Render Ponsel Clamshell Huawei Tampilkan Engsel yang Lebih Ringkas

Indri Penulis

Render ponsel lipat Huawei yang berbentuk clamshell muncul di dunia maya, dan menampilkan desain engsel yang lebih ringkas.

Huawei memang telah lama berhasil mendebutkan ponsel lipat. Dimulai dari ponsel lipat Huawei Mate X, Huawei Mate X dan yang terakhir adalah Huawei Mate X2.

Walaupun ketiga ponsel tersebut menyajikan spesifikasi yang berbeda, namun mereka bertiga sebenarnya memiliki satu kemiripan apalagi di bagian desainnya. Kalau diperhatikan desain ketiga ponsel tersebut mirip dengan jajaran ponsel Samsung Galaxy Fold.

Namun menjelang akhir tahun 2020 lalu, Huawei sempat digosipkan akan mendebutkan ponsel lipat berbentuk clamshell (alias desainnya ala-ala Samsung Galaxy Flip).

Gosip tersebut beredar setelah Huawei kedapatan mengajukan paten terhadap desain ponselnya itu ke kantor China National Intellectual Property Office.

Kalau dilihat dari gambar desainnya, ponsel tersebut sekilas mirip dengan desain Samsung Galaxy Flip. Cuma bedanya, ponsel Huawei ini punya layar eksternal yang berukuran lebih besar.

Sayangnya setelah gambar paten itu beredar, nggak ada kabar lebih lanjut soal nasib smartphone Huawei clamshell ini. Apakah perusahaan jadi mendebutkannya atau tidak, belum ada yang tahu.

Namun akhir November 2021, salah satu leaker di Weibo memposting sebuah foto yang menampilkan render smartphone clamshell Huawei dan satu gambar tambahan (tapi kami belum bisa mengonfirmasi apakah gambar kedua ini sah atau tidak, apalagi desainnya beda jauh).

Ya bisa kamu lihat. Render ponsel yang ada di gambar pertama terlihat sama persis, dengan gambar paten yag diajukan Huawei tahun lalu.

Ponsel tersebut memiliki dua kamera belakang yang diatur vertikal. Lalu di sampingnya ada layar eksternal yang berukuran besar. Kemungkinan layar eksternal ini bakal digunakan untuk menampilkan tampilan selfie, mengingat di bagian depan nggak terlihat eksistensi kamera selfie.

Sementara itu dalam keterangannya, akun tersebut membeberkan kalau Zhaoli Technology (yang memproduksi perangkat keras smartphone) mengatakan kalau ‘engsel ponsel lipat generasi berikutnya’ akan menampilkan desain baru yang lebih ringkas.

Zhaoli Technology memang nggak menyebutkan perusahaan mana yang mereka maksud. Tapi beberapa pihak sudah bisa menebak kalau yang mereka maksud pasti adalah Huawei. Pasalnya Zhaoli Technology sudah dari dulu menjadi langganan Huawei dalam memproduksi ponsel lipat.

Lebih lanjut, sumber dari Weibo tersebut juga menambahkan kalau engsel ini selain lebih ringkas, juga membutuhkan lebih sedikit suku cadang dibanding pendahulunya. Ini akan membuat ponsel berukuran lebih ringkas, harganya bisa lebih terjangkau, namun kualitasnya tetap bagus.

Akun Weibo tersebut juga membeberkan kalau tampilan smartphone clamshell Huawei akan sangat modis. Mereka juga akan menghadirkan skema warna yang lebih beragam.

Saat ini proses produksi engsel tersebut sudah mulai dikerjakan. Kalau proses produksinya berjalan baik, kemungkinan ponsel tersebut akan diumumkan pada akhir Desember 2021.

    %d blogger menyukai ini: