Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Resmi Rilis, Fitur Google Chrome Passkey Bisa Bikin Kamu Login Tanpa Password!

google chrome passkey
Sumber: The Verge
Indri Penulis

Asik.. Sekarang kita bisa login Chrome pakai fitur Google Chrome Passkey. Fitur ini memungkinkan pengguna login tanpa perlu pakai kata sandi.

Google Chrome sekarang makin canggih. Bagaimana tidak, dalam setiap update-nya, Google Chrome selalu memboyong fitur-fitur segar yang memanjakan pengguna.

Seperti beberapa waktu lalu, Google Chrome resmi meluncurkan fitur Google Password Manager. Fitur pengelola kata sandi itu tidak hanya bisa dinikmati pengguna Chrome PC, namun kini juga bisa dinikmati pengguna aplikasi mobile.

Nggak berhenti sampai di situ. Baru-baru ini, Google kembali meluncurkan fitur anyar bernama Google Chrome Passkey. Kira-kira buat apa sih fitur yang satu ini? Yuk, kita lihat bareng-bareng.

Google Chrome Passkey Gak Perlu Login Pakai Password

Dilansir dari Chrome Blog, fitur Google Chrome Passkey hadir pada update Chrome Stable M108. Sebelum resmi dirilis, fitur tersebut sudah sempat melalui tahap uji coba pada bulan Oktober 2022.

Nah pertanyaannya, apa itu fitur Chrome Passkey? Jadi Passkey adalah fitur identitas unik yang disimpan pada komputer, HP atau perangkat lain seperti kunci keamanan USB.

svg%3E
Sumber: Chrome Blog

Untuk website atau aplikasi yang sudah menerapkan API passkey, pengguna bisa langsung login dengan metode konfirmasi sederhana. Fitur Passkey bakal mengkombinasikan sistem konfirmasi dengan biometrik perangkat / sistem otentikasi lainnya.

Menariknya lagi, fitur Passkey ini dibangun menggunakan teknologi berstandar FIDO alias kritografi kunci publik. Teknologi ini memungkinkan Passkey bisa bekerja lintas platform.

Nah supaya kata sandi berfungsi, developer perlu membuat dukungan Passkey di situs mereka. Caranya yakni dengan menggunakan WebAuthn API. Berdasarkan keterangan Google, saat ini Apple dan Microsoft sudah bekerja sama dengan Google untuk proyek tersebut.

Sementara itu kini fitur tersebut telah berfungsi di Chrome desktop dan mobile yang menjalankan Windows 11, macOS, Android dan iOS. Tapi cara sinkronisasi mereka berbeda-beda.

Baca Juga:  Google akan Hapus Halaman Google Search, Pengguna Bisa Scroll Hasil Pencarian Seperti TikTok

Kalau pakai Android, pengguna bisa melakukan verifikasi Passkey langsung pakai Google Account atau Google Password Manager. Sedangkan kalau di iPhone, pengguna bisa verifikasi pakai aplikasi Smart Lock.

Berbeda dengan browser Safari di macOS. Browser tersebut akan menerapkan verifikasi pakai otentikasi sidik jari (nanti langsung bisa ngisi password secara otomatis). Metode tersebut juga berlaku untuk iPhone.

Bagaimana pun juga, keberadaan fitur Chrome Passkey sangat penting. Soalnya fitur ini bikin Google Chrome nggak membutuhkan kata sandi lagi.

Tentunya fitur ini akan cocok banget buat orang yang sering lupa kata sandi. Selain itu, pengguna juga nggak perlu khawatir kata sandinya bakal bocor. Soalnya apa yang bakal bocor? Kan Google Chrome gak bakal pakai kata sandi lagi dalam hal verifikasi. Ya nggak?


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]