedua aplikasi. Hasilnya sama saja. Tidak ada perbedaan dari segi kecepatan dan waktu pramuat konten.

Penyimpanan dan Penggunaan Baterai

Biasanya, versi Lite dari aplikasi apa pun akan memiliki ukuran file yang lebih kecil, fitur yang lebih ‘mini’ dan memang ditujukan buat pengguna dengan jaringan data lebih lambat (3G atau 2G).

Baca Juga:  Anak Belanja TikTok Sebanyak Rp 36,4 Juta, Ayah Ini Justru Marah ke Apple!

Aplikasi TikTok punya ukuran sekitar 182MP ketika pertama kali diinstal. Seiring berjalannya waktu, ukuran file tersebut bakal terus tumbuh (apalagi kalau habis di-update). Saat saya menulis artikel ini saja, ukuran TikTok sudah membludak menjadi 1,54GB.

Di sisi lain, TikTok Lite hadir dengan ukuran lebih mini yakni sekitar 30MB. Clubbing data aplikasi dan cache paling hanya meningkatkan ukurannya menjadi sekitar 125MB. Jadi bisa dibilang, versi Lite ini lebih cocok buatmu yang punya ponsel dengan penyimpanan internal terbatas.

Bagaimana dengan konsumsi daya baterai? Karena kedua aplikasi mendukung pemutuaran video, maka konsumsi baterai hampir sama.

Opsi Unggah

Biasanya, aplikasi Lite hadir dengan pengurangan beberapa fitur inti. Nah buat kasus TikTok dan TikTok Lite, apakah ada juga perbedaan opsi unggah pada mereka berdua? Jawabannya iya.

TikTok hadir dengan opsi untuk mengunggah video berdurasi antara 15 detik, 60 detik hingga 3 menit. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung opsi unggah MV (bikin slideshow pakai foto). TikTok juga mendukung fitur “Jawab” (fitur untuk menjawab komentar netizen, dan disematkan ke dalam video).

TikTok

Untuk fitur edit video setelah direkam, TikTok jauh lebih unggul. Aplikasi ini mendukung fitur Filter, Sesuaikan Klip, Efek Suara, Sulih Suara dan Subtitle di tab sebelah kanan layar. Sementara di bagian bawah aplikasi ini mendukung fitur Suara, Efek, Teks dan Stiker.

TikTok

Beda dengan TikTok Lite. Aplikasi ini hanya mendukung opsi video berdurasi 15 dan 60 detik. Aplikasi ini juga tidak mendukung fitur MV dan Jawab seperti aplikasi versi standar.

TikTok Lite

Bagaimana dengan fitur pengeditan video? Aplikasi ini kalah jauh dengan versi standar. TikTok Lite Cuma menyajikan fitur Filter dan Sulih suara di tab sebelah kanan. Kalau di bagian bawah, fitur yang didukung sama dengan versi standar.

TikTok Lite

Fitur dan Kemampuan Berbagi

Perbedaan lain antara TikTok dan TikTok Lite ada pada fitur serta fungsi unik yang mereka tawarkan. Aplikasi TikTok kini menawarkan fitur unik seperti Posting Ulang, Duet, Stitch, Atur Sebagai Wallpaper, Bagikan Sebagai GIF. Sementara untuk opsi berbaginya, TikTok mendukung opsi berbagi ke WhatsApp Status, WhatsApp, Salin Tautan, Twitter, Pesan, Facebook, Instagram, Stories, Telegram, Facebook Lite, SMS, Email, dll.

TikTok

Sedangkan TikTok Lite tidak dibekali fitur unik seperti Duet dan Stitch. Kalau untuk opsi berbaginya, TikTok Lite sama seperti versi standarnya.

TikTok Lite

Kesimpulan

TikTok dan TikTok Lite sama-sama memiliki kelebihan serta kekurangan. Aplikasi TikTok lebih cocok buatmu yang benar-benar fokus ingin jadi konten kreator, atau suka mengedit video dengan tools edit video yang lengkap. Tapi kelemahannya, ukuran aplikasi super jumbo. Jadi pastikan penyimpanan internal ponselmu memadai.

Baca Juga:  TikTok Uji Coba Fitur Game di Vietnam. Wah, Bakal Bisa Main Game di TikTok Dong?

Di sisi lain, TikTok Lite jelas lebih ramah buat ponsel dengan penyimpanan internal yang ‘mini.’ Tapi kekurangannya, aplikasi minim fitur. Kamu jadi nggak bisa mengkreasikan video dengan leluasa.