Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Inilah Teknologi Layar Samsung yang Bakal Diumumkan di SID 2021

galaxy tab fold 1280x720 1
Indri Penulis

Samsung goda penggemar dengan beberapa panel layar OLED fleksibel yang bakal mereka pamerkan di acara SID 2021. Apa saja produknya? Yuk kita kepoin!

Acara Society for Information Display (SID) bakal digelar minggu ini. Menjelang acara akbar yang fokus untuk urusan layar tersebut, Samsung membocorkan beberapa foto yang menampilkan panel layar dan konsep calon produk lipat terbaru mereka.

Produknya cukup beragam dan benar-benar unik. Ada perangkat yang bisa dilipat dua kali, panel layar geser, tablet lipat, sampai laptop dengan kamera di bawah layar.

Teknologi Layar Samsung di SID 2021

Produk pertama menampilkan layar lipat ‘S,’ alias produk dengan layar yang bisa dilipat sampai dua kali. Dari fotonya, perangkat ini terlihat cukup fleksibel. Kamu bisa menyesuaikan bentuk dan ukuran layar sesuai kebutuhan.

svg%3E
Sumber Gambar : GSMArena

Menurut keterangan yang ada, jika seluruh layar di perangkat dibentangkan, maka perangkat tersebut bakal punya ukuran 7,2 inci (lebih kecil dari ponsel Galaxy Z Fold 2 yang berukuran 7,6 inci). Tidak ada bocoran spesifikasi, tapi yang jelas kamera depan terlihat ditempatkan di bezel kiri layar.

Hm, sepertinya perangkat ini di atas sama seperti gambar yang pernah diunggah Samsung pada November 2020. Dari desain sampai mekanismenya hampir mirip. Cuma yang bikin beda adalah susuanan kameranya.

Gambar kedua menampilkan produk dengan mekanisme layar geser horizontal. Kalau dalam keadaan biasa (layar tak digeser), perangkat ini punya ukuran mirip seperti smartphone kovensional (apa ini calon ponsel terbaru Samsung? Atau dari dia masuk lini tablet layar geser?).

svg%3E
Sumber Gambar : GSMArena

Bocoran gambar di atas juga menunjukkan cara kerja layar geser. Jadi untuk menggeser layar, kamu perlu menekan sebuah tombol pada perangkat. Setelah itu, layar bisa kamu geser beberapa milimeter sesuai kebutuhan. Nantinya, interface perangkat bakal melebar atau menyempit otomatis sesuai ukuran layar.

svg%3E
Sumber Gambar : GSMArena

Selanjutnya, Samsung juga memamerkan layar lipat berukuran 17 inci. Kalau dilihat dari gambarnya, perangkat ini mirip seperti tablet lipat Microsoft Surface Neo. Perangkat ini menyajikan rasio aspek 4: 3, dan bisa dipakai dalam mode potret atau pun lanskap.

Baca Juga:  Rumor: Ponsel Samsung Galaxy Fold Versi Lama Kebagian Android 12L

Nah produk terakhir, ada laptop Samsung yang seperti dirumorkan sebelumnya. Yakni laptop tanpa bingkai dengan kamera di bawah layar.

svg%3E
Sumber Gambar : GSMArena

Karena tak memakai bezel, tampilan laptop ini benar-benar terlihat super tipis dan bersih. Tapi pertanyaannya, bagaimana kualitas kamera yang disajikan laptop ini ya? Kan kameranya ada di bawah layar.