Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Qualcomm Umumkan Modem Snapdragon X60 untuk Ponsel 5G Unggulan

Indri Penulis

Qualcomm telah mengumumkan modem baru bernama Snapdragon X60. Modem ini nantinya akan dipakai oleh smartphone 5G unggulan.

Tidak terasa sudah satu tahun setelah perilisan modem Snapdragon X55 ya. X55 merupakan modem 5G generasi ke-2, yang mendukung koneksi multi-mode dari 5G sampai 2G.

popculture.id

Tepat setahun, Qualcomm akhirnya mengumumkan penerus Snapdragon X55. Beberapa waktu lalu, perusahaan telah mengumumkan modem 5G baru bernama Snapdragon X60.

X60 adalah modem-RF 5G ketiga dari Qualcomm. Kabarnya, modem ini nantinya akan dipakai oleh smartphone 5G unggulan. Benar kah begitu?

Sumber Gambar : XDA-Developers

Seperti Apa Kehebatan Snapdragon X60?

X60 mempunyai baseband 5nm pertama di dunia. Qualcomm sebenarnya tidak mengumumkan siapa yang membuat modem ini. Tapi kemungkinan X60 diproduksi oleh TSMC dengan proses FinFET 5nm miliknya.

Lalu apa kehebatan baseband 5nm dari pada yang lain? Baseband 5nm dapat menghasilkan peningkatan efisiensi daya dalam desain yang lebih kecil.

Selain itu, X60 adalah modem-RF 5G pertama di dunia yang mendukung agregasi spektrum di semua jaringan 5G. Itu semua termasuk mmWafe dan sub-6GHz 5G.

Modem ini dirancang untuk mempercepat transisi jaringan ke mode 5G yang bisa berdiri sendiri. Seperti yang kita tahu, semua jaringan 5G sampai sekarang masih menggunakan mode non-stand alone (NSA).

Itu artinya, mereka masih butuh jaringan LTE untuk mendapatkan tautan data 5G. Padahal, jaringan 5G akan segera beralih ke mode SA. Jadi mereka bisa beroperasi secara independen tanpa LTE.

Sumber Gambar : XDA-Developers

Di sisi lain, X60 juga menghadirkan dukungan 5G Voice over NR (VoNR). VoNR adalah penerus dari VoLTE. Dukungan ini bakal memungkinkan kalian melakukan panggilan lewat jaringan 5G.

X60 juga dibekali modul antena Qualcomm QTM535 mmWave baru. Ini adalah modul antena 5G mmWave generasi ke-3 dari Qualcomm.

Modul ini punya dukungan untuk band 26 / 28 / 39GHz. Di X60, modul ini akan mencegah sinyal terblokir secara tidak sengaja. Misal terhalang oleh tangan pengguna, bangunan, hingga pohon.

Oya, Qualcomm mengatakan kalau ponsel yang menggunakan X60, operator bisa memakai campuran pita frekuensi. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kecepatan jaringan tinggi dan latensi rendah.

X60 menawarkan downlink maksimum sampai 7,5Gbps (X55 dulu hanya 7Gbps). Sementara itu, modem ini menyajikan uplink maksimum sampai 3Gbps.

Kapan Modem Ini Akan Mulai Diterapkan ke Ponsel?

Qualcomm mengatakan kalau X60 akan mulai dikirim pada kuartal pertama 2020. Modem ini bakal digunakan pada ponsel premium yang diperkirakan rilis tahun 2021.

Sementara itu, XDA-Developers mengungkapkan kalau Samsung telah memenangkan kontrak produksi modem 5nm baru. Itu artinya, Samsung akan memproduksi sebagian chip modem X60.

Sampai sekarang belum jelas perusahaan mana yang akan memproduksi chip X60 yang pertama. Kita tunggu saja kabar lanjutan dari Qualcomm ya.

    %d blogger menyukai ini: