Samsung Galaxy Watch 3 – Smartwatch Premium dengan Fitur Kesehatan Canggih

Smartwatch Samsung Galaxy Watch 3 resmi dirilis. Smartwatch ini tampil dengan desain elegan dan menyajikan sederet fitur canggih.

Acara Galaxy Unpacked 2020 telah selesai. Lewat acara ini, Samsung memamerkan berbagai produk premium baru, seperti Galaxy Note 20, Galaxy Tab S7, Galaxy Buds Live, Galaxy Z Fold 2 dan Galaxy Watch 3.

Di artikel ini, saya khusus akan membahas Galaxy Watch 3. Smartwatch ini menawarkan desain premium dan fitur kesehatan paling canggih. Tapi, secanggih apa fitur kesehatan Galaxy Watch 3?

Tentang Samsung Galaxy Watch 3

Sebenarnya hampir tidak ada lagi kejutan yang bisa kita dapatkan dari Galaxy Watch 3. Karena sebelum resmi rilis, video unboxing Galaxy Watch 3 telah tersebar duluan.

Terlepas dari video uboxing yang beredar sebelumnya, smartwatch ini tersedia dalam dua ukuran yakni 45mm dan 41mm. Ukuran 45mm tersedia dalam warna Mystic Black dan Mystic Silver. Sementara ukuran 41mm terdiri dari Mystic Bronze dan Mystic Silver.

Samsung Galaxy Watch 3 Varian Mystic Black dan Mystic Bronze

Kepala smartwatch terbuat dari bahan Stainless Steel. Sementara layarnya berbasis AMOLED (360 x 360), Full Color Always On Display, dan dilindungi Gorilla Glass DX.

Smartwatch ini memakai OS Wearable berbasis Tizen 5.5. Galaxy Watch 3 punya kapasitas baterai 340mAh / 247mAh. Untuk daya tahan, smartwatch ini bisa tahan air sampai 5ATM / IP68.

Soal tampilan Galaxy Watch 3 juga punya desain yang lebih kecil dan tipis. Maka tidak heran kalau smartwatch ini 15% lebih ringan dibanding pesaingnya.

Semua varian Galaxy Watch 3 dibekali bezel berputar. Bezel ini bisa dipakai untuk fokus melihat informasi penting. Misal ingin lihat info cuaca, kalian cukup memutar bezel. Setelah itu, tampilan cuaca akan terlihat lebih besar dibanding yang lain.

Samsung Galaxy Watch 3 Varian Mystic Silver

Masih di tampilan dalam layar. Galaxy Watch 3 menawarkan lebih dari 40 tampilan interface. Itu artinya, kalian punya banyak pilihan untuk mengubah tema smartwatch.

Untuk strap-nya, semua varian strap Galaxy Watch 3 terbuat dari bahan kulit. Strap ini dibuat dari kulit asli yang sudah tua sehingga menghasilkan tampilan alami.

Fitur Kesehatan Galaxy Watch 3

Blood Pressure

Galaxy Watch 3 bukan hanya melengkapi kebutuhan fashion. Tapi smartwatch ini juga menyajikan fitur kesehatan canggih. Smartwatch ini dibekali aplikasi Samsung Health Monitor terbaru.

Lewat aplikasi ini, kalian dapat mengukur tekanan darah setiap saat. Samsung Health Monitor bakal memberikan laporan tekanan darah setiap hari ke ponsel.

Fitur ECG

Fitur ECG digunakan untuk mengukur irama detak jantung. Untuk memakai fitur ini, kalian cukup menekan tombol kembali di smartwatch selama 30 detik.

Setelah itu, fitur ECG bakal menunjukkan pengukuran detak jantung ke kalian. Hasilnya bisa dilihat langsung di smartphone.

Blood Oxygen

Galaxy Watch 3 telah dibekali fitur pelacak oksigen. Smartwatch ini memakai LED merah dan sinar inframerah untuk mengukur tingkat SpO2 (jumlah oksigen dalam darah).

Fall Detection

Fitur ini saya rasa cukup unik. Karena Galaxy Watch 3 bisa mendeteksi saat kalian jatuh atau kecelakaan. Saat terjadi musibah, smartwatch bakal mengirim pesan SOS ke kontak yang telah ditentukan.

Sleep Score

Galaxy Watch 3 bakal merekam siklus tidur kalian. Setelah itu, smartwatch akan menilai dan membantu meningkatkan kualitas istirahat kalian.

Samsung sendiri telah bekerja sama dengan National Sleep Foundation. Lewat kerja sama ini, Galaxy Watch 3 akan memberikan panduan tidur yang berkualitas.

Running Analysis

Sesuai namanya, fitur ini bakal melacak langkah kaki kalian setiap saat. Algoritmanya yang canggih bakal menganalisis cara kalian berjalan.

Setelah dianalisis, fitur tersebut akan memberikan kalian panduan berjalan yang benar untuk menghindari cedera. Tidak hanya itu, kalian juga bisa mengukur nilai VO2 max dan memantaunya setiap saat.

Home Workout

Tidak hanya itu, Samsung Health Monitor juga menyediakan lebih dari 120 program pelatihan kebugaran. Menariknya, kalian juga bisa melacak progress latihan lewat jam tangan. Simpel ya.

%d blogger menyukai ini: