Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Inilah Fitur Seru yang Diprediksi Ada di iOS 15 dan iPadOS 15

Indri Penulis

Gosip terbaru mengatakan kalau Apple bersiap umumkan iOS 15 dan OS baru lainnya tahun ini. Inilah fitur yang diprediksi ada di iOS 15 dan OS lainnya nanti.

Sistem operasi iOS 14, iPadOS 14 dan OS Apple lainnya diumumkan pada 22 Juni 2020. Kemudian selang beberapa bulan setelahnya, atau tepatnya bulan September, iOS 14 sudah bisa diunduh bersamaan dengan rilisnya iPhone 12 Series.

Menurut laporan dari Bloomberg (via The Verge), Apple akan mengumumkan iOS 15 dan OS lainnya dalam acara WWDC tanggal 7 Juni mendatang.

Lebih lanjut, Bloomberg juga mengungkapkan beberapa detil mengenai fitur dan hal baru yang bisa diharapkan dari iOS 15, iPadOS 15, dll.

Prediksi Fitur iOS 15 dan OS Terbaru Apple Lainnya

Bloomberg memiliki beberapa detil tentang apa yang bisa diharapkan dari versi terbaru perangkat lunak Apple. Namun inilah poin terbesarnya:

Sumber Gambar : Zhuanlan Zhihu

Filter Notifikasi Berdasarkan Status Pengguna

Dari menu baru yang bisa diakses lewat Lock Screen dan Control Center, pengguna akan memiliki kontrol yang lebih rinci tentang bagaimana notifikasi ditampilkan (apakah mereka akan memutar suara atau tidak, misalnya).

Pengaturan notifikasi ini bisa disesuaikan dengan kegiatan si pengguna. Apakah mereka sedang dalam posisi mengemudi, tidur, di tempat kerja, atau saat pengguna mengaktifkan mode Do Not Disturb.

Pembaruan Layar Beranda iPad

Sesuai judulnya, pembaruan ini akan hadir ‘khusus’ untuk iPad. Ini akan menjadi pembaruan yang paling signifikan untuk Layar Utama / Home Screen iPad sejak pertama kali meluncurkan produk pada tahun 2010.

Pembaruan ini kabarnya akan mencakup kemampuan menambah widget (diperkenalkan di iOS tahun lalu). Sayangnya, Bloomberg tidak membeberkan detil yang lebih lanjut.

Baca Juga:  Desain Website iCloud Baru Lebih Keren, Pakai Sistem Widget Kayak di iPhone

Akses Cepat ke Data Privasi

Menu baru dilaporkan bakal memungkinkan pengguna melihat informasi apa saja yang dikumpulkan aplikasi tentang mereka. Kemungkinan, ini bakal memanfaatkan data yang sama, yang dipakai Apple untuk ‘label privasi’ baru (yang dikenalkan ke App Store Desember lalu).

Layar Kunci iOS yang Diperbarui

Pembaruan ini termasuk akses ke menu privasi yang ada di atas. Namun belum jelas, apakah akan datang perubahan lain atau tidak.

iMessage ‘Naik Kasta’ Jadi Media Sosial

Fitur-fitur baru akan membantu iMessage bersaing dengan WhatsApp. Tujuan akhirnya jelas, fitur-fitur anyar ini akan membuat iMessage naik kelas jadi media sosial. Namun Bloomberg mengatakan kalau ‘ini masih dalam tahap pengembangan awal’ dan mungkin diumumkan akhir tahun ini.

Pembaruan Kecil untuk macOS, watchOS dan tvOS

Apple juga dikabarkan bakal meluncurkan ‘desain ulang’ untuk macOS tahun lalu lewat Big Sur. Kalau benar cuma itu saja pembaruannya, mungkin tidak akan ada perubahan ‘menggemparkan’ dari OS tersebut.

Di sisi lain, ini adalah rumor pertama tentang iOS 15 dan OS baru lainnya, yang mungkin tidak terlalu mengejutkan. Filter notifikasi yang diperbarui dan akses ke data aplikasi adalah tambahan yang solid, namun bukan fitur yang menghebohkan.

Sedangkan memberikan iPadOS 15 widget yang sama dengan iOS perlu disambut baik. Tapi kelihatannya penambahan ini juga tak lantas menjadikan suatu perubahan besar.

Sementara itu, iOS 14.5 akan tiba minggu depan dengan menampilkan dukungan untuk pelacak item AirTag baru dari Apple, serta fitur podcast baru perusahaan.