ASUS Resmi Umumkan Ponsel Zenfone 8 dan 8 Flip

zenfone 8 flip

Setelah melalui berbagai bocoran, ASUS akhirnya mengumumkan smartphone terbaru mereka Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip. Kedua ponsel ini menjadi smartphone unggulan ASUS di samping ROG Phone 5 yang sudah lebih dulu rilis.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, ASUS sedikit menarik diri dari riuh rendah tren ponsel dan justru menawarkan sesuatu yang unik. Ada ponsel gaming lewat lini ROG Phone, dan ponsel dengan desain kamera flip lewat Zenfone.

Keunikan kamera flip Zenfone ini rupanya cukup ampuh. Dua generasi sebelumnya, Zenfone 6 dan Zenfone 7 mendapat tanggapan baik. Bahkan Zenfone 7 Pro berhasil memenangkan polling yang diadakan oleh MKBHD.

Kini ASUS menawarkan dua bentuk yang berbeda di generasi terbaru Zenfone. Ada Zenfone 8 yang lebih konvensional. Lalu ada Zenfone 8 Flip yang melanjutkan tradisi kamera putar dari generasi sebelumnya.

ASUS Zenfone 8

Ponsel ini memiliki penampilan yang lebih “tradisional,” dengan modul kamera belakang dan kamera selfie pada lubang di layar. Kalau boleh jujur, sekilas tidak terlihat istimewa. Bahkan posisi modul kamera belakang yang agak ke bawah cukup terlihat aneh.

ASUS menyebutkan kalau mereka melakukan riset mendalam soal ukuran layar yang mudah dijangkau. Hasilnya, layar Super AMOLED ponsel ini memiliki ukuran 5,9 inci. Selain itu, layar ponsel ini juga mendukung refresh rate 120Hz dan 1ms response time, juga memenuhi standari industri dengan 112% DCI-P3 color gamut, akurasi warna Delta-E < 1, dan sertifikat HDR10+. Layar ini dilindungi oleh Gorilla Glass Victus.

zenfone 8

Sebagai ponsel unggulan, spesifikasi ASUS Zenfone 8 juga tidak bisa dianggap remeh. Ponsel ini memakai Snapdragon 888, pilihan RAM dan penyimpanan sampai 16GB dan 256GB UFS 3.1, juga kapasitas baterai 4000mAh dengan fast charging 30W (mendukung reverse charging).

Sementara untuk kameranya, ada kamera 64MP dan 12MP di bagian belakang, lalu ada kamera selfie 12MP. ASUS juga menambahkan Video Pro Mode di aplikasi kamera untuk gambar yang lebih sinematik.

Untuk divisi suara, ASUS melengkapi ponsel ini dengan kualitas suara hasil kerjasama dengan Dirac. Di samping itu, 3 mikrofon dengan Acoustic Focus Mode supaya kamu bisa memilih arah suara.

Oya, ASUS Zenfone 8 juga sudah mendapat serifikat IP68 untuk tahan air dan debu.

ASUS Zenfone 8 Flip

Seperti yang sudah disebut di atas, ponsel ini merupakan penerus dari dua generasi sebelumnya yang punya sistem kamera unik. Namun, yang menarik ada sedikit “penyesuaian” pada spesifikasinya.

Layar ponsel ini lebih besar dari versi standar, yaitu 6,67 inci. Tapi, layar ini “hanya” mendukung refresh rate 90Hz dan dilindungi Gorrila Glass 6. Walau begitu, kualitas standar industri lain juga hadir di sini.

zenfone 8 flip

Versi Flip juga sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 888 dan mendukung penyimpanan sampai 256GB. Namun perbedaannya, ponsel ini hanya mendukung RAM sampai 8GB, memiliki dukungan slot MicroSD bersama slot dual kartu SIM, dan memiliki kapasitas baterai lebih besar, yaitu 5000mAh (tidak mendukung reverse charging).

Perbedaan lain tentu hadir di bagian kamera. Ponsel ini memiliki tiga kamera, yaitu 64MP, 12MP, dan 8MP, yang juga berfungsi sebagai kamera selfie. Dengan begitu, kamu bisa merekam video selfie sampai kualitas 8K.

Untuk sisi audio, fiturnya relatif sama dengan Zenfone 8. Sama-sama memiliki audio dari Dirac dan juga dengan 3 mikrofon.

Dua Pilihan

Jadi bisa kamu lihat. Versi Flip bukanlah semata menjadi versi yang lebih canggih. Yah, memang ada beberapa keunggulannya dibanding versi standar. Namun toh ada pula keterbatasannya.

Pendekatan ASUS ini lagi-lagi boleh kita bilang unik. Yah, di samping memberi pilihan sesuai selera kita, perbedaan ini mungkin juga memungkinkan harga yang tidak jauh beda. Yaitu €599 untuk Zenfone 8, dan €799 untuk versi Flip.

Kalau mau melihat lebih detil, kamu bisa mengunjungi situs resmi ASUS untuk versi standar dan Flip.

%d blogger menyukai ini: