Pilihan Aplikasi Tanda Tangan Terbaik untuk Smartphone

Tanda tangan dibutuhkan sebagai persetujuan. Nah, agar tanda tangan lebih cepat dan mudah, kalian bisa gunakan aplikasi tanda tangan di smartphone.

Dalam dunia perkantoran, hampir semua dokumen membutuhkan tanda tangan. Mau mengajukan proposal, laporan, cuti, dll, pasti membutuhkan tanda tangan.

Namun terkadang meminta tanda tangan bisa menjadi sulit. Misalnya ada berkas yang perlu ditandatangani saat hari libur. Tentunya akan repot, apalagi jika kita sedang ada di luar kota.

Nah, sebagai alternatif, kita bisa menggunakan aplikasi tanda tangan. Aplikasi ini akan memudahkan pengguna untuk tanda tangan di mana dan kapan saja.

Berikut ini berbagai aplikasi tanda tangan yang bisa kalian manfaatkan.

DocuSign

Sumber Gambar : DocuSign

DocuSign adalah aplikasi tanda tangan yang cukup populer. Aplikasi ini mudah digunakan. Namun untuk menggunakannya, kalian harus mendaftar lebih dulu.

Saat mendaftar, aplikasi akan meminta kalian untuk mengunggah dokumen. Setelah itu, kalian tinggal menyiapkan dokumen yang ingin ditandatangani, memilih penerima dan mengirim dokumen itu.

DocuSign memungkinkan kalian untuk mengelola draft dari dasbor. Fitur ini dapat digunakan saat kalian belum siap mengirim dokumen. Dokumen akan tetap aman di dalam folder draft.

Docusign juga memiliki fitur pelacak. Fitur ini dapat digunakan untuk mencari dokumen yang sudah lengkap, masih butuh revisi, atau yang sebentar lain deadline.

Bisa dibilang, DocuSign benar-benar cocok untuk aktivitas perkantoran. Selain itu, aplikasi ini sangat pas bagi pekerja kantoran yang sering dikejar deadline.

Download

Download

Adobe Fill and Sign

Sumber Gambar : Adobe

Aplikasi lain mungkin mewajibkan pengguna untuk registrasi lebih dulu. Namun Adobe Fill and Sign berbeda. Aplikasi ini bisa kalian gunakan tanpa perlu registrasi.

Fiturnya pun beragam. Selain tanda tangan, Adobe Fill and Sign memberikan opsi notasi. Jadi kalian dapat mengisi dokumen seperti formulir dengan mudah.

Tidak hanya itu, aplikasi besutan Adobe ini juga menyajikan fitur My Profile. Fitur ini dapat kalian gunakan untuk mengunggah dokumen apa pun.

Aplikasi ini mendukung beberapa format dokumen dan foto. Selain itu, kalian juga bisa mengunggah file dari browser, URL, email, galeri foto, atau mengambil gambar langsung dari kamera ponsel.

Download

Download

HelloSign

Sumber Gambar : Make Tech Easier

HelloSign adalah aplikasi yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan tanda tangan. Aplikasi ini dapat kalian gunakan saat bepergian.

Aplikasi ini telah mendukung ekstensi browser. Jadi kalian bisa menandatangani dokumen via Gmail. Selain itu, kalian juga bisa menandatangani dokumen dari perangkat iOS atau Android.

HelloSign memungkinkan kalian untuk menulis tanda tangan secara langsung. Kalian juga bisa menambahkan inisial, hingga mengisi formulir sambil mengedit teks.

Pengambilan tanda tangan di aplikasi ini juga sangat mudah. Kalian bisa membuat tanda tangan baru dengan mengunggah file, menuliskan jari di ponsel, atau memotret gambar tanda tangan dengan ponsel.

Setelah tanda tangan selesai dibuat, kalian bisa masukkan alamat email si penerima. Kalian juga dapat melampirkan catatan (jika perlu) ke dokumen.

Menariknya, HelloSign memungkinkan kalian untuk menyimpan salinan dokumen yang dikirim. Untuk menyimpan salinan dokumen, kalian cukup klik tombol β€˜Download’ di aplikasi.

Download

Download