Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Perbedaan iPad Wifi Only dan Seluler, Wajib Tahu Sebelum Beli Ya!

prediksi 5 fitur ipados 16 yang akan diumumkan di wwdc 2022 fyTLOlr2cD

Bagi kamu yang masih awam tentang iPad dan masih ragu untuk membelinya berikut perbedaan iPad WiFi only dan seluler buat referensi agar kamu semakin yakin menentukan pilihan. 

Kedua jenis iPad ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki sekarang. Pastikan juga untuk memilih iPad yang sesuai dengan keinginan kamu. 

Nah sebenarnya apa sih perbedaan iPad WiFi only dan seluler? Yang penasaran yuk baca artikel berikut ini sampai selesai. 

Apa Itu iPad Wifi Only dan Seluler

Untuk bisa membedakan keduanya, tentu kamu harus mengenak masing-masing perangkat.

1. iPad WiFi Only

Seperti namanya, iPad Wifi only hanya bisa terhubung ke internet melalui jaringan Wifi. Sehingga untuk menggunakan aplikasi atau layanan online, kamu tergantung dengan jaringan Wifi yang ada.

2. iPad Seluler

Berbeda dengan tipe iPad WiFi only, iPad seluler memiliki dukungan kartu SIM. Jadi mirip dengan smartphone. Dengan begitu, kamu bisa lebih leluasa mengakses aplikasi dan layanan online kapan pun dan di mana pun.

Namun, walau memiliki kartu SIM, iPad seluler tidak bisa dipakai buat telepon maupun SMS. Hal ini dikarenakan, pada dasarnya iPad memang tidak menyediakan layanan telepon seperti iPhone.

Jadi bila ingin tetap bisa melakukan komunikasi bersama dengan teman, keluarga, atau si doi, kamu harus menggunakan aplikasi berbasis data, seperti WhatsApp, Telegram, dll.

Perbedaan iPad Wifi Only dan Seluler

Perbedaan paling signifikan antara iPad WiFi only dan seluler terletak pada penggunaan kartu SIM, hardware, dan harganya. Ketiga hal ini bisa kamu jadikan pertimbangan buat memilih iPad tipe mana yang sesuai sama kebutuhanmu.

Baca Juga:  Rumor iPhone dan iPad Layar Lipat Bakal Pakai Teknologi "E-Ink" - Tapi Apa Itu?

1. Perbedaan Hardware dan Software iPad Wifi Only dan Seluler

Kalau dilihat dari luarnya saja, sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara iPad WiFi only dan iPad seluler. Kedua tipe ini mirip dari segi tampilan, bentuk, ukuran, dan style-nya.

Hal yang membuat mereka berbeda terdapat pada bagian slot untuk memasukkan kartu SIM yang ada di iPad seluler, tapi tidak tersedia di iPad WiFi only. 

slot kartu slim jadi perbedaan ipad wifi only dan seluler
gambar: iFixit

Perbedaan selanjutnya yakni pada pada dukungan operator seluler. Pada iPad WiFi only tentu saja tidak tersedia dukungan fitur data seluler. Sedangkan untuk iPad seluler, selain bisa tersambung dengan koneksi seluler, bisa juga terkoneksi dengan Wifi.

Lalu, iPad WiFi Only tidak seakurat iPad seluler dalam menampilkan lokasi. Karena iPad WiFi only hanya menggunakan Wifi Trilateration. Artinya, posisinya tergantung pada pusat jaringan WiFi setempat.

Sedangkan iPad Seluler dilengkapi dukungan teknologi GPS untuk menentukan lokasi. Fitur ini membuat iPad Seluler bisa menyediakan titik lokasi yang lebih akurat.

3. Perbedaan Harga iPad Wifi Only dan Seluler

Perbedaan hardware dan software di atas tentu memberikan konsekuensi perbedaan harga iPad Wifi Only dan Seluler. Pada umumnya harga iPad WiFi + Seluler lebih mahal daripada iPAd WiFi Only.

Sebagai contoh, saat artikel ini ditulis, harga iPad WiFi only (Gen 9) untuk 256GB di iBox adalah sekitar Rp8.599.000. Sementara iPad WiFi + Seluler untuk 256GB adalah sekitar Rp11.099.000.

Bisa kamu lihat, perbedaan harganya cukup jauh. Karena perbedaan harga ini, pastikan untuk menyesuaikan dengan budget atau dana yang kamu miliki ya.

Pertimbangan Beli iPad Wifi Only Atau Seluler

Lalu, mau beli iPad tipe WiFi only atau seluler? Selain dari penjelasan mengenai beberapa perbedaan di atas, kamu juga bisa mempertimbangkan pilihan berdasar kebutuhan dan alasan kamu ingin membeli iPad.

Baca Juga:  4 Fitur Unggulan iPad Pro Baru "Si Tablet Sultan 2022"

Jika kamu lebih sering memakai tablet di rumah atau di tempat yang tetap (misalnya kafe atau co-working space), maka iPad WiFi only bisa jadi pilihanmu. Karena tentu saja kamu bisa menggunakan jaringan WiFi setempat.

svg%3E
Gambar: Unsplash

Walau begitu, jika kamu sedang ada di tempat yang tanpa jaringan WiFi, iPad WiFi only tetap bisa kamu pakai online. Kamu bisa memanfaatkan fitur hotspot atau tethering dari smartphone.

Kalau kamu punya iPhone, maka kamu bisa memiliki keuntungan tersendiri di sini. Karena berada dalam satu ekosistem, memakai hotspot iPhone akan memudahkan penggunaan iPad WiFi only.

Jika kamu punya mobilitas tinggi dan membutuhkan layar iPad yang lebih besar dibanding ponsel, maka iPad seluler adalah solusinya. iPad seluler bisa menggunakan internet yang lebih fleksibel karena dapat berganti dari menggunakan WiFi ke kuota internet provider kartu SIM.

Keuntungan lainnya, iPad Seluler juga bisa menjadi hotspot, jika tiba-tiba kuota internet di ponselmu tiris.

Secara umum, membeli iPad WiFi only bisa lebih menguntungkan, jika kamu punya kuota internet besar di ponsel. Jika butuh koneksi, tinggal pakai hotspot ponsel saja. Harga perangkat lebih murah dan kamu hanya perlu investasi kuota internet di satu perangkat.

Tapi kembali lagi, keputusan untuk beli iPad WiFi only atau seluler tergantung pada kebutuhan, mobilitas, dan budget yang kamu miliki (termasuk dalam pemakaian kuota internet sehari-hari).

What’s Next?

Nah, bagaimana? Apakah penjelasan perbedaan iPad WiFi only dan seluler di atas cukup membantu? Apakah kini kamu sudah bisa menentukan mau beli iPad WiFi only atau seluler? Sekali lagi, jangan lupa pertimbangkan sesuai dengan kebutuhanmu ya!!


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.