[Review] Laptop HP 14s-dk1004AU: Harga Terjangkau, Desain Premium

memberi pengalaman penggunaan yang memuaskan

hp 14s dk1004au

Kali ini di dapur UrbanDigital mampir sebuah laptop yang menarik. Laptop HP 14s-dk1004AU untuk kami review, sebuah laptop dengan harga terjangkau, namun punya desain yang keren dan mampu memberi pengalaman pemakaian yang menyenangkan.

Supaya bisa dapat gambaran lebih jelas, mari kita lihat sekilas spesifikasi laptop ini. Laptop HP 14s-dk1004AU yang kami review memakai prosesor AMD Athlon Gold 3150U dengan grafis Radeon Vega 3, dilengkapi RAM 8GB dan kapasitas penyimpanan 1TB HDD. Jadi boleh kita sebut sebagai laptop kelas pemula alias low-end.

Lalu, harga laptop HP 14s-dk1004AU ini (di salah satu toko online Indonesia) adalah Β± Rp5.999.000 (tapi bisa beda di tempat lain ya). Ya, dengan spesifikasi yang mirip, harganya pun mirip dengan laptop ASUS 14m 409DA yang juga pernah mampir ke redaksi kami.

Yuk kita lihat lebih detil.

Desain

Ketika laptop ini sampai, saya belum memperhatikan nama model dan spesifikasinya. Melihat sekilas, saya pikir laptop ini (minimal) merupakan laptop kelah menengah. Penampilannya oke, dan ketika dipegang terasa mantap walau bobotnya ringan.

desain luar simpel

Situs resmi HP menyebutkan kalau beratnya hanya 1,47kg dan tebalnya hanya 1,99cm. Bisa kamu lihat, laptop ini memang sangat ringkas.

Salah satu detil menarik yang saya temukan dari bodi laptop ini adalah permukaan bodi bagian luar lebih bertekstur dari bagian dalam (area keyboard). Ini menyebabkan laptop tidak licin waktu kita tenteng.

penampilan premium

Secara keseluruhan, bodi laptop ini memberikan kesan positif. Mungkin kamu perhatikan kalau desain bagian luar mirip Macbook. Yah, tergantung sudut pandangnya, hal ini bisa baik bisa buruk. Tapi saya memilih melihat dari sisi baiknya.

Layar

Laptop ini memiliki layar berukuran 14 inci berkualitas HD (1366 x 768) dan dilengkapi dengan teknologi BrightView micro-edge dengan WLED-backlit. Layar ini bukan layar sentuh.

ada pantulan di layar, tapi warna tidak bias

Layar menjadi salah satu aspek yang saya suka dari laptop ini. Walau terlihat pantulan, layar tidak menampilkan bias cahaya atau warna kalau dilihat dari berbagai sisi. Lebih seperti ASUS VivoBook Flip 14 UX462DA yang lebih canggih daripada VivoBook 14m 409DA yang setara.

Keyboard & Touchpad

Terus terang, saya cukup terkejut dengan keyboard dan touchpad laptop ini. Tombol keyboard-nya ringan dan empuk. Enak dipakai buat mengetik. Apalagi waktu kita tekan tombol-tombolnya, suaranya tidak terlalu berisik. Kelebihan lainnya, ada lampu backlit yang membuat kita bisa mengetik waktu gelap.

Sementara yang saya kurang suka adalah layout tombol panah, dengan tombol kanan kiri berukuran penuh dan tombol atas bawah berukuran setengah. Tapi soal tombol panah ini preferensi pribadi sih.

keyboard laptop hp 14s-dk1004au
keyboard rapi dan enak dipakai

Touchpad-nya pun berukuran relatif besar dan enak dipakai. Yah, walau rancangannya agak sedikit “kuno” dengan dua tombol kanan kiri, hal ini bisa membantu kamu yang lebih suka bisa melihat tombol tersebut.

Webcam

Laptop ini memiliki webcam HP TrueVision HD Camera yang memiliki mikrofon terintegrasi. Secara umum tangkapan layarnya terang dan jelas. Tapi di sisi lain, juga ada noise terlihat dari tangkapan kamera tersebut.

Dengan hal seperti itu, webcam bukanlah kekuatan laptop ini. Berfungsi. Tapi tidak istimewa atau punya kelebihan tertentu.

noise cukup terlihat di webcam

Audio

Di sisi lain, suara yang keluar dari laptop ini cukup memuaskan. Tanpa perlu diatur pun suara yang keluar dari speaker yang ada di atas keyboard sudah relatif keras dan jelas.

Namun kalau kamu mau, kamu bisa mengatur mode audio dengan pilihan musik, film, atau suara melalui aplikasi HP Audio Center. Kemudian ada pula setelan equalizer di sana. Sehingga kamu yang sensitif dengan suara bisa mengoprek karakteristik suara sesuai kesukaanmu.

Mikrofon yang ada di laptop ini juga bekerja dengan baik. Yah, paling tidak waktu saya pakai di ruang kerja bisa menangkap suara saya dengan jernih.

Performa

Seperti sudah disebut di atas, spesifikasi internal laptop HP 14s-dk1004AU ini meliputi prosesor AMD Athlon Gold 3150U, RAM 8GB DDR4, kapasitas penyimpanan 1TB 5400rpm SATA HDD. Lalu grafisnya adalah AMD Radeon Vega 3 terintegrasi.

Dari sisi prosesor, jelas kalau laptop ini memang “hanya” bisa untuk aktivitas ringan, bukan untuk membuat konten artistik (render video atau 3D) atau main game berat (kelas AAA). Tapi kalau kamu cari di internet, prosesor AMD Athlon Gold 3150U ini bisa menyaingi Intel Core i3-10100T.

Seperti laptop lain di kelasnya, laptop ini tetap mampu buat menjalankan fungsi dasar seperti mengolah dokumen, browsing, edit foto, sampai main game ringan. RAM sebesar 8GB juga membantu performanya. Multitasking, selama bukan aplikasi besar, bisa dilakukan dengan mudah.

uji geekbench 5 laptop hp 14s-dk1004AU
hasil uji CPU dengan Geekbench

Sayangnya tipe penyimpanan laptop yang saya pakai ini masih menggunakan HDD. Walau bukan masalah besar, SSD jelas akan memberi keuntungan lain. Untungnya, kamu bisa menemukan varian dengan penyimpanan SSD (harga sedikit lebih mahal).

Sekarang mari kita bahas baterainya. Laptop ini memiliki baterai 3-cell 42 Wh Li-ion. Situs resmi memperkirakan pemakaian selama 8 jam 30 menit untuk pemutaran video. Sejauh yang saya pakai, dengan aktivitas sebagian besar ada di browser (membaca, mengetik, nonton YouTube, dll), laptop ini mampu bertahan lebih dari 8 jam.

perkiraan baterai

Sekedar sebagai gambaran, untuk menonton film dokumenter “Jimi: All Is By My Side” (2013) yang punya durasi selama 1 jam 57 menit secara streaming, kondisi baterai turun dari 83% ke 60%. Sedangkan dalam kondisi sleep (layar ditutup tapi laptop tidak dimatikan), bisa bertahan sampai 3 hari). Jadi kalau kamu suka traveling, laptop ini cukup aman kamu bawa.

Fitur & Kelengkapan Lain

Kalau ada satu hal yang patut disayangkan, hal itu adalah tidak adanya sensor sidik jari. Tapi ketiadaan fitur ini toh tidak terlalu mempengaruhi kinerja. Kamu masih bisa mengamankan laptop dengan PIN.

Kemudian, laptop ini juga memiliki berbagai colokan yang lumayan lengkap. Ada 1 USB Type-C, 2 USB Type-A, 1 HDMI, 1 microSD card reader, dan 1 colokan audio 3,5mm. Untuk konektivitasnya, ada dukungan Wi-Fi dan Bluetooth 4.2. Aman dan nyaman untuk semua kegiatan.

colokan hp 14s-dk1004au
colokan yang ada di laptop

Laptop HP 14s-dk1004AU ini juga hadir dengan Windows 10 Home 64 (satu bahasa) dan Microsoft Office Home & Student 2019. Tentunya bundling ini bisa jadi pertimbangan tersendiri. Terutama untuk para pelajar.

Kesimpulan

Sekali lagi, laptop ini memang masuk di kelas pemula (entry level). Jadi jangan berharap bisa memakainya untuk komputasi tingkat tinggi. Yang jelas, laptop ini berfungsi untuk kebutuhan sehari-hari dengan baik.

Yang menarik, dengan harga yang ada, laptop HP 14s-dk1004AU ini memberikan pengalaman penggunaan yang lebih. Baik dari sisi desain, layar, keyboard dan touchpad, memiliki nilai plus.

Kalau kamu mencari laptop yang fungsional dan enak buat aktivitas sehari-hari, laptop ini wajib kamu pertimbangkan. Hm, terutama kalau kamu bisa mendapat yang versi SSD.

hp 14s dk1004au
HP 14s-dk1004AU
Ringkasan
Secara mengejutkan laptop HP 14s-dk1004AU ini memberikan pengalaman penggunaan yang lebih. Baik dari sisi desain, layar, keyboard dan touchpad, memiliki nilai plus.
Pros
Desain keren
Layar jernih tanpa bias warna
Keyboard enak, ada backlit
Cons
Tidak ada sensor sidik jari
4
banner cybersport
%d blogger menyukai ini: