Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Bye! Program YouTube Original Resmi Dihentikan

Indri Penulis

Bagi pengguna YouTube Premium, pasti kamu nggak asing lagi dengan YouTube Original. Progam itu menayangkan berbagai film atau serial asli bikinan YouTube. Tapi, setelah berjalan selama 6 tahun, kini program YouTube Original resmi dihentikan.

Awalnya, program tersebut memang hanya bisa dinikmati oleh pelanggan YouTube Premium. Namun di tahun 2020, YouTube mulai menggratiskan YouTube Original. Jadi semua tayangan yang ada di dalamnya bisa ditonton oleh semua orang, baik pelanggan YouTube Premium atau gratisan.

popculture.id

Sayangnya umur YouTube Original harus sampai di sini saja. Pasalnya mulai hari ini, program tersebut resmi dihentikan oleh Google.

Kabar penghentian program itu diumumkan langsung oleh Chief Business Officer YouTube, Robert Kyncl, lewat cuitan di akun Twitter-nya.

Nggak cuma itu, pengumuman ini juga disampaikan Ribert berbarengan dengan mundurnya YouTube Global Originals Head, Susanne Daniels, dari YouTube pada tanggal 1 Maret 2022 nanti.

Sebenarnya sampai sekarang belum ada penjelasan pasti kenapa program itu sampai dihentikan. YouTube cuma bilang kalau mereka akan mengalihkan sumber daya dari program itu ke sektor lainnya.

Lebih lanjut, Robert juga mengatakan bahwa pihaknya (YouTube) saat ini mencoba mengalihkan dana (yang sebelumnya dipakai untuk YouTube Original) ke sektor lain. Salah satunya yakni untuk lebih memberdayakan konten kreator yang tergabung dalam YouTube Partner Program.

Saat ini dana yang kami miliki dapat disalurkan dan akan berdambak besar kepada lebih banyak konten kreator, serta berbagai proyek di dalamnya,” kata Robert.

Robert juga menjelaskan jika pihaknya akan tetap membayar konten kreator yang sudah tergabung dalam berbagai acara di bawah naungan YouTube Original sebelumnya. Sistem pembayaran akan langsung disampaikan kepada masing-masing pihak yang terlibat dalam beberapa hari mendatang.

Fyi, YouTube Original tentu telah memberikan banyak kenangan buat penggemarnya. Program ini pertama kali hadir pada tahun 2016, dan awalnya dibikin untuk menyaingin beberapa platform streaming populer sekelas Netflix, Amazon Prime, maupun platform video on demand lainnya.

Sayangnya sejak tahun 2018, YouTube mulai menghentikan penayangan beberapa konten andalannya. Katakanlah seperti “Cobra Kai” yang sekarang justru ada di Neflix, “Step Up” yang akhirnya dibeli oleh Starz, dan masih banyak lagi konten YouTube Original yang akhirnya hijrah ke platform streaming lain.

Kemudian setelah itu, YouTube mulai sering menayangkan konten-konten berbau dokumenter (dibuat tanpa naskah) dari 3 kategori berbeda yakni musik, selebritas dan video yang dibikin konten kreator YouTube.

Hm sebenarnya agak sayang juga kalau program ini dihapus. Tapi mungkin YouTube Original sudah nggak mampu menahan gempuran dari berbagai raksasa streaming sekelas Netflix, Disney+ Hotstar, dll.

Contohnya Netflix. Di tahun 2021 saja, platform streaming ini mengalami lonjakan pemakaian yang sangat signifikan. Apalagi sejak Netflix menginvestasikan banyak dana buat pembuatan drama Korea. Mayoritas penggemar drakor langsung hijrah ke Netflix buat nonton tayangan favorit mereka.

Walaupun semua konten YouTube Original sudah digratiskan, namun tayangan-tayangan mereka rasanya masih kalah jauh dengan yang disajikan Netflix, Disney+ Hotstar, atau platform streaming film lainnya. Jadi rasanya masuk akal kalau program ini akhirnya dihapus.

Gimana menurutmu? Kira-kira ada nggak tayangan yang pernah bikin kamu terkesan?

    %d blogger menyukai ini: