Kamera Ponsel Sharp Aquos R6 Punya Sensor 1 Inci dan Lensa Leica

sharp aquos r6
gambar: Sharp

Sharp membuat kejutan. Mereka mengumumkan smartphone Sharp Aquos R6 yang punya sensor kamera sebesar 1 inci dan lensa hasil kerja sama dengan Leica.

Ya, ini memang sebuah kejutan. Karena sebelum ini Huawei-lah yang diduga meluncurkan ponsel dengan sensor kamera 1 inci pertama melalui seri P50. Siapa menduga Sharp yang mengumumkannya pertama kali?

Tidak hanya itu. Leica yang biasanya menjadi rekanan Huawei pun kini berkolaborasi dengan Sharp di ponsel ini. Cap “co-engineered with Leica” pun hadir di nama ponsel ini dalam promo. Tentunya juga tulisan Leica di modul kamera.

Kamera 1 Inci Sharp Aquos R6

Melihat spesifikasi kamera ponsel ini sangat menarik. Ada hal yang tidak kita duga hadir.

Pertama, hanya ada satu kamera di ponsel ini. Bayangkan, ponsel dengan satu kamera di tahun 2021. Sangat langka.

Kedua, tentu saja sensor kamera 1 inci itu sendiri. Saat ini mungkin yang paling mendekati ukuran ini adalah sensor kamera ponsel Xiaomi M11 Ultra dengan besar 1/1.12 inci.

kamera sharp aquos r6
gambar: Sharp

Ketiga, spesifikasi kamera 20MP dengan sensor 1 inci ini mirip dengan kamera saku canggih Sony RX100 IV. Lalu lensa Sumicron f/1.9 yang ada di ponsel ini juga masuk ke dalam jenis ultra-wide. Di samping itu, kamera ini juga ditemani lampu kilat LED dan sensor time-of-flight.

Spesifikasi Internal Juga Seru

Namun bukan dari sisi kamera saja ponsel ini menarik. Spesifikasi Sharp Aquos R6 juga seru karena memang ponsel ini termasuk flagship.

Hal pertama yang layak disebut di sini adalah layar Pro IGZO OLED 6,6 inci. Layar ini memiliki resolusi 2,730 x 1,260 dengan tingkat kecerahan maksimal 2000 nits dan mendukung refresh rate sampai 240Hz.

Kemudian, spesifikasi internal lain meliputi: Chipset Snapdragon 888, RAM LPDDR5 12GB, penyimpanan 128GB UFS 3.1, baterai 5000mAh, sensor sidik jari di layar, dan ada tombol khusus untuk Google Assistant.

Sayangnya, walau semua spesifikasi dan fitur Sharp Aquos R6 ini unik dan menggoda, ponsel ini baru tersedia di Jepang untuk sementara. Entah apa masuk Indonesia atau tidak. Agak meragukan karena situs Sharp Indonesia masih mencantumkan versi R3.

Silakan cek situs Sharp Jepang kalau pensaran.

%d blogger menyukai ini: