Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Ajukan Trademark, Ponsel Layar Gulung Samsung Diprediksi Bernama “Z Roll”

Indri Penulis

Samsung baru-baru ini telah mengajukan trademark “Z Roll.” Benar kah “Z Roll” bakal dipakai buat nama ponsel layar gulung Samsung?

Beberapa waktu lalu, Samsung sempat membocorkan beberapa teknologi layar yang bakal mereka pamerkan dalam acara Society for Information Display (SID).

Salah satu yang mereka pamerkan adalah teknologi layar gulung (layar geser) pada sebuah produk. Tapi belum tahu, apakah konsep ini bakal benar-benar jadi kenyataan atau tidak. Sebab biasanya, konsep yang dibikin perusahaan tak selalu ‘sampai’ ke dunia nyata.

Tapi untuk kali ini, sepertinya Samsung benar-benar serius dengan konsep layar gulungnya. Sebab baru-baru ini Samsung dilaporkan telah mengajukan trademark dengan nama “Z Roll” buat ponsel. Kabar ini disampaikan langsung oleh EUIPO (European Union Intellectual Property Office).

ponsel samsung z roll
Sumber Gambar : GSMArena

Dengan temuan ini, menandakan kalau Samsung benar-benar berkomitmen dengan proyek tersebut. Dokumen itu juga menunjukkan kalau Z Roll bakal mendukung S Pen.

Soal kapan ponsel ini bakal tersedia, mungkin ponsel layar gulung ini ‘belum bakal’ tersedia tahun ini. Sebab kemungkinan, tahun ini Samsung masih akan fokus ke smartphone layar lipatnya. Semoga saja ponsel layar gulung bisa tersedia tahun depan.

Waktu perilisan ponsel layar gulung memang cukup menarik buat dibahas. Pasti banyak orang penasaran siapa yang bakal merilis ponsel layar gulung untuk pertama kalinya.

Apalagi di belakang Samsung ada sejumlah vendor yang telah mempersiapkan konsep layar gulung terlebih dahulu. Katakanlah OPPO dan TCL yang menunjukkan prototipenya, lalu sempat ada LG juga (meski sekarang dia sudah keluar dari pasar smartphone, dan proyek tersebut dibatalkan).