Resmi Rilis, Begini Cara Menggunakan Mode Penyamaran Google Maps

Google resmi merilis Mode Penyamaran (Incognito) untuk Google Maps. Simak artikel ini untuk ketahui cara menggunakan Mode Penyamaran Google Maps.

Google telah mengumumkan Mode Incognito (Mode Penyamaran) sejak Mei 2019. Selang beberapa bulan yakni pada tanggal 4 November 2019, mode tersebut akhirnya resmi diluncurkan.

Beberapa waktu lalu, Google secara mengejutkan melakukan pembaruan pada Google Maps. Seperti biasa, pembaruan diposting pada halaman bantuan Google.

Dalam halaman itu, perusahaan memperkenalkan Mode Incognito untuk Google Maps. Saat ini, mode tersebut baru bisa digunakan oleh pengguna Android.

Tentang Mode Penyamaran Google Maps

Sumber Gambar : Tech Crunch

Untuk yang belum tahu, fitur ini menawarkan keamanan privasi kepada pengguna. Jadi dengan fitur ini Google Maps akan mencegah akun Google menyimpan data lokasi kalian.

Sebelum mode ini diluncurkan, pengguna harus menghapus data lokasi secara manual. Hal tersebut biasanya juga dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Namun setelah adanya Mode Penyamaran, pengguna tidak perlu repot menghapus history lokasi. Lalu bagaimana cara menggunakan Mode Penyamaran Google Maps? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Menggunakan Mode Penyamaran

Sumber Gambar : 9to5Google

Google mengatakan bahwa mode ini tidak akan mempengaruhi aktivitas pengguna. Pengguna tetap bisa menggunakan Google Maps seperti biasa.

Untuk mengaktifkan Mode Penyamaran, simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Ketuk gambar profil kalian.
  • Tap menu β€˜Aktifkan Mode Penyamaran.’

Mode ini hanya bisa digunakan oleh pengguna Google Maps versi terbaru. Jadi pastikan kalian memperbarui aplikasi terlebih dahulu ya.

Perlu diingat, dalam mode normal Maps akan menyarankan tempat yang bisa kalian kunjungi. Namun jika mode ini aktif terus, Maps tidak akan bisa memberikan rekomendasi tempat untuk kalian.

Tidak hanya itu, ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan jika Mode Penyamaran diaktifkan. Beberapa fitur tersebut adalah Peta Offline, Lokasi Anda, dan Berbagi Lokasi.

Selain itu, mikrofon Google Assistant juga tidak akan tersedia dalam mode ini. Tapi fitur β€˜OK Google’ akan tetap bekerja seperti biasa.

Sampai saat ini belum ada kabar, kapan fitur ini akan mendarat untuk perangkat iOS. Kita tunggu saja informasi dari Google.