Diskon VPN terbaik: Klik di sini

5 Rekomendasi Film Bertema Spiritual

Calm Mindful Woman Meditating On Beach Faced Towards Majestic Sunset

Kata spiritual biasanya selalu identik dengan aktivitas paranormal. Namun sebenarnya makna dari spiritual bukan seperti itu.

Spiritual adalah hal yang berhubungan, atau dapat berpengaruh terdapat batin maupun jiwa seseorang. Film bertema spiritual disebut-sebut bisa mempengaruhi batin dari penonton.

Dan berikut ini kami rekomendasikan beberapa film bertema spiritual yang bisa kalian tonton:

Spring, Summer, Fall, Winter, … and Spring

Film ini menceritakan seorang anak laki-laki yang nakal. Dia kemudian dibesarkan oleh seorang biksu Buddha. Anak tersebut diisolasi dalam kuil yang hanya dikelilingi oleh danau dan hutan.

Selama berada di kuil, anak tersebut sudah melewati perubahan musim hingga bertahun-tahun. Dan hal tersebut menjadi simbol dari perjalanan menuju proses pendewasaan.

Sama dengan judulnya, secara simbolis film ini menunjukkan roda kehidupan. Film yang diproduksi pada tahun 2003 ini disutradarai oleh Ki-duk Kim.

Film ini telah berhasil meraih beberapa penghargaan seperti Film Terbaik di Grand Bell Awards (2004), serta Film Terbaik di Blue Dragon Awards (2003).

Ziarah

Film ini disutradarai oleh BW Purbanegara. Beliau adalah sutradara asal Jogja yang menetap di Bali. Dan dia menjadikan Ziarah sebagai film panjang pertamanya.

Ziarah menceritakan seorang nenek bernama Mbah Sri, yang tengah mencari makam suaminya Pawiro. Pawiro tidak pernah pulang setelah pamit untuk berperang.

Dengan mengandalkan informasi ala kadarnya, Mbah Sri memulai proses pencarian makam suaminya. Dan Mbah Sri menunjukkan pasrah dan ikhlas menjadi nilai yang diberkahi sebagai bentuk rasa cinta.

Film yang menggunakan Bahasa Jawa ini berdurasi 87 menit. Dan film ini berhasil meraih nominasi Best Original Screenplay di ajang Piala Citra, serta mendapatkan penghargaan Film Terbaik di Salamindanaw Asian Film Festival tahun 2016.

Sekala Niskala

Sekala Nirkala merupakan film spiritual yang menceritakan anak kembar, Tantri dan Tantra yang mempunyai ikatan sangat dalam.

Tantri merasa rindu dengan saudara kembarnya, yang sedang sakit parah dan dirawat di rumah sakit. Kerinduan Tantri terhadap saudaranya yang mulai kehilangan kemampuan manusiawi, membuat Tantri perlahan menolak kenyataan.

Bahkan Tantri sering berbagi cerita dengan Tantra, melalui tarian-tarian dengan menyelinap ke ruang inap. Kamila Andini, sutradari sekaligus penulis film Sekala Niskala menghadirkan nuansa Bali.

Tapi Kamila tidak mempersoalkan keelokan alam unik meningkatkan pariwisata. Kamila justru membawakan banyak nilai filosofis masyrakat Hindu di Bali.

Life of Pi

Film ini merupakan adaptasi dari buku dengan judul sama, karya Yann Martel (2001). Film ini diputar perdana dalam acara pembukaan 51st New York Film Festival tahun 2012.

Life of Pi menceritakan seorang pemuda yang selamat dari sebuah badai laut. Dia kemudian menemukan sebuah sekoci. Pemuda tersebut harus melalui perjalanan serta memiliki hubungan istimewa dengan seekor harimau.

Menariknya, agar bisa mendapat pemeran utama yang sesuai, kru film ini harus melakukan casting dengan 3000 pemuda. Hingga pada akhirnya, Suraj Sharma pemuda berumur 16 tahun terpilih jadi pemeran utama.

Ang Lee, sutradara Life of Pi, mengajak film spiritual ini masuk dalam berbagai festival. Bahkan film tersebut telah memenangkan banyak penghargaan. Salah satunya adalah Best Achievement in Directing dalam ajang Oscar (2013).

Eat, Pray, Love

Ini merupakan film yang diadaptasi dari biografi Elizabeth Gillbert pada tahun 2010. Film yang disutradarai oleh Ryan Murphy ini dibintangi oleh Julia Roberts.

Eat, Pray, Love menceritakan kehidupan Gillbert sebagai seorang wanita modern, yang mempunyai semua hal yang dia inginkan dimulai dari rumah, suami, serta sukses dalam karir.

Walaupun semua tercukupi, namun dia merasa bingung terhadap apa yang sebenarnya dia inginkan dari kehidupannya. Akhirnya Gillbert putuskan untuk bercerai dengan suaminya. Setelah itu, dia pergi berkeliling tempat yang menurutnya bisa membantu menemukan dirinya kembali.

More Stories
Bukan Manusia, Ternyata Selebgram Ini Adalah Sebuah Robot