Penampakan Prototipe Komputer Macintosh Classic dengan Bodi Transparan

Anom Penulis

Foto-foto komputer Macintosh Classic dengan bodi transparan muncul di internet. Kalau saat ini bodi transparan terdengar seperti gimmick, ternyata ada fungsi khusus dari bodi transparan itu.

Penampakan Macintosh Classic berbagai sisi itu hadir berkat akun @DongleBookPro di Twitter. Di foto itu kita bisa melihat komponen di bagian dalam komputer dengan cukup jelas.

Dari stiker di bagian belakang komputer, nampak penjelasan kalau Macintosh Classic dengan bodi transparan ini hanyalah untuk keperluan proses pengembangan.

Sebuah penjelasan lain datang dari balasan oleh pengguna lain di percakapan Twitter itu. Disebutkan kalau bodi transparan berfungsi untuk aliran udara dengan meniupkan asap ke dalam bodi komputer.

Sehingga selain bisa melihat bagaimana peletakkan berbagai komponen di dalam, para teknisi juga mengetahui bagaimana proses pendinginan bisa berjalan lebih baik.

Yang tidak kalah menarik adalah adanya tulisan di salah satu foto yang menyebutkan kalau prototipe ini dibuat di Singapura. Tulisan itu nampak dalam bentuk terbalik di bagian depan, di sebelah slot floppy disk.

Selain foto-foto itu, kamu juga bisa melihat foto prototipe dari versi sebelumnya. Pengguna Twitter @jimmyg yang mengunggahnya.

Foto ini menunjukkan bentuk yang lebih kotak, tanpa lekukan. Perbedaan lainyang terlihat adalah bentuk kotak slot floppy disk di bagian depan.

Apple mengembangkan komputer Macintosh Classic dan merilisnya pada tahun 1990. Komputer ini memakai CPU Motorola 68000 8MHz dan memiliki layar monokrom sebesar 9 inci.

Walau komputer dengan bodi transparan ini memang berfungsi untuk kepentingan pengembangan, namun harus kita akui kalau penampilannya unik. Tidak heran berbagai produsen PC game menawarkan bodi transparan dengan lampu RGB yang riuh. Lalu ada pula produsen smartphone menawarkan desain seperti itu, seperti Xiaomi dan HTC.

    %d blogger menyukai ini: