Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Samsung Galaxy Watch 4 Series : Fitur & Harga Resmi di Indonesia

Indri Penulis

Smartwatch Samsung Galaxy Watch 4 Series akhirnya resmi debut. Seri ini terdiri dari model Samsung Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 Classic.

Acara Galaxy Unpacked 2021 akhirnya selesai juga. Sesuai rumor, Samsung mendebutkan berbagai produk premium di acara tersebut. Seperti lini ponsel lipat Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3, earbud Galaxy Buds 2, dan jajaran smartwatch Samsung Galaxy Watch 4 Series.

Khusus buat smartwatch Samsung Galaxy Watch 4 Series, lini ini hadir dalam dua varian. Ada Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 Classic.

Perbedaan mereka berdua terletak pada desainnya. Galaxy Watch tampil lebih trendy dan canggih dengan perlindungan Corning Gorilla DX+. Sedangkan Galaxy Watch 4 Classic terlihat lebih klasik dengan jam analog, bezel berputar dan Corning Gorilla DX.

Terlepas dari itu, mereka berdua punya fitur yang hampir serupa. Nah, ini dia berbagai fitur unggulan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Watch 4 Series.

Fitur Kesehatan dan Kebugaran Canggih

Galaxy Watch 4 Series dibekali fitur BioActive Sensor, membuat desain smartwatch terlihat lebih kecil dan ringkas tanpa mengurangi akurasi pengukuran.

Samsung Galaxy Watch 4 – Sumber : Samsung

Seri ini juga dibekali fitur kesehatan berupa Sensor 3-in-1 yang mampu menggunakan satu chip untuk menjalankan 3 sensor sekaligus yakni Optical Heart Rate, Electrical Heart dan Bioelectrical Impedance Analysis.

Sensor-sensor di atas memungkinkan kamu untuk memantau tekanan darah, mendeteksi detak jantung, mengukur kadar oksigen dalam darah, hingga yang terbaru untuk menghitung komposisi tubuh (rangka otot, tingkat metabolisme basal, kadar air dalam tubuh, dan presentasi lemak dalam tubuh).

Sumber : Samsung

Selain fitur kesehatan, Galaxy Watch 4 Series juga punya fitur kebugaran. Ada fitur Group Challenge (untuk latihan bareng dengan teman dan keluarga), fitur untuk melacak kalori, detak jantung, langkah kaki, sampai waktu tidur.

Smartwatch dengan One UI Watch & Wear OS

Galaxy Watch 4 Series kini telah mendukung One UI Watch terbaru. Dengan UI ini, saat kamu menginstal aplikasi yang kompatibel di smartphone, aplikasi tersebut otomatis juga akan terinstal di smartwatch-mu. Aplikasi tersebut juga akan disinkronkan secara instan.

Smartwatch ini juga dibekali fitur Auto Switch. Memungkinkan earbud-mu dapat beralih audio antara ponsel ke jam tangan (atau sebaliknya).

Sumber : Samsung

Serunya, kamu juga bisa mengatur pemakaian smartwatch dengan berbagai cara. Bisa via suara (lewat Bixby), atau gerakan (contoh gerakkan lengan ke atas dan bawah 2x untuk menerima panggilan, atau putar lenganmu 2x untuk menolak panggilan/mengabaikan notifikasi dan alarm).

Seri ini juga merupakan lini smartwatch pertama yang pakai sistem operasi Wear OS bikinan Samsung dan Google. OS ini memungkinkan kamu mengakses berbagai platform seperti Google Maps, Samsung Pay, SmartThings, hingga Bixby, langsung dari pergelangan tangan. Ia juga mendukung berbagai aplikasi pihak ketiga seperti Adidas Running, Calm, Strava, Spotify, dll.

Performa yang “Another Level”

Galaxy Watch 4 Series menjanjikan peningkatan performa yang lebih signifikan. Dimulai dari pemakaian prosesor 5nm Exynos W920 pertama di Galaxy Watch, CPU 20% lebih cepat, RAM 1,5GB, memori 16GB,  hingga GPU 10x lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Samsung Galaxy Watch 4 Classic – Sumber : Samsung

Samsung juga menghadirkan peningkatan resolusi layar pada seri ini hingga 450 x 450 piksel. Membuat visualnya terlihat lebih tajam.

Jajaran smartwatch ini juga dibekali fitur menarik lainnya seperti Samsung Knox (untuk keamanan), baterai 361mAh (model 44mm/46mm) dan 247 (model 40mm/42mm), Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11, NFC, bersertifikat 5ATM + IP68 / MIL-STD-810G.

Harga dan Ketersediaan

Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 Series sekarang sudah bisa kamu pre-order. Mereka akan tersedia secara ritel mulai tanggal 27 Agustus mendatang.

Sumber : Samsung

Galaxy Watch 4 akan hadir dalam ukuran 40mm (Black, Silver, Pink Gold) dan 44mm (Black, Silver dan Green), masing-masing tersedia dalam model Bluetooth dan LTE.

Model Galaxy Watch 4 Classic tersedia dalam varian Bluetooth dan LTE, dengan ukuran 42mm  dan 46mm. Mereka semua tersedia dalam warna Black dan Silver.

Nah, ini dia harga lengkapnya:

  • Galaxy Watch 4 Bluetooth (40mm) = Rp 2.999.000
  • Galaxy Watch 4 Bluetooth (44mm) = Rp 3.499.000
  • Galaxy Watch 4 LTE (40mm) = Rp 3.999.000
  • Galaxy Watch 4 Classic Bluetooth (42mm) = Rp 4.499.000
  • Galaxy Watch 4 Classic Bluetooth (46mm) = Rp 4.999.000
  • Galaxy Watch 4 Classic LTE (46mm) = Rp 5.999.000

Kalau kamu tertarik mau beli smartwatch tersebut, kamu bisa langsung pre-order di situs resmi Samsung sekarang juga.

    %d blogger menyukai ini: