Qualcomm Umumkan Snapdragon X55, Modem 5G Generasi Ke-2

modem snapdragon x55

Belum lagi kita menikmati koneksi 5G, Qualcomm sudah melaju lebih jauh. Mereka mengumumkan keping modem 5G generasi keduanya, Snapdragon X55.

Snapdragon X55 merupakan penerus dari keping modem 5G pertama di dunia, Snapdragon X50. Keping ini dibuat dengan arsitektur 7-nanometer keping-tunggal (single-chip). Mendukung koneksi multi-mode dari 5G sampai 2G.

Qualcomm menyebutkan bahwa kecepatan download modem ini bisa mencapai 7Gbps dan kecepatan upload sampai 3Gbps di koneksi 5G. Selain itu bisa juga mencapai kecepatan download 2,5Gbps di kategori 22 LTE.

keping modem snapdragon x55

Keping modem Snapdragon X55 akan berpasangan dengan modul antena 5G mmWave QTM525. Sebuah keping-tunggal 14nm RF transceiver untuk 5G sub-6 GHz dan LTE.

Kedua perangkat ini dirancang untuk bisa memenuhi kebutuhan koneksi 5G di berbagai perangkat. Modem ini akan hadir di smartphone premium (flagship), Always Connected PC, laptop, tablet, wireless access point, dll. Tentunya secara global.

Qualcomm menyebutkan kalau modem Snapdragon X55 ini akan bisa hadir di perangkat komersial pada akhir tahun 2019. Beberapa smartphone yang akan diumumkan di MWC 2019 disebutkan sudah mendukung 5G. Namun tentunya masih menggunakan chipset generasi pertama.

Semoga saja infrastruktur koneksi 5G lainnya mulai bersiap. Dengan begitu, kalau ada yang membeli handphone baru yang premium segera bisa menikmatinya. Kita pun bisa segera melaju lebih cepat menuju masa depan.