facial recognition

Apa Itu Kamera Time of Flight di Smartphone?

bukan info penerbangan ya, guys

Pada spesifikasi smartphone masa kini, sering kita membaca istilah sensor 3D kamera Time of Flight (ToF). Beberapa di antaranya adalah Huawei P30 Pro, Samsung Galaxy S10 5G, OPPO R17 Pro, Honor View 20, dan LG G8 ThinQ.

Namun apa sebenarnya teknologi kamera Time of Flight ini? Kenapa fitur ToF ada di kamera smartphone?

Apa itu Kamera Time of Flight?

Teknologi ini boleh diibaratkan seperti sonar. Tapi untuk cahaya. Kamera ToF akan memancarkan sinar infra merah ke obyek di depannya. Kemudian cahaya itu akan memantul kembali ke kamera.

Waktu yang dibutuhkan oleh cahaya untuk terpancar dan terpantul kembali ini kemudian diukur untuk menentukan jarak antara kamera dan permukaan obyek. Dengan begitu, kamera bisa memetakan permukaan tersebut, dan pada akhirnya bisa membentuk citra 3D berdasar informasi tersebut.

Tapi Apa Gunanya?

Berdasar definisi di atas, kamera ToF memiliki kemampuan memindai obyek, mendeteksi jarak, dan melacak gerak obyek. Kemampuan ini memungkinkan teknologi ini berkembang menjadi banyak fungsi.

Pada umumnya mungkin bisa bagi menjadi 3 hal. Pengenalan biometrik, fotografi, dan augmented reality.

Dengan kemampuan memetakan permukaan, ToF bisa mendeteksi kontur wajah. Pada akhirnya smartphone bisa mengenali wajah dengan lebih baik.

Di fotografi pun begitu. Kamera ToF bisa mendeteksi perbedaan jarak tiap obyek. Secara teori, ini membuat kamera bisa memisahkan obyek foto dengan latar. Dengan demikian, bisa menghasilkan efek bokeh yang lebih baik. Hal ini bisa juga berguna dalam mengoptimalkan setelan pencahayaan (dengan kamera AI) dan menentukan fokus kamera di kondisi cahaya rendah.

huawei portrait mode
Portrait mode (Foto: Huawei)

Untuk augmented reality, kegunaan praktisnya cukup banyak. Beberapa di antaranya adalah bisa untuk mengukur dimensi sebuah benda (panjang, lebar, tinggi), bisa membantu membentuk citra 3D lebih baik (seperti animoji, filter wajah, dll), dan bahkan bisa berguna untuk bermain game interaktif (mendeteksi gerak untuk kontrol).

Jadi memang fungsi teknologi ini sangat menarik.

Apakah ToF Teknologi Baru?

Lucunya, jawabannya adalah tidak. Sensor Time of Flight sudah cukup lama beredar di dunia teknologi.

Contoh paling mudah adalah penggunaanya di sensor perangkat Kinect generasi ke-2 dari Microsoft. Perangkat Kinect mampu membaca gerak gamer, untuk mengontrol gerakan di dalam game. Ketika itu, yang cukup populer adalah pemakaiannya dalam bermain game Fruit Ninja.

Walau begitu, kehadiran Time of Flight masih terhitung baru di kamera smartphone. Kehadiran teknologi ini membuka banyak kemungkinan di masa mendatang.

Seperti sudah disebut di atas, ada beberapa merk ponsel yang mulai memasang teknologi ini. Perusahaan seperti Vivo dan Samsung pun cukup gencar melakukan pengembangan.

Yah, proses adaptasi teknologi memang baru berjalan. Nanti ketika sudah cukup matang, bakal banyak hal seru terjadi. Eh, atau justru menyeramkan?

 

More Stories
Inilah Tempat-tempat yang Dapat Membahayakan Smartphone