Review Huawei Nova 2i: Smartphone Unik Dengan 4 Kamera

Review Huawei Nova 2i

Huawei mencoba masuk ke pasar smartphone tanah air dengan merilis Huawei Nova 2i a.k.a Huawei Mate 10 Lite. Melihat harga yang ditawarkan, Huawei sepertinya mengincar kalangan menengah untuk smartphone terbarunya kali ini. Berikut review Huawei Nova 2i dari Urbadigital.

Desain

Huawei Nova 2i mengadopsi desain trendi nan kekinian dengan mengusung konsep bazeles. Jujur saja, desain adalah bagian terbaik dari ponsel ini. Material yang terbuat dari alumunium untuk bagian belakang dan kaca pada bagian depan, Huawei Nova 2i menonjolkan kesan mewah. Saya kebetulan mendapatkan Huawei Nova 2i yang berwarna biru gelap, membuat kesan mewahnya semakin terlihat.

Review Huawei Nova 2i (2)

Ponsel ini memiliki bobot 164 gram, jadi buat yang suka merasakan ponsel yang sedikit berat, maka Huawei Nova 2i sangat pas. Berat dari ponsel ini pas, tidak teralu berat seperti Moto G5s Plus.

Dengan mengadopsi desain bezeless 18:9, kita akan mendapatkan layar yang lega, namun tetap memiliki bodi yang compact. Dengan dimensi 156.2 x 75.2 x 7.5 mm, kita bisa merasakan layar 5.9 inchi.

Yang bikin saya kaget, build material dari ponsel ini lebih baik daripada Huawei P10 dan Huawei P9.

Review Huawei Nova 2i

Huawei Nova 2i vs Huawei P10

Layar

Huawei Nova 2i mengusung teknologi IPS LCD dengan ukuran layar 5.9 inchi, dengan screen-to-body ratio 76.5% dan resolution 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~409 ppi density). Kualitas layar yang mirip dengan Huawei P10 membuat kita tak perlu khawatir akan kejernihan dan warna yang ditampilkan.

Untuk menikmati video YouTube, bermain game atau hanya sekedar berselancar menggunakan browser, layar Huawei Nova 2i sudah cukup memanjakan mata.

Kekurangan yang ada pada layar ponsel ini adalah, belum semua aplikasi bisa mendukung full screen. Aplikasi yang sering saya gunakan dan belum mendukung layar full screen Huawei Nova 2i adalah BEIN Connect. Mungkin ini hanyalah masalah waktu sampai semua aplikasi mendukung layar 18:9.

 

Kamera

Empat lensa kamera adalah marketing gimmick yang ada pada ponsel ini. Masih belum banyak ponsel resmi di tanah air yang menghadirkan dual-lensa pada kamera depan dan belakangnya.

Kualitas jepretan yang dihasilkan ponsel ini juga tidak buruk. Paling tidak untuk keperluan media sosial tidak memalukan. Saya masih mendapatkan hasil foto yang masih bisa diterima oleh mata. Tapi untuk foto minim cahaya, Huawei Nova 2i kurang bisa diandalkan. Kecuali jika kalian memfotonya menggunakan mode malam dan tripod (karena fitur mode malam mengharuskan ponsel dalam keadaan steady).

Jika kalian hobi mengulik foto dari smartphone, Huawei Nova 2i ini cocok banget, karena fitur-fitur kameranya bisa kalian ulik untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Inilah hasil foto-foto dari Huawei Nova 2i:

Fitur

Huawei Nova 2i membawa beberapa fitur yang banyak diminati oleh pengguna tanah air saat ini, yaitu:

Dual-SIM

Meski mengusung konsep hybrid, namun buat kalian yang ingin memasang dua kartu pada ponsel ini tetap bisa berlega hati. Karena Huawei Nova 2i sudah memiliki media penyimpanan internal sebesar 64GB. Jadi ya ga masalah untuk memasang slot kedua dengan kartu SIM.

Sensor sidik jari

Sensor sidik jari pada ponsel ini memuaskan. Performa saat melakukan setup dan penggunaan cukup cepat. Saya belum pernah mengalami kegagalan saat menggunakannya.

EMIUI 5.1

Huawei Nova 2i sudah hadir dengan ROM terbaru dari Huawei, yaitu EMIUI 5.1 dengan Android 7.0 a.k.a Nougat. Seperti versi 5.0, versi kali terbarunya ini juga sudah membawa dukungan terhadap Twin Apps untuk beberapa aplikasi chat populer.

EMIUI merupakan salah satu kustom ROM yang saya suka. Simple dan mudah digunakan. Saat menggunakan EMIUI di ponsel ini, saya hanya sesekai menemukan lag (karena terlalu banyak aplikasi) yang tidak begitu mengganggu performa.

Baterai

Huawei Nova 2i disokong dengan baterai sebesar 3340 mAh. Cukup besar, namun tidak terlalu besar di era saat ini. Saat saya coba menggunakan ponsel ini sebagai daily driver, ponsel ini memilik daya tahan yang cukup baik, dan masih bisa diandalkan untuk aktivitas yang menuntut mobilitas harian. Saya coba menggunakan dari pagi hingga sore hari, Huawei Nova 2i masih menyisakan baterai sekitar 15%.

Kekurangan dari bagian ini adalah, belum mendukungnya teknologi fast charging yang sangat diperlukan bagi pengguna yang sangat mobile.

Performa

Saat saya gunakan selama beberapa hari, ponsel ini mampu mencukupi kebutuhan dari sebuah smartphone. Fitur-fitur mainstream tersedia, menjalankan berbagai macam aplikasi lancar dan bermain game-game seperti AoV tidak mengalami kendala yang berarti. Sesekali lag saya rasakan ketika membuka aplikasi terlalu banyak.

Spesifikasi Teknis

Jaringan GSM / HSPA / LTE
Rilis Nov-17
Dimensi 156.2 x 75.2 x 7.5 mm (6.15 x 2.96 x 0.30 in)
Berat 164 g (5.78 oz)
Build Front glass, aluminum body
SIM Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar IPS LCD 5.9 inchi, screen-to-body ratio 76.5%
Resolusi 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~409 ppi density)
OS Android 7 (Nougat) MIUI 5.1
Chipset HiSilicon Kirin 659
CPU Octa-core (4×2.36 GHz Cortex-A53 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
GPU Mali-T830 MP2
Memori Internal 64 GB, 4 GB RAM
Memori Eksternal Up to 258 GB
Kamera Utama Dual: 16 MP + 2 MP, phase detection autofocus, LED flash
Kamera Depan Dual 13 MP, f/2.0 + 2 MP
Kualitas Rekam Video 1080p@30fps
3.5mm jack Ya
COMMS WiFi, Bluetooth 4.2, GPS, USB Type 2.0
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
Baterai Non-removable Li-Ion 3340 mAh battery
Varian Warna Graphite Black, Prestige Gold, Aurora Blue

Kesimpulan

JIka kalian ingin memiliki smartphone dengan kualitas berimbang, maka Huawei Nova 2i adalah salah satunya. Kualitas kamera baik, performa baterai bisa diandalkan dan memiliki build material bagus.

Kekurangannya, tidak ada fitur fast charging dan NFC cukup menganggu bagi sebagian orang. Terutama yang mobilitasnya tinggi dan suka dengan pembayaran non-tunai. Meningat harga yang diberikan cukup mahal, tidak ada salahnya Huawei Nova 2i bisa memberikan NFC di Indonesia.

Beli Huawei Nova 2i

Urbanskor
  • Fitur
  • Desain
  • Penggunaan
  • Harga/Performa
4

Summary

JIka kalian ingin memilikiĀ smartphoneĀ dengan kualitas berimbang, maka Huawei Nova 2i adalah salah satunya. Kualitas kamera baik, performa baterai bisa diandalkan dan memilikiĀ buildĀ material bagus.

Sending
User Review
4 (2 votes)

Blogger, Digital Nomad