6 Produk Dengan Nama Aneh Yang Bikin Ketawa Orang Indonesia

picard facepalm
Anom Penulis

Kalau kamu pikir nama produk dari luar negeri itu keren, silakan pikir ulang. Karena ada banyak produk dengan nama unik atau aneh yang tidak masuk akal. Baik dalam bahasa Inggris sendiri atau kalau dibaca dalam Bahasa Indonesia.

Sekedar untuk hiburan, di sini kami mengumpulkan beberapa produk luar negeri dengan nama yang akan lucu kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia. Ada yang sekedar janggal, tapi ada juga yang jorok.

Mungkin mereka memang tidak tahu artinya dalam Bahasa Indonesia. Mungkin juga sudah terlanjur karena awalnya merupakan produk lokal. Bisa juga mereka tidak peduli.

Tapi sekarang era internet, Bung. Semua orang bisa melihat. Jadi jangan salahkan kalau ada yang ketawa membaca nama lucu di produk milikmu.

Isetan

nama aneh toko isetan
Toko Isetan

Isetan adalah sebuah department store dari Jepang. Salah satu yang besar. Toko ini punya banyak cabang di seluruh dunia, termasuk di Asia Tenggara dan Eropa.

Dalam Bahasa Indonesia, nama Isetan bisa kita baca sebagai “iii… setaaan”. Yang tentu saja aneh kalau dipakai untuk nama toko. Masak mau nakut-nakutin?

Sekedar info, nama unik Isetan berasal dari singkatan nama awal toko ini, Iseya Tanji Drapery. ISEya TANji. Jadi ya memang tidak ada hubungannya dengan setan, hantu, atau demit lainnya.

Silit

nama produk aneh alat masak silit
Peralatan masak Silit

Siapa yang menduga akan ada alat masak dengan nama bagian tubuh yang paling jorok? Silit adalah merk produk peralatan masak buatan Jerman. Produk ini sudah beredar lama (sejak 1920) dan tersebar di seluruh dunia.

Saya tidak menemukan arti atau asal nama Silit untuk produk itu. Tapi nama Silit dalam bahasa Jawa berarti anus atau dubur. Yang jelas jadi nama lucu kalau dipakai sebagai alat masak.

“Kamu masak pakai apa?”
“Aku masak pakai Silit.”
????

Böker

pisau lipat boker

Böker adalah sebuah perusahaan asal Jerman. Perusahaan ini menghasilkan berbagai alat potong dan peralatan kerja lain. Perusahaan ini sudah berdiri cukup lama, yaitu sejak abad 17.

Supaya adil, pengucapan kata Böker adalah dengan huruf e seperti dalam kata “sepatu”, bukan seperti kata “lele”. Tapi untuk yang tidak tahu, yah cukup lucu. Karena kata itu bisa berarti “buang air besar”.

Tokai

berbagai merk tokai

Ah, kamu pasti sudah tahu merk ini. Tokai terkenal sebagai merk korek api gas di Indonesia. Tapi tahukah kamu kalau merk Tokai cukup populer? Ternyata ada produk lain yang menggunakan merk ini. Mulai dari alat musik (Tokai Gakki), ban, perusahaan manufaktur, prusahaan optik, dll.

Kalau dari bahasa Jepang, Tokai berarti ‘laut (bagian) timur’. Sedkit pencarian juga menghasilkan asal kata dari daerah Malabar di India, yang berarti ‘jambul burung merak’. Sayangnya, di percakapan sehari-hari dalam Bahasa Indonesia, Tokai berarti kotoran atau tai.

Untungnya, kita cukup jarang menyebut produk yang bersangkutan dengan nama merk. Kalau iya, hehehe…..

Pelèr

nama deodoran dan restoran peler

Ahem, nama ini juga cukup banyak dipakai. Nama Pelèr dipakai untuk produk kecantikan (dari merk Terre del Garda). Selain itu, nama ini juga di pakai di beberapa kafe dan restoran. Misalnya Café Pelèr di Hotel Du Lac di Italia, dan Restaurant Pelèr di Astoria Park Hotel di Riva Del Garda, Italia.

Dari sedikit pencarian, kelihatannya istilah Pelèr berhubungan dengan nama angin. Kalau tidak salah ‘angin utara’ (northern morning wind) yang berhembus di Danau Garda pada bulan Juni sampai Desember. Sedangkan kalau dalam percakapan sehari-hari Bahasa Indonesia, artinya adalah kemaluan laki-laki (kalau KBBI: pelir).

Bayangkan kalau kita menyebut parfum dengan nama ini. “Biar wangi, disemprot pakai Pelèr”. ????

Memex

memex sebuah ekstensi browser dengan nama unik

Memex adalah sebuah ekstensi browser yang membantu kamu mencari kata dari semua website yang pernah kamu kunjungi. Misalnya kamu pernah membaca artikel tentang ekstensi speed dial Chrome dan kamu ingin memasangnya, kamu tinggal mencari dan Memex mengeluarkan hasilnya.

Nama unik memex ini bisa berarti ‘secara acak’ atau bisa juga gabungan dari kata memory dan index. Dalam Bahasa Indonesia sehari-hari, memek berarti kemaluan perempuan. Jelas aneh kalau dipakai sebagai kalimat (lihat saja paragraf di atas). Yang menarik, kata memek menurut KBBI berarti merengek-rengek.

Itulah beberapa produk dengan nama unik atau aneh. Apa ada yang lain? Kalau ada, silakan sebut di komentar. Nanti akan kami tambahkan dalam daftar di atas.

    %d blogger menyukai ini: