Sensor Samsung ISOCELL 200MP Hadir di Ponsel Tahun 2022

Samsung ISOCELL HP1 200mp
Anom Penulis

Pada bulan September 2021, Samsung mempublikasikan sensor kamera ponsel terbaru, ISOCELL HP1 200MP. Kalau kamu termasuk salah satu orang yang penasaran dengan sensor kamera ini, harap bersabar. Ada bocoran menyebutkan kalau sensor kamera “raksasa” ini akan hadir di ponsel pada tahun 2022.

Samsung ISOCELL HP1 merupakan sensor kamera dengan ukuran 1/1,22 inci. Sensor ini memiliki resolusi 200MP dengan ukuran pixel 0,64µm. ISOCELL HP1 mendukung pixel binning 2×2 (gambar 50MP dengan pixel 1,28µm) dan 4×4 (gambar 12,5MP dengan pixel 2,65µm) untuk sensitivitas lebih di kondisi cahaya redup.

Menurut Ice Universe, yang sering memberi bocoran, ponsel pertama yang memakai sensor Samsung ISOCELL HP1 ini adalah smartphone buatan Motorola. Rilisnya diperkirakan pada paruh pertama 2022. Lalu ada juga ponsel Xiaomi yang akan menggunakan sensor ini. Diperkirakan akan meluncur pada paruh kedua tahun 2022.

Selain itu, Ice Universe juga mengatakan kalau Samsung pun berniat meletakkan sensor kamera 200MP ini di ponsel mereka. Namun, belum ada informasi kapan tanggal rilisnya. Ia hanya menyebutkan “sebelum 2023.”

Ice Universe juga pernah memberikan bocoran soal kamera Samsung Galaxy S22 Ultra. Ponsel itu disebut masih akan memakai sensor kamera 108MP. Hm, jadi apakah sensor kamera 200MP ini akan hadir di ponsel Galaxy Fold4? Bagaimanapun, ponsel itu merupakan smartphone flagship Samsung yang kini rilis di pertengahan tahun (konon menggantikan seri Note).

Masalah ukuran sensor ini memang sering jadi perdebatan. Ada pihak yang lebih memilih mengunggulkan fotografi komputasional alias melalui algoritma pengolah gambar daripada sensor besar. Misalnya iPhone dari Apple.

Google yang terkenal dengan sistem fotografi komputasional di aplikasi kamera mereka sudah mulai menerapkan sensor besar 50MP di Pixel 6 Pro. Jadi gabungan antara sensor kamera besar dan fotografi komputasional nampaknya memang jadi solusi.

Yah, kita tunggu saja bagaimana para produsen smartphone ini memanfaatkan sensor kamera 200MP dari Samsung. Tapi sekali lagi, harap sabar.

    %d blogger menyukai ini: