PS5 vs Xbox Series X, Hm.. Pilih yang Mana ya?

Bingung ingin membeli konsol game PS5 atau Xbox Series X? Jangan khawatir. Kalian bisa baca dulu perbandingan PS5 vs Xbox Series X di sini.

Akhirnya setelah lama ditunggu, PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series X resmi dijual ke seluruh dunia. Dua konsol terbaru ini disebut-sebut menjadi rival satu sama lain.

Bukan tanpa alasan. Mengingat dari segi harga atau spesifikasi, kedunya memang tidak jauh berbeda. Makanya tidak heran jika beberapa orang merasa bingung membeli PS5 atau Xbox Series X.

Agar tidak bingung, saya akan memberikan perbandingan antara PS5 vs Xbox Series X. Kalian bisa melihat perbandingan spesifikasi, performa sampai harga dari kedua konsol.

Perbandingan PS5 vs Xbox Series X

Spesifikasi

Xbox Series XPlayStation 5
CPUOcta-core AMD Zen 2, 3.8GHz (3.6GHz dengan SMT)Octa-core AMD Zen 2, kecepatan clock 3.5GHz
GPUKecepatan clock 1,825GHz, 12 TFLOPS, 52 unit komputasiKecepatan clock 2.23GHz (frekuensi variabel), 36 unit komputasi, 10.28 TFLOP
Penyimpanan16 GB GDDR6 320 bit16 GB GDDR6 256-bit
Dukungan Resolusi4K pada 120Hz, hingga 8K4K pada 120Hz, hingga 8K
Penyimpanan InternalSSD NVMe 1TBSSD 825 GB
Perluasan PenyimpananKartu ekspansi 1TBSlot NVMe SSD
Penyimpanan EksternalDukungan HDD eksternal USB 3.2Dukungan USB HDD
Optic DiskDrive Blu-ray 4K UHDDrive Blu-ray 4K UHD
Port3x Port USB Tipe-A Slot SSD Eksternal (Proprietary), Ethernet, HDMI 2.13x Port USB Tipe-A Port USB Type-C, Ethernet, HDMI 2.1
Ukuran301mm x 151mm x 151mm390mm x 104mm x 260mm
Bobot4.45kg4,5kg
Harga$ 499– $ 499
– $ 399 untuk Digital Edition

Performa

Xbox Series X memakai CPU khusus dari AMD yang dibuat dengan arsitektur Zen 2 7nm. CPU ini mencakup 8 core dan 16 thread. CPU ini hadir dengan kecepatan dasar 3.6GHz, dan kecepatan punck 3.8GHz.

Sedangkan GPU-nya hadir dengan kecepatan clock tetap sebesar 1,825GHz. GPU ini memadukan 3328-shader dan 52-unit komputasi, untuk menghasilkan kinerja komputasi 12-teraflops.

PS5 ditenagai chipset AMD custom-made dengan arsitektur Zen 2. Prosesor ini memiliki konfigurasi octa-core dengan kecepatan clock CPU 3.5GHz.

Konsol ini menggunakan GPU dengan 35 unit komputasi dan menghasilkan kinerja 10,28 teraflops. Kinerja GPU memang ada di bawah Xbox Series X. Tapi PS5 memiliki kecepatan clock lebih tinggi yakni mencapai 2.23GHz.

Microsoft Xbox Series X
Xbox Series X – Sumber Gambar: Microsoft

Penyimpanan

Xbox Series X dibekali RAM GDDR6 16GB. Membuatnya lebih besar dibanding Xbox One X (GDDR5 12GB). Sedangkan PS5 dilengkapi RAM DDR6 berukuran 16GB.

Kedua konsol ini mendukung penyimpanan SSD. Xbox Series X menggunakan SSD NVMe 1TB yang cepat dan bisa ditingkatkan. Selain itu, kalian juga bisa memakai SSD ini sebagai RAM virtual.

Beralih ke PS5, Sony memang lebih menekankan pada penyimpanan SSD. Konsol ini menyajikan SSD 825GB yang dibuat khusus dengan klaim troughput hingga 5,5GB/s. Membuat waktu muat game bisa berjalan super cepat.

Kalau dari segi ukuran, SSD Xbox Series X memang lebih besar. Apalagi jumlah penyimpanan SSD bisa ditingkatkan. Berbeda dengan PS5 yang belum mendukung fitur itu. Tapi jangan khawatir, Sony mengatakan jika mereka akan menambah opsi SSD berbasis NVMe dalam waktu dekat kok.

Resolusi

Xbox Series X memiliki kemampuan menghadirkan resolusi 4K. Konsol ini juga bisa memberikan pengalaman bermain game 120Hz (bisa mencapai 8K) dengan refresh rate lebih rendah.

Lebih lanjut, Xbox Series X menghadirkan HDMI 2.1, Auto Low Latency Mode (ALLM), Variable Refresh Rate (VRR), serta kemampuan untk menurunkan resolusi ke 1440p jika kalian suka main game lewat TV.

PlayStation 5 tidak jauh beda dengan pesaingnya. Konsol ini mampu menjalankan game di resolusi 8K dan 4K (120Hz), serta memiliki HDMI 2.1.

PlayStation 5 – Sumber Gambar : Sony

Kompatibilitas Game

Untuk Xbox Series X, konsol ini bisa menjalankan game Xbox One, serta bisa mamainkan lebih dari 600 judul game Xbox 360 dan Xbox lewat Game Pass. Game lama juga bisa berjalan lebih baik dengan dua kali lipat frekuensi gambar, serta dukungan HDR untuk judul tertentu.

Sedangkan di PS5, Sony mengklaim jika PS5 bisa memainkan 99% game PS4. Rumornya, Sony juga akan menghadirkan judul PS1, PS2 dan PS3 ke PS5 lewat virtual machine emulation. Tapi kabar ini belum dikonfirmasi oleh Sony.

Harga

Kedua konsol ini dibanderol dengan harga sama yakni $499. Tapi jika melihat spesifikasinya, tampaknya Xbox sedikit lebih unggul dibandingkan PS5. Walau begitu, bukan berarti Microsoft memiliki konsol yang lebih baik.

Setiap konsol memiliki keunggulannya masing-masing. Contohnya Xbox Series X. Konsol ini menawarkan layanan yang lebih mudah diakses dan digunakan. Sedangkan game eksklusif yang ada di Xbox Series X beberapa di antaranya adalah Forza Horizon 4, Grounded, Gear 5, dll.

Sedangkan PS5 punya varian Digital Edition yang lebih murah. Selain itu, kalian bisa merasakan game eksklusif seperti Marvel’s Spider-Man: Miles Morales, God of War: Ragnarok, Gran Turismo 7, Sackboy: A Big Adventure, dll, di PS5.

%d blogger menyukai ini: