Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Bocoran POCO X3 Pro Pakai Chipset Terbaru Qualcomm Snapdragon 860

Indri Penulis

Bocoran smartphone anyar POCO X3 Pro akhirnya tersebar! Gosipnya ponsel ini akan memakai chipset Qualcomm yang belum pernah diumumkan.

Jajaran ponsel POCO terkenal memiliki harga murah namun performanya oke. Gebrakan ini bermula dari seri pertama mereka POCO F1. Ini adalah ponsel flagship berharga murah dengan Snapdragon 845.

Setelah meluncurkan POCO F1, POCO kemudian meluncurkan beberapa ponsel kelas menengah dengan harga lebih murah. POCO X3 adalah salah satunya, dan produk ini berhasil menjadi salah satu ponsel kelas menengah terbaik tahun 2020.

Kini, POCO kabarnya akan meluncurkan varian yang lebih tinggi dari POCO X3 yakni POCO X3 Pro. Menariknya menurut bocoran yang ada, ponsel ini akan pakai chipset terbaru Qualcomm yang belum pernah diumumkan sebelumnya.

Bocoran Terbaru Smartphone POCO X3 Pro

Kita flashback ke spesifikasi menarik dari POCO X3 terlebih dulu. Ponsel ini menawarkan layar 120Hz dan memakai chipset Snapdragon 732G. Spesifikasi ini terbilang luar biasa, apalagi mengingat harganya yang murah.

Sementara POCO X3 Pro, kabarnya akan menawarkan proposisi nilai yang sedikit lebih. Bocoran ini hadir dari akun Twitter @chunvn8888 yang mendapatkannya dari situs Shopee Vietnam. Ia memposting gambar POCO X3 Pro itu di Twitter.

bocoran spesifikasi poco x3 pro
Sumber Gambar : Shopee Vietnam

Gambar yang itu tidak hanya menampilkan desain POCO X3 Pro. Lebih dari itu, ada juga sedikit informasi spesifikasi dari ponsel anyar ini.

Spesifikasi yang paling menarik perhatian adalah terpampangnya nama chipset Snapdragon 860 di sana. Padahal, Qualcomm belum mengumumkan chipset ini. Apakah artinya, POCO X3 Pro bakal jadi ponsel pertama yang pakai chipset terbaru ini?

Sebenarnya rumor tentang chipset Snapdragon 860 telah menyebar sejak beberapa minggu lalu. Dilansir dari XDA-Developers, sepertinya chipset ini bakal mengikuti tren yang ditetapkan oleh Snapdragon 870.

Baca Juga:  ASUS ZenFone 9 Rilis dengan Spesifikasi Snapdragon 8+ Gen 1

Untuk beberapa konteks, Qualcomm biasanya hanya meluncurkan Snapdragon seri 800 ‘setahun sekali’ dan diikuti varian ‘Plus’ yang di-overclock, dari chipset yang sama di tahun paruh kedua.

Tahun ini, Qualcomm tidak hanya meluncurkan Snapdragon 888 sebagai chipset terbarunya. Tapi Qualcomm juga menghadirkan Snapdragon 870 (versi overclock Snapdragon 865 tahun lalu).

  • bocoran poco x3 pro

Sementara itu menurut daftar di Shopee, “Ponsel POCO X3 Pro didukung oleh chip Snapdragon 860 yang belum diluncurkan oleh Qualcomm.” Daftar ini kemudian merinci ‘informasi teknis’ dari chipset tersebut.

Chipset ini akan memiliki CPU octa-core Qualcomm Kryo 485 dengan clock hingga 2.96GHz dan GPU Adreno 640. Jujur spesifikasi ini tampak tidak asing.

Spesifikasi Snapdragon 860 justru mirip dengan Snapdragon 855 serta Snapdragon 855+ yang mendukung mayoritas ponsel flagship 2019. Itu artinya, Snapdragon 860 mungkin adalah versi revisi dari Snapdragon 855 untuk tahun 2021.

Sekarang kita beralih ke spesifikasi lainnya. POCO X3 Pro akan memiliki baterai 5160mAh dengan fast-charging 33W, RAM hingga 8GB, penyimpanan hingga 256GB, slot kartu microSD, jack headphone 3,5mm, quad-camera 48MP, dan layar 120Hz dengan touch-sampling 240Hz.

Terakhir, ponsel ini akan memakai MIUI 12 berbasis Android 11. Tampaknya, ponsel ini juga memiliki desain eksternal yang sama dengan POCO X3 versi standar.