PlayStation Mendatang: Mobile Game, Film & Serial, Juga Gamer Cewek

sony playstation

Sony menyebutkan berbagai hal menarik dalam dokumen laporan pada investor yang berhubungan dengan masa depan PlayStation. Di antaranya menyebutkan mobile gaming, adaptasi game PlayStation ke film dan serial, juga meningkatnya gamer cewek.

Laporan untuk investor itu merupakan presentasi dari bos PlayStation sendiri, Jim Ryan. Pada awal laporan, ia menunjukkan kesuksesan dua konsol PlayStation 5 dan 4 di pasar.

Namun, detil pada laporan itulah yang sebenarnya menarik. Karena kita bisa melihat ke mana arah PlayStation bergerak nantinya.

Meningkatnya Gamer Cewek

Hal ini cukup menarik mengingat dulu gaming sering identik dengan hobi cowok. Apalagi untuk membeli perangkat khusus, seperti PC gaming atau konsol seperti PlayStation.

Pertumbuhan jumlah gamer cewek di PlayStation sendiri meningkat drastis. Yaitu berkembang dari 18% di era PlayStation 1 ke 41% di era PS4/PS5.

Mungkin pertumbuhan itu juga berkembang seiring media sosial. Saat ini tidak sedikit influencer yang merupakan gamer. Belum lagi kultur yang tumbuh di sekitarnya, seperti cosplay dan artwork.

Di samping pertumbuhan gamer cewek di PlayStation, Sony juga menunjukkan potensi pasar di Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Termasuk Indonesia.

Mobile Game, PC, dan Tontonan

Tapi tentu saja yang paling menarik pada laporan itu adalah minat Sony pada perangkat bergerak (smartphone salah satunya). Bukan apa-apa, laporan mereka pun menunjukkan kalau mobile game tumbuh pesat.

Selain itu, sebelum ini juga pernah muncul berita kalau Sony bersiap mengembangkan waralaba game populer ke perangkat bergerak. Rencana Sony mengembangkan sayap ke mobile game dan komunitas di perangkat bergeral juga terlihat dari laporan itu.

Sony berencana mengubah ekosistem PlayStation yang berbasis konsol menuju cakupan yang lebih luas, termasuk untuk PC dan mobile game. Misalnya seperti meluncurkan game PlayStation lain (yang awalnya eksklusif) ke PC, seperti Days Gone dan Uncharted 4.

Memang, Sony hanya mencantumkan ‘Mobile’ tanpa menyebut informasi lebih detil. Tapi melihat laporan ini, jelas bahwa mereka bicara soal waralaba game. Nampak dari judul game yang menjadi fokus.

Walau begitu, sisi ekosistem juga menjadi poin penting. Dalam hal ini adalah keterlibatan pemain di perangkat lain. Misalnya akses melalui perangkat atau platform lain.

Keterlibatan pengguna di luar konsol juga akan mereka raih melalui warlaba game sebagai tayangan hiburan. Misalnya seperti film Uncharted dan serial The Last of Us. Lalu, Sony juga berencana berkolaborasi dengan musisi Travis Scott.

Nah, kalau kamu seorang gamer yang kebetulan belum punya konsol PS, mungkin nanti kamu bisa memainkan game keluaran PlayStation Studio di smartphone. Begitupun kalau kamu seorang PC gamer (semoga Horizon Forbidden West segera ada versi PC-nya).

Nah, apa yang paling kamu tunggu?

%d blogger menyukai ini: