Inilah Samsung ISOCELL HP1 “Sensor 200MP Mobile Pertama di Dunia”

Indri Penulis

Samsung resmi hadirkan sensor Samsung ISOCELL HP1 200MP, sensor 200MP mobile pertama di dunia. Ada juga sensor anyar ISOCELL GN5 50MP.

Samsung ISOCELL HP1 adalah sensor gambar 200MP pertama di industri denngan piksel 0,64μm. Sedangkan ISOCELL GN5 merupakan sensor gambar 50MP pertama yang mengadopsi pemfokusan ke semua arah Dual Pixel Pro, teknologi dengan fotodioda dalam satu piksel 1,0μm.

Buat kamu yang penasaran dengan keistimewaan dari masing-masing sensor anyar ini, kami bakal mengajakmu untuk mengupas tuntas mereka.

Samsung ISOCELL HP1 200MP

ISOCELL HP1 merupakan sensor gambar mobile pertama di industri yang mendukung 200MP. Sensor ini dibikin berdasarkan piksel tercanggih Samsung yang berukuran 0,64μm.

ISOCELL HP1 menghadirkan resolusi yang sangat tinggi dalam ukuran super mungil. Dengan sensor ini, gambar akan punya detail super tajam bahkan ketika di­-crop­ atau diubah ukurannya.

Sumber : Samsung

Gimana kinerja ISOCELL HP1 untuk aktivitas fotografi? Dalam aktivitas fotografi dalam cahaya rendah, sensor ini bakal menggunakan teknologi terbaru ChameleonCell. Dia adalah teknologi binning piksel yang menggunakan tata letak piksel 2×2, 4×4, atau penuh tergantung pada kondisi lingkungan.

Di tempat minim cahaya, ISOCELL HP1 bakal menjadi sensor gambar 12,5MP dengan piksel 2,56μm yang mampu menyerap lebih banyak cahaya dan sensitivitas. Hasilnya foto jadi lebih cerah dan jelas.

Nah kalau di outdoor beda jauh. Sensor ini mampu menghasilkan 200 juta piksel sensor dan bisa menangkap foto UHD di ponsel.

Terakhir untuk perekaman video. Sensor ini mampu merekam video 8K pada 30fps. HP1 menggabungkan 4 neighboring pixel untuk menurunkan resolusi menjadi 50MP, atau 8.192 x 6.144 untuk mengambil video 8K (7.680 x 4.320) tanpa perlu memotong/memperkecil resolusi gambar.

Samsung ISOCELL GN5 50MP

Sekarang kita lanjut ke sensor Samsung ISOCELL GN5 50MP. Dia adalah sensor gambar 1,0μm pertama di industri yang mengintegrasikan teknologi Dual Pixel Pro, untuk meningkatkan kemampuan fokus otomatis.

Sumber : Samsung

Menariknya Dual Pixel Pro menempatkan dua fotodioda terkecil di industri, ke dalam setiap piksel 1,0μm baik secara horizontal atau pun vertikal untuk mengenali perubahan pola ke segala arah.

Hasilnya gimana? GN5 super fleksibel karena dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam, baik di lingkungan terang atau pun rendah cahaya.

Satu lagi keunggulan dari ISOCELL GN5. Sensor ini ditenagai teknologi besutan Samsung yang bernama Front Deep Trench Isolation (FDTI) pada produk Dual Pixel untuk pertama kalinya di industri.

Teknologi FDTI memungkinkan setiap fotodioda menyerap dan menyimpan lebih banyak cahaya. Dia juga dapat meningkatkan kapasitas full-well capacity (FWC) dan mengurangi crosstalk dalam piksel.

Soal kapan debutnya, Samsung belum mengonfirmasinya. Tapi dulu sempat ada kabar kalau Samsung Galaxy S22 Ultra bakal pakai sensor 200MP, sedangkan Galaxy S22 dan S22+ bakal pakai sensor 50MP.

Mungkinkah yang bakal dipakai adalah kedua sensor anyar ini? Hm, tak yang tidak mungkin bukan?

    %d blogger menyukai ini: