Ponsel Lipat Xiaomi Berikutnya Kembar “Galaxy Z Flip” – Ha, Serius?

Rumor panas dari calon ponsel lipat Xiaomi generasi berikutnya beredar. Gosipnya, desain ponsel ini sangat persis dengan Samsung Galaxy Z Flip!

Kalau kita membahas soal ponsel layar lipat, bisa dikatakan kalau Samsung lah pioneer-nya. Mereka berhasil menjadi vendor pertama yang meluncurkan ponsel layar lipat secara global, yakni lewat Samsung Galaxy Fold.

Meski sempat mengalami beberapa masalah di awal peluncurannya, akhirnya ponsel lipat bikinan Samsung mampu memantapkan posisinya, yakni sebagai ‘ponsel lipat yang patut diperhitungkan.’ Samsung pun mulai menelurkan ponsel-ponsel lipat generasi berikutnya, termasuk yang berbentuk clamshell, Samsung Galaxy Z Flip.

Kesuksesan Samsung tersebut mendorong perusahaan lain membuat kloningan ponsel yang serupa dengan mereka. Contohnya Huawei (Huawei MatePad) dan Xiaomi (Mi Mix Fold) yang desainnya mirip dengan Samsung Galaxy Fold.

Tak cukup sampai di situ ‘contek-menconteknya,’ Xiaomi gosipnya kembali meniru desain ponsel lipat Samsung. Kalau ponsel lipat pertama Xiaomi mirip Galaxy Fold, maka ponsel lipat Xiaomi generasi berikutnya bisa dibilang ‘hampir kembar’ dengan Galaxy Z Flip.

Gosip di atas berasal dari bukti yang beredar baru-baru ini. Bukti (gambar) di atas menunjukkan kalau Xiaomi tengah mengembangkan smartphone layar lipat model clamshell yang terlihat mirip Samsung Galaxy Z Flip.

Berdasarkan sketsa yang ditemukan di WIPO oleh 91mobiles, ponsel lipat Xiaomi yang misterius ini punya dua kamera menghadap ke belakang plus layar penutup super kecil (benar-benar seperti Galaxy Z Flip yang nggak dimodifikasi).

Walau konsepnya benar-benar identik dengan Galaxy Z Flip, tapi gambar yang ditemukan di WIPO belum tentu sesuai dengan hasil akhirnya nanti. Di sisi lain, bisa dibilang mungkin ini adalah cara bagi Xiaomi untuk melindungi kekayaan intelektualnya.

Gimana menurutmu?

%d blogger menyukai ini: