Prediksi Media Sosial di Tahun 2020 Menurut Beberapa Ahli

Seperti apa kondisi media sosial di tahun 2020? Dari pada penasaran, yuk cek prediksi media sosial di tahun 2020 menurut para ahli.

Selama dekade ini, ada banyak media sosial yang telah diluncurkan. Beberapa media sosial seperti Instagram dan Facebook saat ini masih memimpin.

Menjelang pergantian tahun 2020, kira-kira media sosial mana yang akan mendominasi? Apa masih tetap pemain lama, atau justru muncul media sosial baru yang siap booming?

Nah, kali ini saya khusus membahas prediksi media sosial di tahun 2020. Prediksi-prediksi ini dikemukakan oleh beberapa ahli.

Lalu seperti apa prediksi dari para ahli tentang media sosial kedepan? Simak ulasannya berikut ini.

Sumber Gambar : Brand Spur

Prediksi Media Sosial di Tahun 2020

Battle Antara Facebook dan Instagram

Instagram dan Facebook sama-sama menyediakan layanan iklan ke dalam platform-nya. Nah, tentu kalian penasaran tentang siapa yang lebih unggul dalam hal pengeluaran iklan di 2020 bukan?

Baru-baru ini, Socialbakers mengeluarkan data analisis mereka. Data tersebut menunjukkan pebandingan pengeluaran iklan antara Facebook dan Instagram.

Selama 2019, brand hanya menghabiskan sepertiga dari total anggaran mereka ke Instagram. Sedangkan untuk Facebook, pengeluaran iklan dari platform tersebut berada di bawah Instagram.

Kemungkinan tahun 2020 akan terjadi persaingan sengit antara Facebook dan Instagram. Tidak menutup kemungkinan, kedua platform bakal mengeluarkan kebijakan baru tentang iklan. Tapi bagaimanapun, kedua media sosial ini berada di bawah bendera Facebook.

IGTV Akan Menjadi β€˜The Next TV’

Jenay Rose adalah seorang pakar bisnis dan profesional media sosial. Rose banyak membantu perempuan untuk menjadi seorang pengusaha online.

Di tahun 2020, Rose mengatakan jika tren media sosial akan beralih ke video. Jadi besar kemungkinan jika IGTV akan menjadi tren berikutnya.

β€œSaat ini ada dorongan untuk membuat konten pendidikan. Selain itu, mayoritas video yang viral saat ini berisi konten lucu dan bermakna. Jadi sepertinya, IGTV akan menjadi tren kedepan,” kata Rose.

Podcast Akan Semakin Menjamur

Di tahun 2020, Rose memprediksi jika podcast akan semakin menjamur. Masyarakat bisa menemukan lebih banyak saluran podcast dan mengunduhnya.

Hal ini tidak mengagetkan, mengingat podcast adalah cara terbaik untuk terhubung ke masyarakat. Podcast juga bisa menjadi sarana menyalurkan ide dan gagasan.

Tik Tok Akan Jadi Platform Media Sosial Besar Berikutnya

Secara teknis, Tik Tok adalah platform yang banyak digunakan orang dewasa dan remaja. Aplikasi ini rilis tahun 2016 dan terus mengalami peningkatan sampai sekarang.

Dilansir dari ByteDance, Tik Tok digunakan oleh lebih 500 juta pengguna di dunia setiap hari. Sementara itu, ada lebih dari satu juta video yang ditonton setiap harinya.

Di tahun 2020, kemungkinan Tik Tok akan masuk dalam jajaran media sosial terbesar. Selain itu, tidak menutup kemungkinan Tik Tok akan mulai dimanfaatkan untuk kegiatan pemasaran produk.

Perubahan Besar dalam Influencer Partnerships

November 2019, ada uji coba penghapusan β€˜like’ oleh Instagram. Perubahan ini mungkin akan memberi dampak positif untuk kesehatan mental pengguna.

Sedangkan untuk influencer, hal tersebut jelas sangat mempengaruhi mereka. Sebab seperti yang kita tahu, influencer selama ini memanfaatkan jumlah like untuk mendapat endorse.

Nah, di tahun 2020 para influencer sepertinya perlu mengatur ulang strategi. Sehingga upaya pemasaran yang mereka lakukan bisa kembali normal.

Rachel Ford, Presiden pemasaran konten Ford Media Lab menanggapi fenomena ini. Ford mengungkapkan bahwa influencer harus cepat beradaptasi dengan kebijakan ini.

Sementara itu, berbagai brand juga bisa ikut beradaptasi. Caranya yakni dengan mencari kemitraan yang lebih terintegrasi.

%d blogger menyukai ini: