Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Perbedaan Layar Monitor AMOLED vs IPS, Wajib Paham Sebelum Membeli!

Odyssey Gaming Monitor main2

Bagi orang awam, memahami perbedaan layar monitor AMOLED vs IPS akan terasa sulit dilakukan. Namun ternyata, kedua jenis layar itu memiliki perbandingan yang cukup signifikan.

Bisa dibilang, layar AMOLED maupun IPS memiliki keunggulan maupun kekurangan masing-masing. Kamu bisa memilih salah satu di antara keduanya sesuai kebutuhan dan dana yang disediakan.

Tanpa berbasa-basi, simak perbedaan antara layar monitor AMOLED dengan IPS dalam artikel berikut ini hingga akhir, ya!

Perbedaan Layar Monitor AMOLED vs IPS

Mengetahui perbedaan layar monitor AMOLED vs IPS sebenarnya sangat mudah dilakukan. Kamu mengetahui perbandingan keduanya melalui definisi, perbandingan spesifikasi, hingga kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  

Perbedaan Layar Monitor AMOLED vs IPS

1. Pengertian Layar Monitor AMOLED dan IPS

AMOLED atau Active Matrix Organic Light-Emitting Diode adalah jenis layar yang memanfaatkan anoda dan katoda untuk mengalirkan elektron melalui lapisan film yang cukup tipis. Dari segi teknologi yang dihadirkan, layar AMOLED merupakan generasi yang lebih baru dibandingkan IPS LCD

Sementara itu, IPS atau In-Plane Switching merupakan jenis layar monitor yang diklaim mampu memproduksi warna lebih baik dibandingkan teknologi terdahulunya, yakni TFT LCD. 

Berbeda dengan AMOLED, IPS menggunakan dua transistor di setiap piksel yang digabungkan dengan backlight lebih kuat.

2. Perbandingan Spesifikasi Layar AMOLED dan IPS

Dari spesifikasi yang ditawarkan, baik layar AMOLED dan IPS memiliki beberapa perbedaan yang secara tak langsung menunjukkan keunggulannya masing-masing, di antaranya:

A. Ukuran dan Resolusi

Pada produk smartphone, layar IPS memiliki ukuran dan resolusi HD hingga Full HD dengan rincian masing-masing sebesar 720 x 1280 dan 1920 x 1080 piksel. Sementara layar AMOLED rata-rata minimal 720 x 1280 piksel. Jangan lupa untuk lebih mendalami berkaitan dengan resolusi layar dan kerapatan pixel juga ya.

Baca Juga:  ASUS Umumkan Monitor Gaming Ultra Cepat ROG Swift 500Hz

B. Kontras dan Kecerahan

Dari aspek kontras dan kecerahan, layar AMOLED memiliki kualitas yang cukup unggul dibandingkan layar IPS. Pasalnya, jenis layar IPS memiliki kontras layar yang tak sekuat AMOLED. 

Ketika menampilkan warna hitam, maka layar IPS tidak akan memunculkan warna hitam sebesar 100 persen. Begitu pun ketika jenis layar tersebut menampilkan warna putih, maka warna yang muncul tidak sepenuhnya berwarna putih.

C. Sudut Pandang dan Waktu Respons

Aspek ini juga memaksa layar IPS memiliki spesifikasi di bawah AMOLED. Sebab, layar IPS memiliki FPS, refresh rate, dan waktu respons yang lebih rendah dibandingkan AMOLED. Berdasarkan hal tersebut layar AMOLED cocok digunakan bagi kamu yang gemar bermain game. 

Pada jenis gadget kelas atas, waktu respons AMOLED bisa mencapai 120Hz/1ms. Cukup cepat, bukan?

D. Efisiensi Energi

AMOLED juga lebih unggul dibandingkan IPS dari segi pengonsumsian daya. Hal itu karena AMOLED yang memiliki kondisi yang tidak selalu menyala dan membantu penggunaan baterai lebih hemat. Berbeda dengan layar IPS yang lebih banyak menghabiskan daya saat digunakan.

3. Kelebihan dan Kelemahan Layar AMOLED dan IPS

Dari beberapa spesifikasi yang telah dipaparkan di atas, tentu kamu sudah memahami beberapa kelebihan dan kelemahan layar AMOLED maupun IPS. Lebih detailnya, berikut kelebihan dan kelemahan layar AMOLED dan IPS yang patut kamu ketahui.

A. Kelebihan Layar AMOLED

Layar AMOLED memiliki banyak keunggulan dibandingkan layar IPS. Dari kontras yang dihasilkan, salah satu jenis layar OLED ini mampu menghasilkan rasio yang lebih tinggi.

Keunggulan yang juga ditonjolkan oleh layar ini ialah pengonsumsian daya 10 kali efektif daripada IPS. Selain itu, layar AMOLED mampu meng-update piksel warna secara independen. Hal itu membuat jenis layar ini memiliki FPS dan waktu respons yang cukup cepat.

Baca Juga:  LCD Layar Melengkung Atau Datar, Enakan Mana?

B. Kelemahan Layar AMOLED

Terlepas dari berbagai keunggulan yang dimiliki, layar AMOLED tak luput dari beberapa kelemahan yang patut kamu pahami. 

Jenis layar ini rawan terkena screen burn-in. Bila kamu menggunakan satu aplikasi dalam waktu lama, maka ikon aplikasi tersebut bisa saja tertinggal di layar.

Tak hanya itu, jenis layar ini memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan layar IPS.

C. Kelebihan Layar IPS

Layar IPS mampu memproduksi warna natural dibandingkan AMOLED. Selain itu, jenis layar ini terbilang lebih murah sehingga cocok bagi kamu yang memiliki budget terbatas. 

Untuk penggunaan jangka panjang, layar IPS bisa mengakomodasi kebutuhan tersebut. Sebab, jenis layar ini terbilang tangguh dan tak mudah terkena screen burn-in.

Keunggulan lainnya yang juga ditawarkan oleh layar IPS yaitu kualitas gambar yang cukup tajam.

D. Kelemahan Layar IPS

Layar IPS memiliki waktu respons yang lebih rendah dibandingkan AMOLED. Di samping itu layar yang satu ini cukup banyak memakan daya ketika digunakan.

Jenis layar ini juga lebih tebal dibandingkan AMOLED. Hal itu dikarenakan adanya backlight.

Sebaiknya Memilih Layar AMOLED atau IPS?

Setelah mengetahui uraian lengkap seputar layar AMOLED dan IPS, pasti kamu sudah lebih mantap menentukan pilihan di antara keduanya.

Agar semakin yakin dalam menentukan pilihan, berikut beberapa alternatif yang perlu kamu jadikan pertimbangan saat akan membeli gawai baru.

Pertimbangan Utama dalam Memilih Layar AMOLED atau IPS

Bagi kamu yang memiliki budget terbatas, maka layar IPS bisa dijadikan pilihan tepat. Selain itu, jenis layar ini sesuai bagi kamu yang ingin memiliki gawai berumur panjang dan minim risiko screen burn-in. 

Namun, bila kamu lebih condong kepada responsivitas layar dan efektivitas daya, memilih layar AMOLED juga tak ada salahnya. Sebab, jenis layar ini memfasilitasi kamu untuk mengoperasikan perangkat dengan kemampuan gesit dan penggunaan daya yang tahan lama.

Baca Juga:  LG OLED Flex (LX3) - Monitor Gaming Pertama di Dunia yang Bisa Ditekuk!

Rekomendasi Penggunaan Layar AMOLED atau IPS Sesuai Kebutuhan

Seperti yang disebutkan, layar AMOLED sesuai bagi kamu yang gemar bermain game. Melalui efektivitas penggunaan daya yang lebih mumpuni, kamu bisa bermain game seharian penuh. Responsivitas layar ini juga bisa menambah pengalaman saat bermain game.

Sementara bagi kamu yang ingin lebih mementingkan akurasi warna dan output visual yang memukau, maka layar IPS bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Selain memiliki kemampuan menghasilkan warna natural lebih banyak, layar IPS memiliki kemampuan yang bisa dikontrol saat mengelola cahaya yang melaluinya.

What’s Next

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui perbedaan layar monitor AMOLED vs IPS dari spesifikasi, kelebihan, hingga kekurangannya. Terlepas dari perbedaan yang muncul, kedua jenis layar itu memiliki keunggulan yang bisa memenuhi kebutuhan sesuai preferensi penggunanya masing-masing.

Bila artikel ini menurutmu cukup membantu, jangan lupa bagikan ke orang terdekatmu, ya! 


Jika terdapat pertanyaan maupun topik lainnya yang ingin diulas lebih mendalam, jangan lupa tinggalkan komentar di bawah dan follow Google News Urban!