Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apa itu iPhone HDC, Ciri-Ciri Kekurangan dan Kelebihan! Wajib Tahu Sebelum Beli

Apa itu Iphone HDC

Apa itu iPhone HDC? iPhone HDC adalah HP tiruan yang secara bentuk fisik mirip seperti iPhone, namun sistem operasinya menggunakan Android khas HDC.

Kamu ingin upgrade iPhone ke 14 Pro akan tetapi tidak memiliki budget yang cukup? iPhone HDC bisa menjadi solusi karena memiliki harga yang lebih terjangkau, dan fitur yang hampir menyerupai iPhone aslinya. 

Sehingga kamu perlu mengetahui beberapa perbedaan, hingga kekurangan dan kelebihan dari HP ini untuk menambah pengetahuan dan tidak tertipu saat membelinya.


Cepat Tahu!

iPhone HDC adalah bentuk replika dari iPhone asli, yang memiliki tampilan dan fitur yang hampir mirip, oleh karena itu disebut sebagai HP replika. HDC merupakan singkatan dari High Definition Copy. Secara singkat, HP HDC merupakan ponsel replika atau tiruan. Jadi bukan merk aslinya.


Apa Itu iPhone HDC

Apa itu iPhone HDC

HDC adalah High Definition Copy, secara singkat HP ini adalah HP replika atau HP KW. Namun HP HDC memiliki tampilan hingga menu yang sangat mirip seperti dengan aslinya.

Umumnya HDC mereplika HP premium dengan harga yang mahal, seperti iPhone. Oleh karena itu terdapat iPhone HDC yang jika dilihat dari luar tampilannya hampir sangat mirip dengan iPhone keluaran Apple.

Apa Itu iPhone HDC Ultimate

Apa itu iPhone HDC Ultimate? Sama seperti iPhone asli, iPhone HDC memiliki berbagai tipe yang dapat kamu pilih, salah satunya seperti iPhone XS Max HDC Ultimate.

iPhone HDC ultimate ini menggunakan jaringan 4G, tersedia fitur Face ID, layarnya berukuran cukup lebar, yaitu 6,5 inci, dan tersedia dual SIM card khas HP Android. Untuk ukuran RAM tersedia 2 GB, dan ROM 16 GB, serta kualitas kamera depan 5 MP dan belakang 12 MP.

Jika kamu menyalakan HP ini, maka kamu akan melihat tampilan layar mengeluarkan logo Apple ketika booting, dengan tema iOS 12.

Apa Itu iPhone HDC Platinum

iPhone HDC Platinum memiliki bentuk yang serupa dengan iPhone aslinya. Kekuatan materialnya pun baik, dan memiliki berat yang pas, tidak seperti replika yang umumnya memiliki berat yang ringan, serta bodinya terbuat dari alumunium glass.

Salah satu Iphone HDC Platinum paling laris dan dicari yakni iPhone XS Max HDC 4G LTE dengan kualitas layarnya cukup baik dengan resolusi 1280 x 720 pixel, dan mendukung jaringan 4G.

Namun kamu tidak bisa mengharapkan kapasitas penyimpanan yang besar, karena kamu dapat menggunakan bantuan dari slot micro SD tambahan.

Ciri-Ciri iPhone HDC

iPhone seringkali di replika oleh HDC, sehingga jika kamu tidak teliti sebelum membeli, terdapat kemungkinan bahwa iPhone yang kamu beli merupakan iPhone HDC.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa itu iPhone HDC agar tidak keliru ketika membeli iPhone dengan harga yang miring. Berikut ini adalah ciri-ciri dari iPhone HDC yang wajib kamu pahami:

  • Cek tampilan menu, karena HDC menggunakan sistem Android, sehingga tersedia fitur Google Play Store namun di custom mirip dengan App Store. Sedangkan untuk iPhone, menggunakan fitur App Store.
  • Cek sistem operasinya, selain melihat menu kamu dapat melihat sistem operasi. HDC menggunakan sistem operasi Android yang diubah hingga serupa dengan iPhone. Untuk iPhone asli, tentu selalu menggunakan sistem operasi iOs.
  • Selain dari fitur, kamu dapat melihat material yang digunakan HP tersebut. iPhone original biasanya menggunakan material yang lebih bagus dan kokoh, sedangkan HDC menggunakan material plastik.
  • Garansi IMEI selalu tersedia pada tiap HP. Kamu dapat melihat IMEI dari iPhone tersebut, apakah original atau tidak dengan beberapa cara cek IMEI iPhone berikut.
  • Kualitas tampilan layar pun juga berbeda, iPhone HDC tidak akan sejernih dan semulus iPhone original.
  • Tombol screenshot pada iPhone original biasanya menggunakan tombol kunci dan home yang ditekan bersamaan. Sedangkan iPhone HDC tidak dapat menggunakan tombol tersebut.
  • Harga iPhone HDC patut dicurigai, karena biasanya dipasarkan dengan harga yang sangat terjangkau untuk kelas iPhone.
  • Jika iPhone yang kamu lihat memiliki slot untuk microSD, maka sudah dipastikan bahwa HP tersebut adalah iPhone HDC, karena original tidak tersedia slot tersebut.

Kekurangan dan Kelebihan iPhone HDC

Karena iPhone HDC adalah bentuk replika dari iPhone, tentu memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan.

Kekurangan iPhone HDC:

  • Menggunakan sistem operasi Android namun dibuat serupa dengan iOS. Meskipun serupa, namun fiturnya tetap berbeda. Contohnya fitur app store yang tersedia sebenarnya adalah Google play store.
  • Kualitas layar yang lebih rendah, ketajaman layar yang kurang baik, kecerahan layar yang minimalis, hingga layar kurang responsif.
  • Karena HP ini replika, kamu tidak dapat menggunakan layanan dan aplikasi yang serupa pada iPhone asli, seperti iMessage, iCloud, Facetime, dan lain sebagainya.
  • iPhone dikenal dengan kualitas kamera yang menakjubkan, namun pada iPhone HDC kamu tidak bisa mendapatkan kualitas kamera terbaik seperti iPhone original.
  • Umumnya kecepatan jaringan 4G/LTE adalah standar bagi seluruh smartphone, namun iPhone HDC masih banyak yang menggunakan jaringan 3G/HSDPA/H+ dan belum 4G.
  • Bentuk body atau material yang terbuat dari plastik dengan kualitas rendah, berbeda dengan iPhone original yang menggunakan bahan alumunium hingga kaca super kuat.
  • Penggunaan jangka panjang tidak disarankan untuk iPhone HDC, sehingga akan sulit jika kamu menjadikan HP ini untuk kebutuhan sehari-hari.

Kelebihan iPhone HDC

  • Harganya yang dikenal sangat terjangkau dibandingkan iPhone original.
  • Tersedia slot untuk SD card tambahan agar kamu dapat menambah kapasitas penyimpanan.
  • Bentuknya yang menyerupai iPhone asli, sehingga orang lain akan sulit untuk membedakannya jika dilihat secara sekilas.
  • Layar iPhone HDC tersedia ukuran yang cukup besar seperti iPhone original pada umumnya.
  • Beberapa tipe iPhone HDC memiliki touch ID dan fitur Face ID, selain sebagai fungsi keamanan, fitur ini menyerupai fitur iPhone original.
  • Tampilannya menyerupai iOS asli jika kamu tidak lihat secara seksama.
  • Tersedia jaringan 4G dan dual SIM, seperti HP Android pada umumnya.

What’s Next

Kamu telah mengetahui apa itu iPhone HDC dan beberapa ciri-cirinya untuk membedakan antara iPhone HDC dengan aslinya, sehingga di kemudian hari kamu tidak akan salah memilih.

Jika kamu memiliki pertanyaan, tulis di kolom komentar ya. Agar di kemudian hari, kita dapat saling berdiskusi tentang topik yang kamu inginkan.


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected]. Jangan lupa, ikuti kami di Google News.