Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Ponsel Lipat OPPO Find N Resmi Hadirkan Spesifikasi & Harga Keren

Indri Penulis

OPPO akhirnya resmi meluncurkan ponsel lipat pertamanya OPPO Find N. Lihat di sini untuk mengetahui spesifikasi dan harga OPPO Find N.

Ponsel lipat ini resmi OPPO umumkan dalam gelaran OPPO INNO DAY 2021. Selain OPPO Find N, juga ada produk baru lain yang nggak kalah keren yakni OPPO Air Glass 2021 dan OPPO NPU MariSilicon X.

Oke, balik lagi ke OPPO Find N. Seperti yang saya sebutkan tadi, dia adalah ponsel layar lipat pertama OPPO. Dalam pengembangannya, OPPO konon butuh waktu 4 tahun untuk bisa merampungkan ponsel lipat ini.

Nah dengan waktu pengembangan selama itu, kira-kira kejutan apa yang disajikan OPPO Find N? Lalu bagaimana spesifikasi dan harga yang ditawarkan OPPO Find N? Mari kita lihat.

Desain

OPPO Find N hadir dengan ukuran layar luar 5,49 inci dan layar dalam 7,1 inci. Untuk rasionya, layar dalam hadir dengan rasio 8,4:9 dan bagian luar 18:9.

Bicara soal rasio layar luar, dengan angka segitu, OPPO Find N boleh dibilang lebih kecil dari pesaing-pesaingnya lho. Sebagai perbandingan, Galaxy Z Fold punya rasio layar luar 15:9, Mi MIX Fold 17:9 dan Huawei Mate X 19,5:9. Walau lebih mini, tapi ponsel ini diklaim mampu menyajikan tampilan aplikasi yang lebih bagus (sebagian aplikasi ada yang tak terlihat bagus di ponsel dengan layar lebih tinggi dan sempit).

Masih nggak jauh-jauh dari desain layar. Untuk menggabungkan kedua layar ponsel, OPPO menggunakan engsel Flexion Henge. Engsel ini mampu melipat layar dengan bentuk mirip tetesan air di tengahnya. Hasilnya, bekas lipatan layar jadi nggak terlalu terlihat (bahkan masalah ini masih belum bisa diselesaikan oleh Samsung).

Flexion Henge juga mendukung Flexform Mode. Mode ini memungkinkan salah satu layar ponsel bisa berdiri tegak dalam sudut antara 50º dan 120º. Lewat dukungan ini, pengguna bisa menggunakan OPPO Find N sebagai tripod entah itu untuk video call atau aktivitas fotografi.

Baca Juga:  Bocoran Spesifikasi Xiaomi Mi Mix Fold 2: Penyimpanan 1TB, Layar 120Hz, dll

Spesifikasi

Setelah membahas soal desain, sekarang ganti spesifikasinya. Mulai dari layar bagian dalam. Ponsel ini menggunakan layar LTPO AMOLED beresolusi 1.792 x 1.920 piksel, dan refresh rate 1Hz – 120Hz yang bisa otomatis menyesuaikan diri sesuai konten yang dilihat pengguna. Untuk touch-sampling, layar ponsel ini bisa mencapai 1.000Hz touch-sampling.

Tampilan yang disajikan layar OPPO Find N juga diklaim bisa tetap terlihat jelas di segala kondisi pencahayaan. Layar ponsel ini mampu mencapai kecerahan punck hingga 1.000 nits, dan mampu mencapai 10.240 brightness steps.

Nggak cuma itu, layar ponsel ini telah mengadopsi Serene Display dengan 12-layers. Ia juga dibekali Flexion Ultra Thin Glass yang jauh lebih tipis dari pesaingnya – 0,03mm vs 0,6mm (pesaing OPPO Find N). Fitur ini membuat OPPO Find N jadi lebih fleksibel.

Sekarang pindah ke layar luar. Ponsel ini menggunakan panel AMOLED yang dilindungi Gorilla Glass Victus. Layar sekunder ini mempunyai resolusi 1.972 x 988 piksel (402 ppi), refresh rate standar 60Hz.

Pindah ke bagian jeroan. Ponsel ini masih menggunakan chipset Snapdragon 888. Chipset tersebut lalu dipadukan dengan RAM LPDDR5 12GB dan penyimpanan UFS 3.1 512GB.

Ponsel ini dibekali lima kamera, tiga di belakang dan dua kamera selfie (satu di setiap layar). Dengan pengaturan kamera seperti itu, pengguna bisa menggunakan kamera utama untuk selfie juga. Untuk resolusi kameranya, kamera belakang terdiri dari Sony IMX766 50MP + ultrawide 16MP + telefoto 13MP.

Lebih lanjut, ponsel ini disokong baterai 4.500mAh (baterai yang cukup besar untuk ukuran ponsel yang terbilang kecil). OPPO juga membekali ponselnya dengan dukungan pengisian kabel 33W SuperVOOC dan wireless 15W AirVOOC (ditambahkan 10W reverse charging).

Baca Juga:  3 Cara Melihat Versi Android Terbaru, Segera Cek Jangan Sampai Tertinggal!

Harga dan Ketersediaan

OPPO Find N akan tersedia di China mulai tanggal 23 Desember 2021. Untuk harganya, model 8GB/256GB dibanderol $1.200 dan model 12GB/512GB dibanderol $1.410.

Kabar buruknya, OPPO diduga tak berencana untuk meluncurkan OPPO Find N di pasar luar negeri. Kalau kabar ini benar, sayang sekali ya. Apalagi OPPO Find N jelas merupakan salah satu perangkat paling menarik di tahun 2021.