Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Dengan Proyek Latte, Microsoft Coba Kembali Aplikasi Android di Windows 10

Anom Penulis

Setelah dulu gagal di Proyek Astoria, Microsoft kembali mencoba membawa aplikasi Android di Windows 10 dengan “Proyek Latte”.

Microsoft yang sekarang memang berbeda dengan dulu. Kini Microsoft kelihatannya membuka tangan lebar-lebar terhadap segala sistem operasi, termasuk aplikasinya.

popculture.id

Salah satu contohnya adalah dukungan ‘Windows Subsystem fot Linux’. Subsistem ini memungkinkan pengembag menjalankan GNU/Linux di Windows. Tanpa termodifikasi, tanpa melalui virtual machine atau dual-boot setup.

Microsoft dan Android

Menengok ke belakang, dulu Microsoft pernah mencoba hal yang mirip di era ketika Windows 10 Mobile masih ada. Ya, itulah Proyek Astoria. Namun hasilnya jauh dari memuaskan dan proyek itu pun tutup.

Saat ini pengguna smartphone Samsung pun sebenarnya sudah bisa membuka aplikasi Android di komputer Windows. Aplikasi Android itu akan berjalan melalui aplikasi ‘Your Phone‘. Selain itu, smartphone lain juga bisa mengakses beberapa aplikasi dari komputer Windows, seperti Pesan dan Galeri.

Di samping aplikasi ‘Your Phone’, Microsoft juga membuat Launcher yang terikat erat dengan Office dan berbagai aplikasinya. Yah, apalagi Microsoft juga sudah punya ponsel Surface Duo yang menjalankan sistem operasi Android.

Proyek Latte

Windows Central melaporkan bahwa usaha Microsoft mendekati Android belum berhenti. Usaha terbaru Microsoft membawa aplikasi Android ke Windows 10 adalah ‘Proyek Latte’.

Menurut dugaan mereka, Microsoft akan memanfaatkan ‘Windows Subsystem for Linux’ untuk membawa aplikasi Android tersebut. Mungkin akan ada subsistem tersendiri untuk Android berdasar subsistem untuk Linux itu.

Tapi tentu saja, kalaupun hal itu berhasil, Windows 10 tetap tidak akan mendapat Play Store untuk mengunduh dan update aplikasi. Bagaimanapun Play Store hanya boleh hadir di perangkat Android dan ChromeOS.

Pertanyaan dari sisi konsumen adalah apa saja aplikasi Android yang akan berguna dibuka di Windows. Kemungkinan terbesar adalah akses ke fitur aplikasi yang hanya hadir di smartphone. Misalnya posting ke aplikasi Instagram.

Windows Central menyebutkan kalau Microsoft kemungkinan besar mengumumkan proyek ini di awal tahun 2021. Yah, kecuali kalau Microsoft kembali menggagalkan ‘Proyek Latte’ dan batal membawa aplikasi Android secara umum di Windows 10.

    %d blogger menyukai ini: