Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Prosesor Mobile Intel Core Generasi 13 Diumumkan di CES 2023

prosesor intel core
Anom Penulis

Intel mengumumkan prosesor mobile generasi terbaru berbasis Raptor Lake di CES 2023. Prosesor mobile Intel Core Generasi 13 ini hadir dalam berbagai lini, termasuk varian Core i9-13980HX sebagai yang paling powerful dan ditujukan untuk laptop gaming mendatang.

Secara total, ada 32 seri prosesor mobile Intel Core generasi terbaru, yang meliputi lini i9, i7, dan i5. Lalu selain varian Intel Core seri HX, ada pula seri H, seri U, dan seri P yang ditujukan untuk laptop mainstream.

Prosesor Intel Core terbaru juga mendukung platform Intel Evo, yang memiliki performa tinggi namun juga diimbangi dengan pemakaian daya yang efisien. Dengan begitu menjanjikan baterai yang lebih awet dalam penggunaan sehari-hari.

varian seri prosesor intel core generasi 13

Intel Core Generasi 13 seri HX merupakan prosesor mobile pertama di dunia yang memiliki 24-core. Intel mengklaim bahwa prosesor Intel Core i9-13980HX merupakan “prosesor mobile tercepat di dunia.”

Jumlah performance core (P-core) di seri HX generasi ini masih sama dengan di generasi ke-12, yaitu 8. Namun menggandakan jumlah eficiency core (E-core) di dalamnya, menjadi 16.

Prosesor seri HX ini juga dirancang dengan daya 55W dan siap dipasangkan bersama GPU diskrit terbaru saat ini. Termasuk mendukung kapasitas RAm sampai 128GB! Tentunya untuk keperluan kinerja tinggi dan gaming.

fitur intel core gen 13 seri hx

Di sisi lain, prosesor Intel Core Generasi 13 seri H, P, dan U memiliki sampai 14 core, dengan 6 core performa dan 8 core efisiensi. Ketiga seri prosesor ini lebih ditujukan untuk laptop mainstream, seperti untuk content creator, gaming, dan multitasking dalam skala lebih ringan.

Walau begitu, perlu diketahui kalau seri H juga masih terhitung memiliki performa tinggi. Sedangkan seri P ditujukan untuk laptop tipis dan seri U ditujukan untuk laptop ultra tipis.

Baca Juga:  Bocoran Prosesor Desktop Intel Gen-13 Dukung Hingga 24 Core & Cache 36MB
fitur intel core generasi 13 seri h p u

Di samping masalah core, prosesor mobile Intel generasi terbaru ini juga akan mendukung berbagai fitur canggih masa kini. Seperti dukungan Thunderbolt 4 (baik Display Port 2.1 maupun USB 3.2), WiFi 6E dan Bluetooth LE Audio.

Selain itu, prosesor ini juga mendukung teknologi AI, seperti Intel Gaussian and Neural Accelerator (GNU). Teknologi AI ini akan membantu pengenalan ucapan yang lebih cepat, seperti untuk teks terjemahan otomatis saat melakukan konferensi video.

Bersama pengumuman prosesor mobile Intel Core Generasi 13 ini, Intel juga mengumumkan variasi lain prosesor desktop, yaitu dengan daya 35W dan 65W. Lalu ada pula prosesor Intel seri N untuk laptop entry level.

Jadi pada tahun ini kita bisa berharap kehadiran berbagai laptop baru yang memakai berbagai seri prosesor Intel generasi terbaru ini. Kita tunggu saja pengumuman dari berbagai produsen laptop ternama itu.