Terkonfirmasi! Produksi Mobil Pertama Xiaomi Dimulai Tahun 2024

CEO Xiaomi resmi mengonfirmasi kapan produksi mobil pertama Xiaomi bakal dilakukan. Xiaomi bakal memproduksi mobil pertamanya tahun 2024.

Berbagai perusahaan teknologi yang selama ini kita kenal sebagai vendor smartphone, perlahan tapi pasti mulai melebarkan sayap ke industri lain yang lebih menantang, yakni industri otomotif.

Mulai dari Apple yang kabarnya mau bikin mobil listrik pada tahun 2024. Rivalnya, Huawei gosipnya juga ingin ikut bikin mobil listrik akhir tahun ini.

Raksasa teknologi asal Tiongkok, Xiaomi rupanya nggak mau kalah. Xiaomi yang selama ini terkenal sebagai vendor smartphone murah, siap terjun ke industri otomotif pada tahun 2024.

Awalnya Xiaomi mengumumkan mau bikin mobil listrik pada bulan Maret lalu. Berbarengan dengan itu, Xiaomi juga turut mengumumkan anak perusahaannya yang bakal menangani pembuatan mobil listrik.

Baru-baru ini dalam pertemuan investor, CEO Xiaomi mengonfirmasi bahwa produksi kendaraan listriknya akan tetap berjalan sesuai rencana. Bahkan Lei Jun optimis kalau produksi massal mobil tersebut akan dapat dimulai pada paruh pertama tahun 2024.

produksi mobil xiaomi
Sumber : GSMArena

Di sisi lain, Xiaomi sepertinya benar-benar nggak mau menunda rencananya dalam terjun ke dunia otomotif. Nggak beberapa lama setelah mengumumkan anak perusahaan mobil listriknya, di bulan Agustus 2021, Xiaomi langsung menyelesaikan pendaftaran lengan EV-nya.

Nggak hanya itu, Xiaomi kabarnya juga berencana menginvestasikan $10 miliar untuk bisnis otomotif sepuluh tahun ke depan.

Xiaomi juga telah berhasil mengakui DeepMotion, sebuah perusahaan yang bekerja pada teknologi self-driving. Xiaomi bahkan sudah mulai mempekerjakan karyawan untuk bisnis barunya itu.

Sayangnya sampai sekarang belum jelas, apakah Xiaomi berencana untuk memproduksi mobilnya sendiri, atau melempar proses produksinya ke perusahaan pihak ketiga (kemungkinan perusahaan mobil yang sudah ada saat ini).

Apa pun hasilnya, pasti bakal seru deh. Kalau biasanya kita nonton persaingan sengit antar smartphone, beberapa tahun lagi kita bakal lihat betapa panasnya persaingan mobil listrik bikinan vendor smartphone.

%d blogger menyukai ini: