7 Hal Tentang Xiaomi Redmi Note 5

pilihan warna redmi note 5

Beberapa menit lalu, Xiaomi memperkenalkan ponsel baru dari keluarga Redmi Note, yaitu Redmi Note 5. Steven Shi, Head of Xiaomi South Pacific Region, sekaligus Country Manager Xiaomi Indonesia membuka acara tersebut dengan berbagai informasi terkait dengan Redmi Note 5.

Mengusung tagline AI Dual Camera, apa saja hal menarik yang ada pada Redmi Note 5 kali ini?

Desain

Tak jauh beda dengan bahasa desain ponsel Xiaomi lain, Redmi Note 5 memiliki ujung yang lancip melengkung. Yang membedakan dengan desain ponsel Xiaomi lain adalah, layar yang sudah bezeless dan adanya dua lensa pada bagian belakang. Redmi Note 5 hadir dengan ukuran 5.99 inchi dan memiliki pilihan warna hitam, gold dan biru.

Kamera

Hal yang paling banyak diulas pada peluncuran Redmi Note 5 kali ini. Seperti kita tahu, kamera belakang Redmi Note 5 ada dua, dan ini menjadikan Redmi Note 5 sebagai ponsel Xiaomi pertama dengan kamera ganda. Masing-masing lkamera memiliki kekuatan 5MP dan 12MP, menggunakan sensor dari Samsung.

Kamera pertama dibekali 12MP dengan sensor Samsung untuk mengambil objek dengan baik ketika bergerak, kamera kedua dibekali 5MP yang dapat menghasilkan efek bokeh pada objek. Sensor 12MP ini dibekali dengan dual pixel autofokus, teknologi yang ada pada smartphone seri flagship dan kamera DSLR.

Redmi Note 5 juga mengunakan pendekatan PDAF kamera. Pada sebagian besar smartphone, Phase Detection biasanya bergantung pada Photodioda khusus yang tertanam ke dalam pixel pada sensor. Namun, photodioda tersebar sedikit dan jauh di antara seluruh permukaan sensor. Dengan Dual Pixel Autofokus, banyak Photodioda yang tertanam di setiap pixel sensor kamera.

PDAF kira-kira hanya 3% dari total piksel yang digunakan untuk mendeteksi fase autofokus. Dengan Dual pixel autofokus pada Redmi Note 5, total 100% digunakan untuk mendeteksi fase autofokus. Xiaomi mengklaim pengguna bisa ngambil objek foto dengan akurasi yang lebih cepat dan tinggi.

Sensor 12MP dari Redmi Note 5 juga dilengkapi dengan 14μm Pixel yang lebih besar, dan biasanya digunakan di smartphone flagship.

Urusan foto bokeh, mode potrait dari Redmi Note 5 udah menggunakan teknologi AI. AI di potrait mode Redmi Note 5 mendeteksi tepiannya lebih akurat daripada pendahulunya Mi A1. Dengan segmentasi semantik berbasis AI, Redmi Note 5 bisa mendeteksi bagian tepian pada foto yang bisa menghasilkan foto cantik dengan efek background bokeh.

Ponsel pintar ini juga sudah di dukung EIS, atau Electronic Image Stabilization.

Untuk kamera depan, Redmi Note 5 dibekali dengan kamera berkekuatan 13MP. Dengan kamera depan yang di padukan dengan AI, Xiaomi yakin bisa memisahkan objek depan dan membuat blur background belakang dengan sempurna. Ponsel ini juga menawarkan deteksi tepi yang tepat bahkan mendeteksi secara akurat pinggiran atau tepian rambut.

Kamera depan hadir dengan HDR yang dapat kamu atur dalam kondisi kurang cahaya.

Redmi Note 5 adalah flagship-level AI dual camera dengan begitu banyak teknologi yang tersemat baik pada kamera depan maupun dua kamera belakangnya, memberikan kecerahan dalam kondisi cahaya minim.

Beautify 4.0

Xiaomi juga mengumumkan fteknologi Beautify 4.0. Fitur yang sudah dioptimalkan dan dibuat khusus buat kamu yang doyan selfie.

Beautify 4.0 bekerja dengan baik pada kamera depan maupun belakang, jika pada beautify mode sebelumnya terdapat filter tunggal untuk seluruh wajah, sekarang dengan beautify 4.0 makin banyak detailnya.

Beautify 4.0 secara cerdas mengidentifikasi variasi kulit dan dengan akurat memperindah daerah wajah yang berbeda-beda.

 

T-zone, ini adalah daerah dari wajah yang paling berminyak, rawan jerawat tumbuh dan pori-pori tersumbat. Jika menggunakan filter tunggal, masih mungkin meninggalkan beberapa noda karena filter tunggal sangat buruk pada T-zone. Beautify 4.0 menghilangkan noda-noda pada area ini, tapi kalo dilihat lebih dekat masih mempertahankan garis kontur wajah.

 

Kamu termasuk bermata panda, nah Beautify 4.0 mampu menghilangkan lingkaran hitam bawah mata sehingga kamu tampak kece mirip artis korea. Fitur ini mendeteksi kontur hidung, bisa membuat hidung kamu jadi mancung.

Fitur-fitur Beauty 4.0 ini cocok buat kalian yang gemar melakukan swafoto.

Face Unlock

Xiaomi tak mau ketinggalan tren dengan kompetitornya. Ponsel ini dibekali fitur face unlock yang lagi-lagi didukung oleh teknologi AI mereka. Xiaomi yakin bahwa fitur ini akurat dan lebih cepat dibandingkan sensor sidik jari. Algoritma face detection melakukan scan pada wajah kita menggunakan mekanisme pengenalan wajah secara akurat.

Redmi Note 5 merupakan ponsel Xiaomi pertama yang menggunakan Face Unlock berbasis AI.

Prosesor

Redmi Note 5 menggunakan prosesor Snapdragon 636 dengan menggunakan mikroarsitektur Kryo terbaru, yang biasanya di gunakan pada Snapdragon seri 800.

Prosesor Snapdragon 636 menggunakan semi-custom CPU Kryo 260 yang menawarkan 50% performa lebih kencang dan 40% lebih hemat daya. Xiaomi menampilkan skor Antutu dari Redmi Note 5 di atas 100 ribu. RAM yang digunakan pad aponsel ini adalah LPDDR4X yang diklaim lebih hemat daya hingga 35%.

BACA JUGA
Black Shark: Handphone Game Xiaomi

Baterai

Ponsel ini punya baterai berkapasitas 4000 mAh. Dengan baterai sebesar 4000 mAh, Xiaomi mengklaim bahwaponsel tersebut bisa tahan selama 2 hari tanpa charge.

Harga dan Spesifikasi

redmi note 5

Harga murah adalah ciri khas Xiaomi, oleh karenanya, Xiaomi membanderol Redmi Note 5 dengan harga gila, yaitu Rp 2.4999.000 (3GB + 32GB) dan 2.999.000 (4GB + 64GB). Selain harga murah, penjualan dari Redmi Note 5 ini juga akan dimulai dengan flash sale di Lazada mulai tanggal 25 April 2018 (meh!).

Itulah beberapa hal yang saya rangkum dari acara peluncuran Redmi Note 5 di Indonesia beberapa jam lalu. Pada presentasi tadi, Xiaomi banyak sekali membandingkan kinerja dan hasil foto dengan beberapa ponsel flasghip, seperti Samsung Galaxy S9 dan iPhone X. well, jika klaim mereka benar, maka ponsel ini akan menjadi barang panas di tahun ini. Semoga klaim tadi bukan sekedar ‘jualan kecap’ saja.

Semoga saya segera bisa dapat ponsel ini dan mengulasnya.

Ada komentar?