Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

4 Cara Membalas Percakapan (Reply) di Aplikasi Slack

slack reply
Anom Penulis

Kalau kamu baru pertama kali menggunakan aplikasi percakapan Slack, mungkin kamu bingung dengan cara membalas (reply) pesan di sana. Nah, di sini kami akan membahasnya. Jadi jangan kuatir.

Slack merupakan salah satu aplikasi pesan atau percakapan yang populer. Terutama untuk kerja kolaborasi dalam sebuah tim. Struktur percakapan berbasis tim dengan channel (kanal) memudahkan kita memisah siapa saja yang bisa ikut berdiskusi.

popculture.id

Tapi bagi yang baru pertama kali menggunakannya, bisa jadi sistem obrolan di Slack membingungkan. Ketika kamu membalas pesan, bisa saja balasan itu tidak muncul seperti yang kamu harapkan.

Yah, Slack memberikan berbagai cara melakukannya. Salah satu tujuannya adalah agar balasan itu tetap “terikat” dengan pesan awal. Sehingga yang membacanya tetap bisa paham konteks percakapan.

Oleh karena itu, di sini kami membahas beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat reply di Slack.


1. Dengan Tombol Reply

Membalas pesan melalui tombol reply merupakan cara paling standar di Slack. Yaitu dengan klik ikon ‘reply’ di menu yang muncul ketika kamu meletakkan kursor di sebuah pesan atau tekan percakapan di ponsel.

slack reply in thread

Tapi, jika kamu membalas dengan cara ini, balasanmu akan muncul di bawah pesan yang kamu balas dalam bentuk diskusi kecil (thread).

Keuntungannya, kamu bisa berdiskusi untuk satu tema secara khusus. Lalu, kamu juga bisa mengejar ketinggalan dengan membuka bagian ‘Thread’ di menu samping (di atas).

Tapi mungkin ada yang kurang suka dengan cara ini, karena jika kamu tidak terbiasa dengan ‘Thread,’ kamu tidak melihat balasan itu di percakapan terbaru.


2. Dengan Tombol Reply juga Sebagai Pesan Terbaru

Melanjutkan membalas dengan tombol reply, kamu juga bisa memunculkan balasanmu itu di alur percakapan terbaru (muncul paling bawah).

Cara membuat reply dan memunculkan di alur percakapan terbaru adalah dengan mencentang pilihan ‘also send to #channel’ di bawah kotak ketikan.

Kalau kamu mencentang pilihan itu, maka balasanmu juga akan muncul di alur percakapan paling baru. Nanti juga ada keterangan kalau kamu membalas thread tertentu. Selain itu, balasanmu juga muncul di bagian ‘Thread.’


3. Dengan Tombol Share Message

Kamu juga bisa memanfaatkan tombol ‘Share Message’ untuk membuat reply di Slack. Kamu tinggal klik tombol itu di menu yang muncul (di ponsel, mungkin kamu harus gulir menu lebih ke bawah).

Ketika kamu ‘Share Message,’ maka kamu harus memilih ke mana atau ada siapa. Jika kamu mau membalas obrolan di channel tertentu, maka silakan pilih channel tersebut. Ketik balasan dan klik ‘Share.’

Membalas dengan cara ini akan membuat pesan yang kamu balas menjadi semacam kutipan. Ada informasi orang yang mengirim pesan awal (yang kamu balas) dan kamu juga bisa melihat pesan aslinya.


4. Dengan ‘Copy-paste’ dan Blockquote

Cara ini mungkin yang paling tradisional di antara yang lainnya. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menyalin (copy) pesan yang ingin kamu balas, mengetik balasanmu, lalu di bawahnya kamu letakkan salinan (paste) dengan ‘Blockquote’ (kamu bisa ketik ‘>‘ untuk mengaktifkannya).

Hasilnya, balasanmu akan muncul dengan mengutip pesan temanmu itu. Kalau kamu tidak menganggap informasi pesan asli tidak terlalu penting dalam diskusi, maka cara ini cukup layak kamu pakai.


Itulah 4 cara membuat membalas pesan alias reply di aplikasi Slack. Seperti yang saya sebut di atas, di ponsel mungkin tampilannya berbeda. Namun pada dasarnya caranya sama saja.

Semoga setelah membaca ulasan di atas, kamu tidak bingung lagi dan bisa membalas pesan sesuai dengan bentuk yang kamu suka. Selamat mencoba.

    %d blogger menyukai ini: