Bukan Cuma Layar Ganda, Windows 10X Juga Hadir Untuk Komputer Biasa

Anom Penulis

Tahun 2019, Microsoft memperkenalkan sistem operasi Windows 10X bersama perangkat Surface Neo. Sistem operasi ini ditujukan untuk perangkat dengan layar ganda. Namun kelihatannya Microsoft akan mengembangkan Windows 10X lebih luas, mencakup perangkat layar tunggal.

Pemakaian layar yang lebih besar di perangkat bergerak memang menjadi salah satu tema seksi di tahun 2019. Ada ponsel lipat dan ada juga ponsel dengan layar ganda, entah itu melalui aksesori maupun memang ada dua layarnya.

Pada intinya kedua hal itu menuntut hal yang sama, yaitu fleksibilitas sistem operasi dan aplikasi di dalamnya. Microsoft mengembangkan Windows 10X untuk menjawab perangkat layar ganda yang berukuran lebih besar. Sedangkan untuk Microsoft Duo, kelihatannya Microsoft mengembangkan skin/launcher Android khusus.

Perkembangan Windows 10X

Hal menarik muncul ketika Panos Panay, Pimpinan Divisi Windows dan Perangkat, menyebutkan perkembangan terbaru soal Windows 10X di blog resmi.

Panos Panay menyebutkan kalau kondisi saat ini sudah berbeda dengan bulan Oktober (2019) ketika Microsoft memperkenalkan sistem operasi itu. Konsumen Microsoft sudah semakin bersandar pada teknologi cloud. Dengan begitu, pendekatan lain harus dilakukan.

Surface Neo

Panos Panay kemudian menyatakan bahwa Windows 10X dikembangkan dengan kemampuan yang fleksibel. Dengan fleksibilitas itu, Microsoft mengarahkan pengembangan sistem operasi ini untuk perangkat dengan layar tunggal (misalnya laptop konvensional).

Pengembangan untuk perangkat layar ganda tetap dilakukan, namun masih menunggu saat yang tepat sesuai kerja sama dengan OEM (produsen perangkat).

Akan Seperti Apa Perangkat Windows Baru?

Windows 10X disebut sebagai versi sistem operasi yang lebih sederhana dan lebih modern dengan dukungan multi-taking. Karakteristik ini juga menunjukkan fleksibilitas perangkat, termasuk yang berbasis layar sentuh.

Panos Panay menyebutkan kalau pengguna Windows meningkat tajam. Bahkan sampai 75% dibanding tahun lalu. Hal ini mungkin juga disebabkan oleh kondisi WFH akibat wabah Corona. Orang lebih banyak memakai laptop daripada tablet dan smartphone.

 

laptop Dell XPS 13 2-in-1
Laptop Dell XPS 13 2-in-1

Tentu ini membuat perangkat ke depan lebih menarik. Dari karakteristik sistem operasi ini, kelihatannya sangat cocok untuk laptop hybrid alias 2-in-1 atau tablet. Karena tampilannya akan membuah pengguna beralih fitur dengan mudah.

Tapi bisa juga kita bayangkan sebuah komputer All-in-One dengan layar besar yang lebih nyaman dipakai dengan fungsi sentuh di layarnya. Yah, seperti Surface Studio. Tapi mungkin lebih untuk orang awam.

Bagaimanapun, Windows 10 memang membawa ambisi Microsoft untuk pemakaian di berbagai perangkat. Walau awalnya tidak seprti yang diharapkan, perkembangan ini sangat menarik. Terutama untuk pengguna Windows.

    %d blogger menyukai ini: