Performa MacBook Air 13 Dengan Chipset ‘M1’ Kalahkan MacBook Pro 16 ‘Intel’

Kemampuan chipset Apple Silicon M1 memang masih menjadi pertanyaan. Sebuah uji coba di Geekbench sedikit menjawabnya dan menunjukkan kalau MacBook Air dengan chipset M1, mampu kalahkan MacBook Pro dengan prosesor Intel.

Chipset Apple Silicon M1 berbasis ARM, sama seperti chipset yang biasa ada di smartphone atau tablet. Namun Apple mengklaim kalau laptop Macbook Air, MacBook Pro, dan desktop Mac Mini dengan chipset M1 baru punya performa per Watt yang lebih baik dari PC biasa. Tapi seberapa cepat?

Pada presentasi di acara “One More Thing”, Apple memang menunjukkan grafis perbandingan. Namun tidak ada data yang menyertainya. Tentunya, ini jadi pertanyaan.

Sebuah hasil uji coba performa CPU untuk MacBook Air dengan chipset M1 kemudian muncul di situs Geekbench. Halaman itu menunjukkan hasil untuk uji coba single-core dan multi-core, beserta beberapa informasi teknis terkait.

Hasil uji single-core MacBook Air baru menunjukkan skor 1687 dan hasil multi-core menunjukkan skor 7433. Lalu kita juga bisa melihat kalau prosesornya memang Apple Silicon dengan basis frekuensi 3,20 GHz dan punya RAM 8 GB.

hasil uji di Geekbench

Situs Geekbench juga menyediakan perbandingan hasil uji coba untuk komputer Mac. Perbandingan ini cukup menarik.

Untuk single-core, dengan nilai 1687, MacBook Air baru bisa mengalahkan semua komputer Mac sebelumnya, termasuk iMac dan MacBook Pro.

perbandingan single-core Mac

Sedangkan untuk multi-core, dengan nilai 7433, MacBook Air tahun 2020 ini duduk di bawah Mac Pro (2019) dan di atas Mac Pro (2013) dan MacBook Pro 16 (2019).

perbandingan multi-core Mac

Walau begitu, harap kamu ingat, uji coba ini hanya mengukur kemampuan CPU saja. Uji performa GPU akan memberi hasil berbeda, karena komputer Mac lain bisa memakai GPU diskrit (terpisah).

Di samping hasil uji CPU MacBook Air, juga sudah beredar hasil uji untuk MacBook Pro dan Mac Mini dengan chipset M1. Hasil uji CPU MacBook Pro baru menunjukkan skor 1714 untuk single-core dan skor 6802 untuk multi-core. Sedangkan uji CPU Mac Mini baru menunjukkan skor 1682 untuk single-core dan 7067 untuk multi-core.

%d blogger menyukai ini: