Apple Akan Rilis Mac Dengan Prosesor Buatan Sendiri Seperti iPhone

foto: Ash Edmonds
Anom Penulis

Apple disebut akan merilis komputer Mac dengan prosesor yang mereka kembangkan sendiri. Prosesor itu akan berbasis ARM seperti yang ada di iPhone dan iPad.

Kabar ini datang dari Bloomberg. Mereka menyatakan bahwa Apple sedang mengembangkan system on chips (SoC) berdasar prosesor A14 yang akan ada di iPhone mendatang. Hal ini menguatkan apa yang pernah dinyatakan oleh analis spesialis Apple, Ming-Chi Kuo.

Sumber mereka menyatakan kalau paling tidak akan ada satu komputer Mac yang akan menggunakan SoC buatan Apple ini di tahun 2021. Walau begitu, Apple tidak hanya mengembangkan satu jenis saja. Proyek ini disebut dengan nama kode Kalamata.

Prosesor dengan Arsitektur 5nm

Sumber tersebut juga mengatakan kalau prosesor baru ini akan dibangun berdasarkan arsitektur 5 nanometer. Arsitektur ini sama seperti yang akan dipakai di iPhone dan iPad Pro mendatang.

Artinya, Apple akan lebih mengoptimalkan SoC tersebut sesuai dengan komputer Mac beserta sistem operasi macOS. Sama seperti Apple membuat chipset di iPhone (saat ini yang dipakai adalah A13 Bionic). Seperti kita ketahui, kekuatan prosesor itu belum terkalahkan di antara smartphone lain. Apple tentu berharap hal yang sama bisa terjadi di Mac.

chipset iPhone 11, 11 Pro/Pro Max, dan iPhone SE (2020)

Prosesor buatan Apple yang pertama disebut akan memiliki 8 core berkemampuan tinggi (dengan nama kode Firestorm) dan memiliki 4 core hemat energi (dengan nama kode Icestorm). Sehingga total ada 12 core. Namun, Apple disebut ingin mengembangkan lebih dari 12 core.

Chipset rancangan Apple ini akan memakai teknologi dari ARM. Sama seperti prosesor perangkat bergerak lain, misalnya dari Qualcomm dan chipset di iPhone.

Investasi Masa Depan Apple

Karena itu, performa komputer Mac yang memakai SoC ini tidak akan se-powerful Macbook Pro, iMac, atau komputer desktop Mac Pro saat ini yang berbasis prosesor Intel. Paling tidak dalam beberapa tahun ke depan. Tapi, Apple kelihatannya berinvestasi untuk masa depan.

Macbook Pro 2019 (foto: Laptop Mag)

Bagaimanapun, chipset merupakan suatu hal yang kompleks. Komponen ini tidak hanya akan mempengaruhi perangkat keras saja, tapi juga perangkat lunak alias sistem operasi dan aplikasi. Jadi, seluruh ekosistem akan terpengaruh.

Di sisi lain, kalau berhasil, hasilnya akan luar biasa. Sekali lagi, lihat apa yang terjadi dengan iPhone. Tidak sedikit yang berusaha mengikuti jejak Apple, termasuk Google yang juga membuat prosesor sendiri.

Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya….

    %d blogger menyukai ini: