Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

RUMOR! Apple Ingin Buat Mobil Pertamanya di Tahun 2024

Indri Penulis

Setelah rencana sebelumnya tidak terealisasikan, kini Apple diterpa rumor akan kembali buat mobil pertamanya beberapa tahun lagi.

Kabar soal Apple mau bikin mobil bukan berita baru. Rumor ini awalnya muncul pertama kali di tahun 2015. Namun di tahun 2016, proyek pengembangan mobil dibatalkan secara penuh oleh perusahaan.

popculture.id

Sebagai gantinya, perusahaan lebih fokus ke perangkat lunak yang dilisensikan ke produsen mobil. Kabarnya karena hal itu, ada sekitar 200 orang dari tim pengembangan mobil yang diberhentikan lho.

Seolah masih berambisi, tahun ini ada rumor yang mengabarkan jika Apple akan memproduksi mobil pertamanya. Lalu kapan itu?

Apple Mau Buat Mobil, Kapan?

Dikutip dari Reuters, Apple akan mulai memproduksi kendaraan pertamanya pada tahun 2024. Namun jika masih terkendala pandemi, produksi mungkin akan diundur sampai tahun 2025 atau lebih.

Sumber Gambar : The Atlantic

Reuters juga mengatakan jika perusahaan kemungkinan akan mengandalkan pihak ketiga untuk menyediakan beberapa komponen teknologi swakemudi (memungkinkan mobil tanpa pengemudi). Termasuk sistem LIDAR-nya.

Bukan hanya itu, teknologi baterai yang akan dipakai Apple ke mobilnya kabarnya mengandalkan desain ‘monocell.’ Teknologi ini memungkinkan baterai mendapatkan lebih banyak kapasitas daya, tanpa perlu membaginya menjadi sel terpisah.

Reuters menyebutkan jika hal tersebut bisa membuat baterai lebih awet. Apple pun dapat menghemat biaya produksi nantinya.

Di sisi lain, sampai sekarang belum ada tanggapan apa pun dari pihak Apple. Tapi kalau mereka benar-benar ingin memproduksi mobil tanpa kemudi, mereka mungkin harus menghadapi kendala regulasi sebelum dapat diluncurkan.

Sementara dari sumber lain yakni analis handal Apple, Ming-Chi Kuo (via The Verge) memprediksi jika peluncuran mobil bisa terjadi antara kurun waktu 2023 – 2025.

Yah, semoga saja Apple segera mengkonfirmasi rumor ini. Sebab saya juga penasaran, kira-kira bakal seperti apa mobil buatan Apple dan berapa harga yang akan mereka bandrol nantinya. Hehehe.

    %d blogger menyukai ini: