Gila! Ponsel dengan Snapdragon 8 Gen 1 Bisa Dukung Pengisian 150W

Ada rumor baru soal chipset Snapdragon 8 Gen 1. Konon ponsel yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 akan mendukung pengisian hingga 150W.

Qualcomm baru-baru ini memang tengah diperbincangkan oleh banyak orang. Apalagi sejak beredar rumor soal perubahan skema penamaan chipset yang bakal mereka lakukan tahun ini.

Selama ini sudah tak terhitung berapa banyak chipset yang dibikin Qualcomm. Saking banyaknya, orang-orang sampai bingung membedakan chipset Qualcomm. Penamaan chipset Qualcomm pun dinilai terlalu tumpang tindih.

Nah dengar-dengar, Qualcomm bakal mengumumkan chipset anyar pada tanggal 30 November mendatang. Konon yang akan diumumkan adalah chipset flagship Snapdragon 8 Gen 1’ (atau yang sebelumnya sering disebut dengan Snapdragon 898).

Ada yang menarik nih soal calon chipset anyar tersebut. Baru-baru ini Digital Chat Station (dikutip dari GizmoChina) mengklaim di halaman Weibo-nya kalau beberapa ponsel yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 dapat menawarkan pengisian cepat 150W.

Sumber ; Digital Chat Station

Tapi Digital Chat Station menekankan kalau ponsel dengan pengisian 150W nggak akan hadir dalam waktu dekat. Qualcomm diprediksi baru akan memberikan dukungan untuk kecepatan pengisian 150W pada chip batch kedua yang dikirim akhir 2021 ini. Dengan begitu, dukungan ini bisa diimplementasikan pada ponsel yang diluncurkan di Q1 2022.

Bicara soal kecepatan pengisian 150W, kamu pasti penasaran kan, kira-kira sedahsyat apa kecepatan pengisian ini? Kecepatan 150W digadang-gadang akan mampu mengisi baterai dari 0% – 100% hanya dalam waktu 10 menit (kebayang nggak, kamu pasti makin betah main ponsel deh).

Di sisi lain, kecepatan pengisian hingga ratusan ‘W’ saat ini memang sudah bukan hal yang asing (yah walau pun masih jarang banget). Contohnya ada di Xiaomi Mi 10 Ultra yang hadir dengan dukungan pengisian 120W. Teknologi ini bisa mengisi daya baterai 4.500mAh dari 0% – 100% dalam waktu 23 menit.

Masalahnya, semakin tinggi kecepatan pengisian, konon akan membuat suhu ponsel cepat panas. Kalau ponsel yang pakai Snapdragon 8 Gen 1 benar-benar mendukung pengisian 150W, berarti mereka harus dibekali sistem pendingin yang lebih oke dong.

Lalu kira-kira harga ponselnya jadi tambah mahal nggak ya? Hm, gimana menurutmu?

%d blogger menyukai ini: